Tarik Uang Online via PayPal tanpa Verifikasi

Update 21 April 2017
Sekarang untuk penarikan saldo Freelancer.com (withdrawal) ke PaPal, mereka mengharuskan user memverifikasi akun PayPalnya. Ini adalah untuk menghindari kemungkinan penipuan (Fraud) dan membuat transaksi keuangan lebih aman.

Sekarang gak perlu bingung-bingung lagi caranya narik uang hasil kerja dari akun kita di situs freelance online. PayPal memberikan keleluasaan untuk kita semua dengan memberikan limit maksimum $10,000 USD per bulan untuk penarikan ke bank-bank lokal kita TANPA VERIFIKASI. Dan ini bisa dilakukan oleh siapapun di dunia asal dia punya email dan rekening bank. Di bawah saya tuliskan 7 langkah untuk melakukannya, tapi agar tidak salah langkah, sebaiknya Anda baca dulu ulasan saya.



Hanya mereka yang punya penghasilan lebih dari $10 ribu USD per bulan yang perlu memverifikasikan kartu kredit atau kartu debit mereka untuk membuka limit tersebut. Hah? wait...wait...wait... tunggu dulu....
Jadi Debit Card sekarang juga bisa digunakan untuk memverifikasi akun PayPal? :) Betul banget! Sekarang selain kartu kredit, kartu debit pun bisa kita gunakan untuk memverifikasi akun PayPal kita agar limitnya terbuka. Syaratnya di kartu debit yang digunakan harus ada logo VISA / MASTERCARD nya dan bank penerbit kartu tersebut harus membuka blok untuk melakukan transaksi online. Tidak semua bank secara default belum terbuka bloknya - demi keamanan mereka sengaja mem-blok karena tidak semua orang perlu melakukan transaksi online, jadi mereka akan buka kalau diminta.

Anyway, untuk sebagian besar orang saya rasa jarang sekali orang yang punya penghasilan atau ingin menarik uang lebih dari $10 ribu USD tiap bulannya dari akun PayPalnya.

Jadi sebetulnya apakah sekarang kita perlu memverifikasi akun PayPal dan Freelancer.com?

Hmm... ini tergantung keperluan Anda! Untuk orang-orang yang hanya ingin menerima/menarik uang memang tidak diperlukan. Tapi tidak tertutup kemungkinan bahwa sewaktu-waktu Anda juga perlu melakukan pembayaran secara online. Contohnya bagaimana? banyak...

Satu contoh waktu kita menerima sebuah proyek online. Ketika di saldo akun Freelancer.com kita kosong alias nol atau ada tapi hanya sedikit, dan pada saat itu pas ada proyek award bernilai lumayan besar yang harus kita terima, maka ketika kita menerima (Accept) proyek tersebut, sisa saldo kita di Freelancer.com akan diambil/dipotong langsung untuk biaya proyek (10% utk Free Member), di sini ketika terdeteksi bahwa saldo kita kurang, maka secara otomatis Freelancer.com akan menarik uang ke PayPal kita untuk menutupi kekurangannya. Lalu ternyata saldo PayPal kita pun kurang atau sudah nol, maka di sini PayPal akan menagihkan ke kartu kredit / kartu debit yang sudah terverifikasi dengan akun PayPal kita.

Sama halnya jika kita ingin memasang sponsor bid waktu mengajukan bidding di sebuah proyek agar bid kita loncat jadi di paling atas, atau ketika kita tertarik untuk mengikuti keanggotaan berbayar dengan potongan biaya proyek yang lebih rendah dari 10%, atau jika kita ingin membayar untuk ikut ujian sertifikasi Bahasa Inggris agar lebih qualified di lebih banyak proyek, dll.

Tapi memang selama kita punya saldo untuk membayar online, maka sistemnya tidak perlu menarik uang dari metode pembayaran kita yang terverifikasi karena langsung bisa dipotong dari saldo yang ada.
Jadi pada dasarnya, Verifikasi PayPal ataupun Verifikasi Freelancer.com bertujuan agar jika kita melakukan pembayaran secara online, maka menjamin PayPal / Freelancer.com agar bisa tetap menjalankan transaksi tersebut ketika saldo kita nol atau kurang sewaktu transaksi. Di saat itu PayPal / Freelancer.com akan menarik kekurangannya agar transaksi pembayaran tetap bisa kita lakukan.

