Cara Kerja Freelancer.co.id

Rupanya masih banyak Newbie yang bingung akan cara kerja dari situs Freelancer.co.id, sebenarnya banyak sekali penjelasan lengkap saya di tanya-jawab bagian komentar beberapa postingan artikel yg lain. Nah...agar mudah dicari, mari kita telusuri dan bahas di sini.

Apa itu Freelancer.co.id / Freelancer.com?
Ini adalah pasar/bursa tenaga kerja secara Online menghubungkan para user di seluruh dunia. Banyak sekali yang seperti ini (Odesk, Elance, Guru.com, 99Design, dll) tapi ini yang terbesar no. 1 di dunia menggabungkan situs-situs terdahulu seperti Scriptlance, Vworker, GetAFreelance, dll. Sebagaimana fungsi pasar, ini adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli, that's it! So simple :) Freelancer.com itu situs International-nya, sedangkan Freelancer.co.id itu regional khusus di Indonesia seperti halnya situs-situs regional lainnya di negara lain. Semua sama, Anda bisa masuk/login darimanapun (situs regional di Australia, Thailand, Pakistan, Inggris, India, Philipina, dll). Yang membedakan adalah bahasa lokal di dalam situs tersebut. Selengkapnya...

Apa yang diperjualbelikan?
Yang jelas sebuah Pekerjaan! Mostly yang diperjualbelikan adalah jenis pekerjaan yang bisa dikirimkan secara elektronik ataupun dibuat (tapi tidak terbatas) secara soft-copy, contohnya: pengumpulan data dari internet, Optimasi Mesin Pencari (SEO), desain web, penulisan web content, pembuatan video, pembuatan animasi, penulisan artikel, pembuatan laporan otomatis, Analisa Akuntansi, data entry, penerjemahan, kode program (coding), desain, foto editing, file gambar AutoCAD, desain PCB, bahkan tugas-tugas kuliah para mahasiswa di luar negeri pun sering kali dipostingkan mereka menjadi sebuah proyek :), dll...dll...dll

Siapa yang dimaksud "Employer"?
Employer adalah orang yang punya pekerjaan (pemberi kerja), mereka perlu mencari orang/freelancer untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka. Employer mempostingkan proyek di situs ini dengan tujuan dilihat oleh para freelancer di seluruh dunia dalam komunitas Freelancer.com dan berharap para freelancer menawarkan jasanya untuk menyelesaikan pekerjaan itu dengan sejumlah nilai bayaran dan waktu penyelesaian yang bersaing di antara para freelancer.

Siapa yang dimaksud "Freelancer"?
Freelancer adalah yang orang yang mengerjakan/mencari pekerjaan/proyek yang dipostingkan oleh para Employer.

Siapa yang menjadi Boss?
TIDAK ADA! Jangan salah, di sini tidak ada boss, semuanya adalah rekan kerja dalam sebuah kerja sama. Yang satu memerlukan orang untuk membantu dalam menyelesaikan kerjaan, yang satunya membantu dengan imbalan sejumlah bayaran.

Bagaimana Situs ini Bekerja? Tender proyek!
  1. Employer Posting Proyek - mencari freelancer - buka tender proyek
  2. Para freelancer menawarkan jasanya pada proyek tersebut (bidding), bersaing menarik perhatian si employer agar diberikan proyeknya. Yang belum pernah baca tips saya silakan klik di sini.
  3. Employer memilih freelancer di antara sekian banyak penawar (bidder). Wawancara/diskusi hanya bisa dimulai oleh employer bila dia menghubungi freelancer melalui sistem message pada chat/obrolan situs ini. tips utk para freelancer: pastikan Anda "menjual" hanya yg penting dan tidak bertele-tele "to the point" pada proposal pertama Anda, gunakan Dropbox untuk menyampaikan link untuk mendownload file sample Anda (jika ada).
  4. Employer membuat pembayaran milestones (tanda jadi) sesuai permintaan freelancer pd saat mengajukan penawaran:
    • Dana Milestones dipegang oleh Freelancer.com (penengah)
    • Freelancer disarankan untuk TIDAK menerima pemberian proyek dan mulai bekerja SEBELUM melihat adanya dana MILESTONES.
    • Dana Milestones dirilis oleh Employer setelah dia yakin 100% bahwa hasil pekerjaan si freelancer sudah benar-benar OKE
  5. Freelancer menyerahkan hasil kerjaan ke employer, kalau ada perbaikan, employer memberikan tanggapan dan harus diperbaiki dulu sampai sempurna sesuai keinginan employer
  6. Employer merilis milestones (dan menyelesaikan sisa pembayarannya - jika ada) agar freelancer bisa menerima dana tsb di saldo akunnya.
  7. Employer mendapatkan hasil pekerjaannya, Freelancer mendapatkan bayarannya
Bagaimana Transaksi Pembayaran Dilakukan?
Untuk Employer: bisa membuat pembayaran milestones yang nantinya diterima oleh si freelancer melalui kartu kredit, PayPal ataupun Skrill. Employer yang metode pembayarannya terverifikasi akan lebih dipercaya oleh para calon freelancernya, karena menggambarkan bahwa employer tersebut pasti bisa membayar freelancernya.

