Menggunakan Payoneer untuk Menarik Uang Hasil Kerja Online Freelancing

UPDATE:
sayang sekali! ke depannya, pihak payoneer tidak bekerja sama lagi dengan Freelancer.com
untuk freelancing site yg lain (e.g. upwork.com): masih bisa.

Jika Anda seorang freelancer yang bekerja online di internet, maka salah satu cara untuk mendapatkan uang hasil kerja Anda adalah dengan menggunakan Payoneer.com. Sebelumnya di artikel yang lain saya telah membahas metode penarikan dengan menggunakan 2 sistem yang lain dengan website yang berbeda.

Mungkin beberapa diantara Anda masih mengalami kesulitan dengan 2 cara tersebut, oleh karena itu saya akan membahas di sini cara yang ketiga yang tidak kalah mudah dan cepat serta dengan biaya yang lebih murah dan Anda juga TIDAK MEMERLUKAN Kartu Kredit, yaitu dengan menggunakan Payoneer.com

Sekilas tentang Payoneer, adalah perusahaan yang didirikan tahun 2005 dan berkantor pusat di New York, telah mendapatkan peringkat selama 4 tahun berturut-turut di penghargaan Deloitte’s “Technology Fast 500TM”, yang mengukur perusahaan-perusahaan yang berkembang paling cepat di Amerika Utara. Payoneer adalah penerbit e-Money (uang elektronik) berlisensi dan terdaftar di seluruh Uni-Eropa dan money service business (MSB) di Amerika Serikat. Dengan total karyawan lebih dari 600 orang di seluruh dunia, jaringannya berkembang dari kantor global dan lokal di seluruh Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Biaya yang dikenakan Payoneer lebih murah dan penggunaannya pun mudah. Sama seperti yang lain, jika Anda menarik saldo dari Payoneer, pembayaran dikirim langsung ke rekening bank lokal Anda dalam mata uang rupiah. Payoneer memudahkan penerimaan uang dari lebih dari 2000 perusahaan internasional seperti Amazon, GearLaunch, Freelancer, dan Upwork. Mereka menawarkan solusi pembayaran Payoneer sebagai bagian dari layanan mereka. Cukup masuk ke akun Anda di situs web perusahaan tersebut, lalu pilih Payoneer sebagai metode penarikan Anda.

Bahkan, Anda juga dapat meminta pembayaran langsung dari klien Anda via Payoneer hanya dengan beberapa klik untuk membuat sebuah tagihan online. Klien Anda dapat melakukan pembayaran secara online dengan menggunakan kartu kredit atau rekening bank di perusahaannya.

Membuat akun Payoneer

Anda hanya tinggal klik di sini untuk membuat akun payoneer, mudah sekali. Selanjutnya klik tombol "Sign Up & Earn $25". Oke sebentar! sebelum melanjutkan proses pendaftaran ada baiknya Anda mengetahui maksud kata-kata "Earn $25 USD".

Jadi begini, betul sekali Anda akan mendapatkan bonus $25 USD di akun Payoneer yang akan Anda buat dengan syarat Anda menggunakan akun Payoneer Anda untuk menarik uang dari sumber website lain yang Anda gunakan, sebagai contohnya adalah dari Freelancer.com/Guru.com/Upwork.com/Amazon, dll yang menyediakan layanan penarikan uang menggunakan Payoneer. Berapa yang harus Anda isikan ke dalam akun Payoneer Anda? Jika Anda telah berhasil mengisikan sejumlah $100 dollar, maka secara otomatis akun Payoneer Anda akan ditambahkan $25. Tapi ingat, hanya untuk $100 USD yang pertama. Selain menarik uang dari situs freelancing ke akun Payoneer, Anda juga bisa menagihkan klien Anda di belahan dunia manapun dengan membuat invoice menggunakan fitur "Request a Payment" setelah Anda selesai membuat dan login ke akun Payoneer Anda.

Form Request a Payment - Payoneer.com (setelah selesai membuat akun)

Lengkapi form isian untuk penagihan kepada klien Anda, lalu setelah selesai dikirim, maka klien Anda akan menerima email dari Payoneer mengatasnamakan Anda dan menyediakan tombol "Pay Now" untuk klien Anda yang jika diklik akan membuka halaman pembayaran Payoneer dimana klien tersebut bisa melakukan pembayaran dengan kartu kreditnya. Di situ akan ada pilihan bagi si klien untuk membayar dengan full amount (biaya transaksi 1% akan tertera langsung dan ditanggung oleh klien) atau memilih biaya transaksi tersebut untuk dibebankan kepada Anda.

Kembali ke pembuatan akun Payoneer, selanjutnya Anda akan perlu mengisikan data-data Anda seperti nama depan, nama belakang, tanggal lahir, alamat email, alamat rumah, no telepon, password, dll. Langkah pertama pengajuan aplikasi selesai. Selanjutnya Anda tinggal menunggu peninjauan dari pihak Payoneer sampai Anda mendapat email bahwa aplikasi Anda disetujui.

Mendaftarkan rekening bank Anda (Withdrawal Method)

Sebagai tujuan penarikan saldo Payoneer, Anda perlu mendaftarkan rekening bank Anda. Langkah ini sebenarnya termasuk dalam proses sewaktu Anda membuat akun Payoneer di bagian akhir. Tapi jika Anda melewati prosesnya dan belum mendaftarkannya, Anda bisa meneruskan pendaftaran rekening bank Anda setelah selesai membuat akun Payoneer dengan melakukan login lalu mengeklik menu "Withdraw" > "To Bank Account" namun di sini Anda belum melihat rekening bank apapun karena memang belum didaftarkan. Silakan Anda klik link warna biru "Add New" seperti ditunjukan di gambar di bawah ini:

Form Withdrawal - Payoneer.com

Pada layar selanjutnya, Anda perlu menkonfirmasi tanggal lahir Anda (yang sebelumnya Anda daftarkan) dan memasukkan password Anda. Setelah berhasil cocok diverifikasi, maka Anda akan bisa mulai mengisikan data bank Anda seperti ditunjukkan di gambar di bawah ini:

Form Register rekening bank lokal Anda - Payoneer.com

Untuk mengetahui kode Swift, Kode Bank, dan Kode Kliring bank Anda, silakan klik tanda tanya (?) di sebelah isiannya. Setelah rekening bank berhasil didaftarkan, maka Anda harus menunggu email pemberitahuan dari pihak Payoneer bahwa akun bank tersebut disetujui (approve). Mungkin perlu menunggu 2 hari kerja. Email pemberitahuan yang akan Anda terima seperti contoh gambar di bawah ini, dengan subject email "Your Withdrawal Method Has Been Confirmed!".

Notifikasi email dari Payoneer.com bahwa rekening bank berhasil dikonfirmasi

Anda akan beberapa menerima email dari Payoneer berkaitan dengan pembuatan akun tapi yang paling penting adalah email yang meminta Anda untuk mengisikan formulir lanjutan dengan menambahkan dokumen yang diperlukan seperti mengunggah scan KTP/SIM atau paspor Anda. Ini perlu dilakukan untuk keamanan akun Anda.

Mengasosiasikan akun Payoneer dengan akun Situs Freelancing Anda

Langkah berikutnya adalah Anda membuat "Funding Source" untuk mengisi saldo akun Payoneer Anda baik dari Freelancer.com/Guru.com/Upwork.com, dll. Di artikel ini, saya akan bahas yang dari Freelancer.com. Oke, sekarang buka akun Freelancer.com Anda lalu buka halaman penarikan/withdrawal seperti gambar di bawah ini:

Halaman Penarikan - Freelancer.com

Klik pilihan penarikan dengan "Kartu Debit Freelancer", jangan khawatir dengan kata-kata Kartu Debit di sini, karena nanti Anda akan punya pilihan apakah ingin membuat kartu atau tidak. Yang perlu diketahui adalah bahwa Kartu Debit Freelancer adalah Kartu yang diterbitkan oleh pihak Payoneer yang bisa Anda gunakan di atm manapun untuk menarik saldo Anda di akun Payoneer (selama Anda punya saldo tentunya). Uang yang ditarik adalah dalam bentuk rupiah karena otomatis dikonversi dengan kurs yang berlaku. Jika Anda memesan kartu debit ini, akan ada biaya tahunan yang perlu dibayarkan kepada pihak Payoneer sebesar $30 USD, tidak mau begitu? Tenang! Anda tidak harus memesan fisik kartu debit Payoneer jika Anda tidak menghendakinya, namun Anda tetap bisa menggunakan akun Payoneer Anda untuk menarik uang ke akun Payoneer Anda atau bahkan langsung ke rekening bank lokal Anda. Menyenangkan bukan?

Oke, setelah Anda mengeklik pilihan metode penarikan menggunakan "Kartu Debit Freelancer", jika ini pertama kali, maka Anda perlu mengaitkan akun Payoneer Anda dengan akun Freelancer.com




Klik link "Dapatkan Kartu Debit Freelancer Anda sekarang!" pada halaman tersebut, maka selanjutnya Anda akan melihat tampilan layar seperti di bawah ini. Karena Anda sudah memiliki akun Payoneer sebelumnya, klik link "Already have a Payoneer Account? Sign In" pada window pop up yang muncul (lihat gambar di bawah).


Selanjutnya Anda perlu login ke akun Payoneer Anda, seperti gambar di bawah:



Setelah login ke akun Payoneer Anda, maka Anda akan melihat 2 pilihan (gambar di bawah), yaitu apakah Anda ingin menarik saldo Freelancer Anda ke dalam akun Payoneer Anda (Payoneer USD Balance) atau apakah ingin langsung ditransfer ke akun bank Anda. Jika rekening bank sudah terdaftar di Payoneer, maka Anda akan melihat nomor rekening bank Anda ditutupi/diganti dengan huruf X contoh seperti XXX99 - IDR, dua digit terakhir tidak ditutupi.


Saya lebih menyarankan Anda memilih transfer ke Payoneer USD Balance, karena Anda nanti akan lebih mudah mengatur jumlah penarikan dari akun Payoneer ke rekening bank Anda (catatan: ada minimum penarikan yaitu $150 USD). Anda bisa menggabungkan hasil dari situs Freelancer maupun hasil dari penagihan langsung ke klien menggunakan fitur "Request a Payment" seperti yang saya jelaskan di atas.

Klik tombol FINISH dan Anda telah berhasil mengaitkan akun Payoneer Anda dengan akun Freelancer. Selanjutnya Anda akan bisa melakukan penarikan saldo Freelancer Anda menggunakan pilihan Kartu Debit Freelancer yaitu dengan akun Payoneer Anda. Jika Anda memilih transfer ke akun Payoneer, maka akun Payoneer Anda yang akan bertambah. Di website Payoneer, Anda sudah bisa menggunakan menu "Withdraw" > "To Bank Account" untuk menarik saldo Payoneer Anda ke rekening bank lokal Anda di Indonesia.

Biaya Layanan Payoneer

Tidak ada biaya transaksi penarikan ke rekening bank lokal di Indonesia, memerlukan waktu 3-5 hari kerja. Namun ada biaya untuk konversi dari USD ke IDR yaitu 2% dari jumlah penarikan. Dari tes yang telah saya lakukan dengan penarikan dari saldo akun Payoneer sejumlah $100 USD, saya menerima di BCA dengan jumlah Rp 1.303.951 dalam waktu 3 hari kerja.  Sebulan kemudian saya lakukan tes penarikan langsung dari akun Freelancer.com sejumlah $130 USD, dan saya terima di BCA sebesar Rp 1.666.117 dalam waktu 3 hari kerja. Tidak ada biaya penarikan dari Freelancer.com

Perhitungan:
1. Tarik dari saldo Payoneer: $100
2. Dikurang biaya konversi: 2% x $100 = $2
3. Dollar yang diterima: $100 - $2 = $98
4. Dalam bentuk Rupiah: Rp 1.303.951 (kurs 13.305)

1. Tarik langsung dari Freelancer.com: $130
2. Dikurang biaya konversi: 2% x $130 = $2,6
3. Dollar yang diterima $130 - $2,6 = $127,4
4. Dalam bentuk Rupiah = Rp 1.666.117 (kurs 13.078)

Jika Anda menerima pembayaran di akun Payoneer langsung dari klien Anda, maka ada biaya sebesar 1% dan ini bisa ditanggung oleh klien Anda atau dikenakan kepada Anda tergantung opsi yang dipilih oleh klien Anda ketika melakukan pembayaran kepada Anda.

catatan: akun Payoneer tidak bisa diisi saldonya baik menggunakan kartu kredit maupun setoran tunai di bank, hanya bisa diisi melalui cara yang saya jelaskan di atas.

Jadi, Tunggu apa lagi?

Ayo mulai buat dan daftarkan akun Payoneer Anda sendiri di sini dan dapatkan bonus $25 USD nya.
Selamat mencoba!

Langkah yang serupa namun berbeda tampilan jika Anda menggunakan situs lain seperti Guru.com atau Upwork.com ataupun dari situs Amazon, dll yang menyediakan fitur penarikan saldo melalui Payoneer.com