Secara khusus saya lakukan tes membuat akun baru PayPal untuk salah satu teman saya dan saya isikan $10 USD (karena ini adalah minimum penarikan ke bank lokal). Dalam waktu 2 hari kerja, dananya sudah masuk ke rekening teman saya tersebut. Di sini ada biaya Rp. 16,000 karena penarikan di bawah Rp. 1,500,000. Penarikan di atas Rp 1,5juta GRATIS. Untuk yang belum tahu perlu dicatat bahwa kurs yang berlaku di PayPal selalu tidak setinggi di bank lokal kita, selalu lebih rendah (well not much though) hanya antara Rp 200-400.

Langkah 1: buka www.paypal.com lalu klik Sign Up

Landing Page Website PayPal

Langkah 2: klik Get Started tapi opsi yang di sebelah kanan: Receive payments with PayPal



Update 21 April 2015
Sebelum ke langkah berikutnya Anda diminta untuk mengisikan alamat email, mungkin ini untuk memastikan PayPal mendapatkan alamat email Anda dulu terlepas apakah Anda menyelesaikan proses pendaftaran atau tidak. Yahh... biasalah buat ngirim informasi promo.
Langkah 3: isi formulir informasi tentang data pribadi kita (nama, alamat, email, security questions, dll). Biarkan Business Type (Tipe Bisnis) terisi Individual. Harus perhatikan bahwa nama Akun PayPal/Nama Bisnis Anda HARUS SAMA dengan nama yang tertera pada rekening bank! Kalau tidak, maka akan ada masalah dalam proses penarikan ke bank dan nama akun PayPal Anda pada dasarnya tidak bisa diubah lagi. Pada saat withdraw nantinya, Anda bisa memilih menggunakan nama bisnis atau nama personal Anda.


Update 21 April 2015
Form berikutnya adalah seperti di bawah ini dimana kita memilih type bisnis, kategori bisnis dan sub-kategorinya




Update 21 April 2015
teruskan dengan mengkonformasi Alamat tempat bisnis Anda (sayang saya gak sempet ambil screenshotnya) sampai Anda melihat gambar di bawah ini yang meminta Anda mengkonfirmasi alamat email.



Langkah 4: Konfirmasi Email yang masuk dari PayPal, cari di email inbox Anda! Klik tombol "Confirm Email" di email tersebut. Anda akan perlu memasukkan password yang telah dibuat di formulir informasi sebelumnya pada tampilan halaman PayPal yang muncul setelahnya.

Email masuk dari PayPal
Update 21 April 2015
Langkah 5: Setelah klik tombol "Confirm Email" Anda akan dibawa ke PayPal untuk memasukkan password sebagai proses verifikasi email.



Langkah 6: Klik tab "My Account" > "Overview" dan tampilan layar akan seperti di bawah ini. Anda siap menerima uang dollar (untuk menerima uang, tidak ada limit/batasan), sedangkan untuk membuat pembayaran/uang keluar dan penarikan (withdraw) ada limit $10,000 USD per bulan. Jika ingin melihat batasan tersebut klik link "View Limits". Di bawah ini adalah tampilan PayPal Overview akun teman saya (baca dari bawah ke atas, utk teman-teman yang belum terbiasa melihat account statement). Di situ terlihat bahwa pertama-tama dia menerima uang $5 USD dua kali = $10 USD dari akun saya, lalu dia menarik uang tersebut ke rekening bank lokalnya. Payment Status = "Complete" menyatakan bahwa proses sudah selesai dan uang sudah berpindah, jika belum (atau masih dalam proses) akan tertera "Pending".

PayPal Overview

Langkah 7: Daftarkan rekening bank lokal Anda dengan hover mouse Anda ke ata menu "Profile" lalu pilih "Add/Edit Bank Account. Perhatikan bahwa nama yang muncul pertama, kemungkinan adalah nama bisnis Anda, tapi Anda bisa mengeklik link di bawahnya untuk menggunakan nama akun Anda "Use personal name". Pilih kode bank dari link

Add Bank Account - Hover mouse Anda di menu Profile
Klik What's this! untuk melihat Daftar Kode Bank Lokal
Selesai sudah! akun PayPal Anda siap untuk menerima uang, mengirim uang secara online dan juga menarik uang dollar ke rekening bank lokal. Selamat mencoba.