Untuk Freelancer: tidak perlu melakukan verifikasi metode pembayaran, tapi lebih penting merencanakan metode penarikan yang akan digunakan nantinya (meskipun saya selalu sarankan utk memikirkan hal ini belakangan setelah uang di saldo Anda terkumpul, karena yang paling penting adalah memenangkan proyek pertama Anda).

Antara Employer vs Freelancer: dana pembayaran tanda jadi (milestones payment) yang ditahan oleh pihak Freelancer.com dan dirilis di akhir proyek oleh employer akan dikreditkan masuk ke dalam saldo akun si freelancer di situs Freelancer.com. Si freelancer kemudian bisa menarik saldo tersebut ke rekening bank pribadinya agar bisa dicairkan untuk dipergunakan.

Bagaimana Para Freelancer Menarik Uang Hasil Kerjanya?
Silakan pelajari caranya di sini. Personal opinion: paling mudah menurut pengalaman saya adalah tarik ke akun PayPal (catatan: tipe akun paypal personal dan premier, akun PayPalnya harus terverifikasi kartu kredit), kemudian dari PayPal tarik ke rekening bank lokal di Indonesia.

Tidak Punya Kartu Kredit? Gunakan akun SKRILL atau PAYPAL tipe Bisnis!
Selain PayPal Anda bisa menggunakan Skrill untuk melakukan penarikan uang hasil kerja di freelancer.co.id bagi para freelancer ataupun melakukan pembayaran milestones bagi para employer. Selengkapnya...

Langkah Awal menjadi Freelancer di Freelancer.co.id:
  1. Bagi yang belum mendaftar, silakan dapatkan akun Freelancer.co.id di sini. Untuk newbie saya sarankan yang GRATIS saja dulu, tidak perlu verifikasi Metode Pembayaran! Yang penting harus diverifikasi adalah email dan nomor ponsel.
  2. Melengkapi profil Anda adalah utama yang harus dilakukan:
    • Gambar profil (bisa foto diri), desain ciptaan sendiri, atau logo, bisa juga foto tim Anda.
    • Lengkapi Resume (riwayat pendidikan dan profesional/pekerjaan)
    • Lengkapi portofolio (gambar contoh hasil pekerjaan Anda, use your own imagination)
    • Paling bagus bisa lulus ujian berbayar ($5 USD) seperti English (US) Exam Level1 (minimum).
    • Silakan nonton video singkat saya di sini atau download tutorial dari menu atas halaman ini.
    • Pilih Skill/Keahlian Anda yang Anda minati/kuasai, penting dalam memilih ini karena proyek yang bisa Anda bid/ajukan penawaran adalah proyek2 yang salah satu kategorinya cocok dengan keahlian Anda. Dan ada jatah mengubah-ubah keahlian dalam sebulan yaitu 5 kali per bulan. Juga ada jatah jumlah keahlian yang bisa dipilih (50 untuk FREE member).
  3. Mulailah browsing/hunting proyek atau kontes, pilih menu "Telusuri Proyek" > "Keahlian Saya" atau ikuti video saya di sini sebagai contoh lengkapnya.
  4. Pastikan proposal Anda berisi kata-kata yang langsung pada kasus proyek yang diminta oleh employer, tidak perlu banyak introduction dan pamer keahlian.
  5. Jatah bid untuk anggota GRATIS adalah maksimum 10 bid dalam sebulan, yang artinya akan terisi ulang 1 bid kembali di hari berikutnya jika anda gunakan.
Jika Anda tidak bisa bid proyek atau ikut kontes, coba cek di sini apa sekiranya yang jadi masalah, jika masih tidak bisa, silakan tanyakan ke saya di bagian komentar, atau kirimkan pertanyaan Anda ke support@freelancer.com
Klik Tarif & Biaya Freelancer.com untuk mempelajari apa yang harus dibayar dan kapan.

Semoga artikel ini bisa membantu lebih banyak, lebih lengkap terutama bagi para newbie dan lebih banyak orang yang membaik penghasilannya di Indonesia dengan bergabung di sini, Amin :)

Cheers,
Daniel G. Pratidya

12 comments:

  1. Dear mas Daniel,
    Mas saya mau tanya jawab. Boleh balas ke email saya mas.
    don.lenon17@gmail.com
    Thank.

    ReplyDelete
  2. Bang sayang newbie nih, kalo misalkan udah dapet project nulis blog misalnya nah ngerjainnya gmna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang saya juga newbie bgt... Ambil copywriting tapi blm dpt kerjaan juga... N blm ada milestone... Gimana? Help

      Delete
  3. Pak mau bertanya. Tawaran saya dipilih oleh penyedia proyek.. sudah berkomunikasi via email, dan dia meminta untuk membayar service tapi bukan ke web freelancer melainkan ke web pengiriman uang di negaranya. Apakah itu penipuan? Mohin sekiranya dibalas pak. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga demikian, ada 2 proyek saya di pilih, tapi saya di suruh transfer ke akun skrill yang memberi proyek bukan ke akun resmi freelance. Itu gmn ya ?

      Delete
  4. Halo pak. Saya baru mendaftar di freelancer dan sudah di award proyek dr orang india. Kalo dr yg saya baca di sini, sebelum menerima proyek tersebut saya harus meminta pembayaran tanda jdi dulu ya pak? Lalu biaya proyeknya bagaimana pak? Apakah langsung dibebankan ke sy stelah tanda jdi dibuat? Tapi kan saya belum ada uang untuk biaya proyek itu? Tolong pencerahannya segera ya pak karena waktu saya tinggal 20 jam lagi untuk terima proyek tersebut sbelum dibatalkan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Selamat siang pak daniel
    Salam kenal saya widy..pencerahan seai setelah baca blognya. Saya termasuk salah satu newbie yg kebingungan gmn memulai d freelancer ini. Posisi skrg ibu rmh tangga yg ingin memulai lagi jd "wanita karier" versi rumahan..hehehe. setelah lama resign anak2 sdh sibuk dengan sekolahnya.Saya ingin juga sibuk utk menghasilkan ssuatu yg berguna...panjang x lebar ya pak..maafkeun. intiny saya kebingungan lagi gmn cara isi profil akun saya.sdh lama tidak berhubungan dgn cv. Kedua apa yg perlu sy "sorot" dgn posisi saya skrg utk d cantumkan d profil. Sampe sini sy sm sekali tidak ada pencerahan.Pengalaman sy dulu sebgai Cs bank,jg admin support biasa kerja dgn kompt,input data manual k pc.kira2 ada masukan dr pak daniel utk saya. Terimakasih sebelumnya...akun freelance sy sdh ada maju mundur mulu dr awal bikin akun..

    ReplyDelete
  6. selamat siang.... saya rina.. saya ingin bertanya di kolom penjelasan tanda jadi ini, saya harus tuliskan apa? harap anda membalasnya

    ReplyDelete
  7. Selamat siang pakk, saya newbie juga pak, mau isi profil masih maju mundur. Karna belum tau cara pengerjaan jobnya nanti, sebelumnya saya bekerja sebagai staff entry data manual. Mohon bantuannya pak bagaimana cara saya memulai menjadi freelancer di freelancer.com .

    ReplyDelete
  8. Kalau kita suruh bayar dulu, JANGAN MAU! Itu PENIPUAN. Wong kita mencari duit, malah kita suruh bayar... weleh... weleh... hadeuuuh....

    ReplyDelete
  9. Halo, selamat malam,saya Mareta writer freelance. Terima kasih banyak atas artikel pembahasan ini. Ini sangat membantu saya. Saya ingin bekerja sebagai freelancer di website ini. Pak Daniel, ada yang ingin saya tanyakan. Waktu saya bidding di Freelancer.co.id, kenapa saya perlu mengeluarkan milestone ya? Padahal saya freelancer dan saya tidak memiliki saldo di akun saya. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete