Metode Pembayaran vs Metode Penarikan di Freelancer.co.id

Banyak sekali pertanyaan tentang hal ini dan selalu berulang-ulang oleh para Newbie di Freelancer.co.id. Hal ini nampaknya membuat bingung dan menimbulkan kesalahpahaman.
Oleh karena itu saya pikir perlu mempostingkan tentang hal ini lagi sebagai postingan catatan terpisah secara khusus di sini.

Metode Pembayaran

Yang dimaksud Metode Pembayaran dalam konteks ini adalah BUKAN CARA kita dibayar oleh Freelancer.co.id melainkan sebaliknya CARA bagi para pengguna situs untuk melakukan pembayaran (Tarif & Biaya) kepada pihak Freelancer.co.id untuk hal-hal berikut ini:

  1. Membayar biaya keanggotaan untuk keanggotaan yang BERBAYAR (yaitu: Keanggotaan Dasar, Plus, Standard, dan Premium). Besarnya biaya ini tergantung dari pilihan kita.
  2. Membayar biaya proyek baik kita sebagai freelancer maupun sebagai employer. Sebagai seorang freelancer kita membayar biaya ini apabila kita menerima/accept suatu proyek yang telah kita ajukan penawarannya (bid) dan si employer telah memberikan (award) proyek tersebut kepada kita. Begitu juga sebagai seorang Employer akan dikenakan biaya ini ketika freelancer yang dipilih menerima proyek yang diberikan kepadanya.
  3. Membeli fitur Sponsor Bid: fitur ini adalah untuk menaikkan posisi penawaran kita melejit ke posisi puncak pada daftar bidding yang panjang mengalahkan para freelancer lain bahkan yang punya reputasi terbanyak. Penawar lain juga bisa melakukan ini (maksimum 10 orang), dimana penawar yang membayar lebih tinggi tentunya memperoleh posisi yang lebih tinggi juga. 
  4. Membeli fitur Sorotan Bid: fitur ini untuk menyoroti (highlight) mewarnai penawaran kita dengan warna lain yang membedakan dengan penawaran orang lain.
  5. Membeli Ujian Sertifikasi: setiap lulus ujian tertentu, kita akan menerima lencana (badge) yang akan ditampilkan pada penawaran kita pada sebuah proyek, yang membuat para employer yakin akan keahlian kita. Note: kalau belum lulus, dan ingin mengulang, maka perlu bayar lagi.
  6. Membayar Biaya Arbitrasi: Jika terjadi kesalahpahaman antara employer dan freelancer dan akhirnya proyek/kontes tersebut dipersengketakan (dispute), maka jika ini diteruskan/diekskalasi ke proses arbitrasi, maka kedua belah pihak perlu membayar biaya arbitrasi. Pemenang kasus/persengketaan akan memperoleh kembali biaya ini kembali ke saldonya.
  7. Membeli/membayar biaya peningkatan ataupun pembuatan proyek/kontes yang mempunyai fitur tertentu:
  • Sorotan (Featured): dimana proyek/kontes yang kita buat bisa ditampilkan di home page agar para calon freelancer di seluruh dunia bisa lekas melihat proyek/kontes Anda dan mulai menawarkan jasa mereka kepada data ataupun mulai menyerahkan entri mereka dalam kontes Anda.
  • Mendesak (Urgent): proyek/kontes akan ditandai pita "Mendesak" atau "Urgent" di pojok kanan atas halaman proyek/kontes-nya. Membuat para calon freelancer mengetahui bahwa ini memerlukan kecepatan dan biasanya di sini para employer seringkali tidak mempermasalahkan harga sekalipun itu penawaran harga yang tinggi.
  • Privat: proyek/kontes ini disembunyikan dari mesin pencari umum di internet, sehingga orang di seluruh dunia tidak bisa menemukan proyek/kontes yang Anda buat di sini kecuali mereka login ke dalam situs.
  • Perjanjian Kerahasiaan (PK): dalam bahasa inggris NDA (Non Disclosure Agreement) yaitu proyek/kontes yang mensyaratkan bagi para freelancer untuk tetap menjaga kerahasiaan data/informasi/file/diskusi yang dipertukarkan selama proyek/kontes berlangsung. Ini harus ditandatangani dulu secara digital oleh para freelancer sebelum mereka bisa memasukkan penawaran mereka.
  • Bersegel (Sealed): proyek/kontes ini disegel sehingga para penawar/calon freelancer tidak bisa melihat penawaran yang diajukan oleh penawar lainnya dalam suatu proyek/kontes. Harga yang ditawarkan biasanya akan lebih fair sesuai permintaan penawarnya (tidak bisa main banting harga, ataupun menurunkan harga jika melihat yang lain ada yang lebih rendah).
  • Prioritas: dengan mencentang pilihan ini, maka proyek/kontes Anda tidak perlu lagi melewati antrian pemeriksaan oleh para staf Freelancer.co.id / .com, jadi langsung dipublikasikan secara online dan lebih cepat menerima penawaran dari para freelancer.
  • Bergaransi (Guaranteed): ini khusus untuk Kontes, dimana kontes ini dijamin akan diberikan kepada pemenang kontes pada saat berakhirnya. Kalaupun si employer (penyelenggara kontes) tidak memilih pemenang, maka 14 hari setelah berakhirnya kontes ini, hadiah akan tetap dibagikan kepada para freelancer dengan rating yang teratas.
  • Masih ada fitur-fitur lainnya, tetapi saya rasa yang di atas ini yang paling penting untuk diketahui.

Metode Penarikan

Yang dimaksud di sini adalah CARA kita menarik uang kita yang ada di saldo akun Freelancer.co.id / Freelancer.com dengan 5 pilihan cara sebagaimana dijelaskan dalam screenshot di bawah ini:


Pada dasarnya, penarikan dana yang pertama kali memerlukan waktu sampai 15 HARI KERJA, ini adalah untuk proses keamanan dimana Freelancer.co.id harus meyakinkan betul-betul bahwa akun/rekening tujuan penarikan adalah milik Anda baik itu akun PayPal, Skrill, Kartu Debit Freelancer ataupun rekening pribadi Anda. Note: Penarikan Ekspress belum bisa di Indonesia.

Jadi, dalam memperoleh uang sebagai penghasilan kita di Freelancer.co.id dari hasil menyelesaikan proyekproyek ataupun kontes-kontes, uang tersebut tidak akan langsung masuk ke rekening bank pribadi kita secara langsung (paling tidak sampai saat ini: 1 Nov 2013). Uang hasil kerja kita akan masuk ke saldo akun Freelancer kita untuk kemudian ditarik keluar lagi ke akun/rekening dimana kita bisa memperoleh uangnya. Contoh: akun Freelancer.co.id tarik ke akun PayPal/Skrill, lalu tarik ke BCA.

Kalau saya pribadi paling mudah adalah menggunakan PayPal (dengan catatan harus punya Kartu Kredit utk verifikasi metode pembayaran PayPal). PayPal berlaku sebagai tempat di internet secara ONLINE menampung dan mentransaksikan uang kita secara virtual. Melakukan pembayaran atau menerima uang secara Online di Internet. Untuk itu PayPal pun memerlukan verifikasi cara/metode pembayaran kita sebagai pengguna akun PayPal dalam melakukan pembayaran.
Tapi terus terang sampai saat ini, saya belum pernah menggunakan PayPal saya untuk melakukan pembayaran/pembelian online. Logikanya dalam melakukan pembayaran, apabila saldo kita di PayPal $0, maka PayPal akan menagihkan secara otomatis ke rekening kartu kredit Anda. Kalau tidak terverifikasi Kartu Kredit, maka tidak bisa ditransaksikan. Tapi sekali lagi saya TIDAK menggunakan ini utk tujuan pembayaran/pembelian.

Mudah2an ini akan menjawab pertanyaan2 seperti:
  1. Kenapa saya tidak bisa memverifikasi Metode Pembayaran di Freelancer.co.id, padahal sudah punya akun PayPal?
  2. Apakah untuk menjadi Freelancer di situs ini harus punya kartu kredit?
  3. Apakah verifikasi pembayaran PayPal ataupun Freelancer.co.id bisa menggunakan Kartu Debit/ATM.
Perlu diketahui bahwa dalam melakukan verifikasi, Freelancer.co.id melakukan TES PENARIKAN sejumlah UANG dari akun PAYPAL kita untuk dimasukkan KE dalam saldo akun FREELANCER.CO.ID kita (prinsipnya ini hanya pindah tempat).... nah... dalam hal akun PayPal yang saldonya $0, maka PayPal akan menagihkan ke Kartu Kredit Anda, tapi akan GAGAL tentunya kalau belum terverifikasi.

Bagi yang tidak ingin menggunakan PayPal ataupun kartu kredit, bisa menggunakan SKRILL dimana akun skrill tersebut bisa diisi dengan cara mentransfer uang kita ke dalam akun tersebut melalui bank lokal di Indonesia (co: BCA, Mandiri, mohon tanyakan sendiri ke bank yang bersangkutan)
Tentang akun SKRILL bisa baca di sini.

Kartu Debit jelas TIDAK BISA digunakan karena rekening tabungan tidak mengijinkan penarikan/penagihan secara online. Sedangkan kartu kredit bisa dengan model penagihan belakangan di lembar tagihan.

Semoga ini bisa membantu para freelancer di Indonesia khususnya yang baru mulai untuk bisa lebih jelas lagi dalam berfreelancing di situs ini.
Mohon maaf sebelumnya kalau ada kata-kata saya yang salah ataupun menyinggung karena saya yakin tidak ada maksud untuk itu.

Salam,
Daniel G. Pratidya
2013.11.01_11.19

37 comments:

  1. Hi Pak Daniel,

    Pak saran bagaimana kalau bpk buat website tentang vba macro,jadi bapak kasih tips tips vba macro yang sehubungan dengan pekerjaan yg diterima via freelance. Hehe pasti Pak Daniel bilang sudah repot,harus buat website baru pula.. :-)

    Oya Pak sekarang Bpk freelance full time atau masih ada pekerjaan tetap? Kalau masi ada pekerjaan tetap bagaimana menyiasati pekerjaan part time di freelance pak?

    Ok sekian dulu.

    Salam,stella

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Stella,

      Hehehe...betul, karena saya masih bekerja tetap d kantor eight to five, Senin-Jumat, jadi saya masih blm punya waktu untuk bikin tip vba macro, terus terang ingin sekali saya membagikan tips-tips GRATIS utk vba macro di internet dalam bahasa Indonesia, karena sebetulnya semua ttg vba macro, bisa kita search di google, tapi sayangnya semuanya dalam bahasa inggris. Harapan saya adalah bisa mengumpulkan orang2 berbakat di Indonesia yg bisa membantu saya di proyek2 vba excel.

      Sampai sekarang belum ada yang memenuhi syarat. Syarat utama: "BENAR-BENAR KEPEPET" dan semangat ingin belajar dan keluar dari masalah!

      Utk menyiasati kerja as freelancer memang tidak mudah:
      1. Kurang tidur karena harus kerja sore-malam setelah pulang kantor
      2. Tidak ada istilah hari libur khusus, karena freelancer bs libur kapanpun
      3. Curi-curi waktu di jam kerja kantor kalau flow pekerjaan tidak banyak.

      Tapi pekerjaan tetap saya harus selalu menjadi yg utama saat ini, karena kita harus tetap profesional.

      Itulah seninya berjuang hehehe... tapi memang rencana saya tahun depan mau full freelance saja. Karena sekarangpun sdh kebanyakan nolak proyek karena overload, rugi nih sebenernya.
      Sekarang saya belum siap, karena masih ada beberapa hal yg harus diurus dan dilengkapi. Saya harus betul2 siap planning kalau mau terjun full freelance!

      Salan-Daniel

      Delete
  2. Wah salut dengan perjuangan Pak Daniel.Saya terus terang memang baru mendalami VBA Maco. Buat saya menarik juga bidang ini, dan benar saya setuju dengan Bapak, kalau harus punya mental kepepet. Dan juga kalau rajin cari memang banyak sekali sumber2 vba macro di internet.

    O pak, kalau boleh diberi usulan, sebenarnya tipe2 pekerjaan vba macro excel seperti apa yang suka diberikan di freelance. Memang saya bisa cek pekerjaan2nya Bpk in profile freelance Bapak, tapi kebanyakan itu tipe nya seperti apa? Apa itu web scraping data dari internet ke excel dan terus kita manipulasi datanya. Atau apa lagi kira-kira pak.

    Thanks Pak

    Thanks Pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for your support Stella,
      Kebanyakan tipenya:
      1. Data population dari raw data menjadi laporan interaktif
      2. Comparing sheet1 dengan sheet yg lain
      3. Auo create worksheet/Chart
      4. Data entry Automation
      5. Data analysis automation
      6. Cleaning Raw data
      7. XL as specific calculator

      Kalo masih bingung saya bisa emailkan contohya, tapi waktu sy cari data email Stella kok saya gak nemu di list member IFA ya? namanya pakai siapa di situ?

      Delete
    2. Halo pak, thanks pak untuk replynya. Mau banget pak tlg dikirimkan contoh2 nya.

      Iya saya belum terdaftar di IFA,tapi barusan daftar atas nama stella lukita.

      Thanks.

      Delete
  3. hello..
    mau nanya kalo terjadi dispute cases apa perlu dibuat as a Employer dan apabila sampai stage 4(arbiration) kalau employer kalah bagaimana uang yang telah di bayar via milestone.thank you

    ReplyDelete
  4. Halo,
    Saya kurang ngerti pertanyaaannya mas yg ttg "as a Employer".
    Kalau sampai proses arbitrasi dan employer yang kalah dalam kasusnya, milestones jelas akan diberikan ke freelancer.

    ReplyDelete
  5. maksud as a employer itu ialah saya. sekarang freelancer menyuruh saya untuk membayar $12 setengah dari harga bid project $24. beliau mendakwa mengalami kerugian karena menerima project kemudian membatalkan project.
    Apakah saya perlu ke stage 4 (arbiration kena fee $5).atau membayar $12 kepada freelancer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm... dalam kasus ini rasanya saya masih perlu informasi lebih lengkap, tapi saya akan coba menjawab:

      1. Sewaktu Anda award proyek tsb, dan kemudian si freelancer menerima (accept), apakah Anda sudah create milestones $12 atau $24? Karena kalau tidak ada milestone, maka kedua belah pihak tidak ada yang bisa mengajukan dispute.

      2. Perlu diketahui bahwa sewaktu proyek di-Award dan di-Accept, baik Freelancer maupun Employer akan dikenakan biaya proyek yg besarnya tergantung jenis keanggotaan.

      3. Yang bisa membatalkan sebuah proyek (yg sdh di-Award) hanyalah si freelancer. Dan kalau freelancer telah membatalkan proyek, maka baik dia ataupun Anda tidak bisa lagi mengajukan dispute.

      Kalau si Freelancer punya keanggotaan yg FREE maka biaya proyek dlm kasus ini adalah USD $5, yg telah terpotong dari saldo dia. Freelancer ini bisa mencoba meminta ke support@freelancer.com spy biaya proyek tsb dikembalikan karena proyek telah dibatalkan (tp tergantung kasusnya yg saya di sini masih belum jelas kenapa dia membatalkan proyeknya).

      Kalau si freelancer membatalkan proyek, Anda as employer tidak punya kewajiban lagi untuk membayar maupun mengajukan dispute, karena kalaupun Anda telah create milestones sebelumnya, maka silakan email ke support@freelancer.com supaya milestones tsb dikembalikan ke saldo akun Anda.

      Tapi kalau ternyata dispute telah berhasil diajukan oleh si freelancer dan Anda harus membayar arbitration fee $5, berarti ada milestones yang telah Anda buat sebelumnya (yg jumlahnya tidak Anda sebutkan di sini), jadi kalau Anda ingin melepaskan milestones tsb kepada si freelancer, maka $5 tidak perlu Anda tanggapi, maka kasus dispute akan dimenangkan freelancer dan milestones akan diberikan ke freelancer tsb.

      Tapi kalau Anda merasa benar, dan ingin mempertahankan pendapat Anda dengan bukti-bukti yg kuat dan ingin milestones yg sdh Anda buat sebelumnya itu kembali, maka Anda perlu membayar $5 arbitration fee tsb supaya dilakukan penyelidikan lbh lanjut oleh tim arbitrasi Freelancer.com (berdasarkan bukti-bukti kuat dari Anda) agar diputuskan siapa yg berhak memenangkan kasus.

      Delete
    2. Ya saya sudah membayar milestones sebanyak $24.saya yang meminta utk membatalkan proyek tersebut dan minta refund balik $24 lantas freelacer tersebut mengaju kasus ke dispute section.
      Sekarang dia meminta $12 atas kerugian yang di alaminya.
      Jika dia di pihak yang benar apakah $24 akan dibayar kepada beliau atau jumlah bayaran yang lain akan ditentukan oleh time arbitrasi freelancer.com.

      Delete
    3. Sorry telat banget balesnya nih :)
      Jadi, dalam hal ini menurut pendapat saya, Anda as employer sudah pasti akan kalah dalam dispute dan milestones $24 tsb akan diserahkan ke si freelancer nya, karena di sini Anda yang meminta untuk membatalkan dan akan dianggap Anda yang membuat kesalahan.
      Menurut saya percuma Anda membayar arbitration fee $5, hanya akan menambah pengeluaran Anda. Kecuali Anda punya bukti2 yg kuat dan argumen yg ingin dipertahankan yang bisa memungkinkan milestones tsb kembali kepada Anda.

      Delete
  6. ok..thank sob bagi respon kasus ini.

    ReplyDelete
  7. Mau tanya jadi kalau misal belum ada saldo di freelancer dan belum verified payment, kita ga bisa nerima project ya klo jadi freelancer?
    Kan pas dapat award langsung kepotong biaya tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap Bisa mas!
      Silakan baca jawaban lengkap saya di:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html?showComment=1373603958182#c8708016605389792164

      Delete
  8. Mas Daniel,
    barusan saya ngebid project, setelah ngebid muncul kotak proposal yang saya mau isi. Saat ketik2 di proposal, eh listrik padam gara ada korsleting. Setelah saya restart, kotak proposal nya nggak ada lagi... Ada cara nggak untuk memunculkannya atau menghubungi pembuat project (selain 'papan klarifikasi publik')? Sayang nih, ntar dikira asal ngebid aja.. :) Thanks mas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Agung,

      Kalau proposal belum sempat dimasukkan, seharusnya di halaman proyek tsb pada bid mas Agung, di bawah username ada tulisan "No proposal has been submitted yet" atau seperti itu saya tdk ingat.
      Di klik aja link tulisan itu, lalu seharusnya kotak message-nya akan terbuka lagi.

      Daniel

      Delete
    2. Terimakasih mas! Nggak nyangka mas Daniel reply-nya cepet banget. Thanks again. :)

      Delete
  9. saya maunayak ni ada beberapa argument dalam kepala saya.
    1. Apa harus punya akun sperti Paypal atau skrill dll...
    2. Apa harus membayar dahulu untuk memperoleh sebuah job padahal qta disini mencari kerja dalam artian cari duit kanapa harus keluar duit.
    3. Uang y disetor untuk membeli job nantinya job gk mau pake qta apa masi bisa ditarik lagi dengan utuh.
    demikian dulu mohon sangat bantuannya..?

    ReplyDelete
  10. 1. Tidak harus punya PayPal ataupun Skrill, tapi memang saat ini metode penarikan itu yg paling mudah jika Anda ingin menarik uang Anda dari saldo Freelancer.com

    2. Yang dibayar adalah biaya proyek (fee untuk Freelancer.com sebagai wadah yg mempertemukan freelancer dgn employer). Biaya ini dikenakan ketika Anda menerima/accept sebuah pekerjaan yang diberikan/di-award seorang employer kepada Anda. Oleh karena itu sebelum menerima kerjaan, pastikan employer tsb sdh membuat milestones (tanda jadi) dalam proyek tsb.

    3. Biaya proyek bukan disetor, tapi diambil langsung dari saldo Anda, atau kalau akun sdh diverifikasi dengan PayPal atau Kartu Kredit Anda, maka akan diambil dari situ. Kalau Anda sudah menerima/accept sebuah pekerjaan, kalau tidak jadi, berarti ada persengketaan atau kesalahpahaman. Silakan mengajukan dispute atau mengirim email ke support@freelancer.com untuk meminta kembali biaya proyek tsb dengan menyebutkan alasan yg kuat kenapa tidak jadi (contoh: Anda bisa memberikan/menunjukkan bukti kuat bahwa employer tidak pernah menghubungi Anda dan berkomunikasi ataupun menjelaskan proyek lbh detail ataupun tidak pernah login lagi, dsb...)

    ReplyDelete
  11. Tks respon y bijak dan membantu sekali.
    Tanda Jadinya bisa qta lihat dmana Pak/?? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akan ada email pemberitahuan dari freelancer.com.
      Juga kalau Anda login dan membuka situs tsb, bisa melihat di bagian atas pada ikon bendera, di situ akan ada angka 1 warna merah yg bila diklik Anda bisa baca bahwa employer ...<username... membuat tanda jadi sebesar $...

      Delete
  12. salam mas, saya baru mau mulai di dunia freelancer.co.id.
    dan ada beberapa pertayaan tentang role and play di website ini.

    untuk masalah keuangan, lebih aman mana menggunakan "skrill" atau "paypal"?
    mengingat saya tidak ada Credit card utk verifikasi paypal.

    lalu kmaren saya tanya ke CS nya freelancer, kalau mau punya freelancer debit card harus menghubungi payoneer. bagaimana mas kira-kira?
    apa yang mungkin saya urus untuk bisa transfer dan withdrawl dana saya nantinya?

    best regards,
    fitroh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih... udah mau narik uang nih? apakah sudah pernah dapat proyek dan saldo akun Freelancer.com nya sudah pecah $0 nya?

      Karena seingat saya dulu, jauh lebih mudah narik uang hasil kerja kita dibandingkan dapat proyek dan dapat Dollar dari hasil proyek tersebut :)
      Saldo saya sekitar $500, baru cari tahu narik uangnya gimana, tapi tenang "The Money will find a way to us somehow" hehehe...

      Freelancer debit card adalah memang sebenarnya kartu Payoneer yg bekerja sama dengan Freelancer.com, jadi pendaftaran akan diarahkan ke situsnya Payoneer. Khan tinggal dibikin saja akun payoneernya lalu akun tsb dikoneksikan ke akun Freelancer.com kita saja tho?

      Skrill lebih tepat digunakan bagi mereka yg tidak punya kartu kredit.
      PayPal lebih tepat utk mereka yg punya kartu kredit.

      Delete
  13. terima kasih banyak atas jawabanya. . . hehehe.
    belum dapet proyek mas, lha wong saya baru 1 minggu kok mendalami website ini. (pingin caari pendapatan lain lbh tepatnya,hehe)

    ohh berarti lebih baik dapat proyek dulu ya, baru mikirin cara narik uangnya? :D

    regards,
    fitroh

    ReplyDelete
  14. pak daniel saya mau bertanya,saya telah mendapatkan $300 di freelancer.com
    bagaimana saya mau mengambil uangnya untuk masuk ke rekening bank saya,terimakasih sebelumnya,mohon bantuan jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini baru keren! Sip dan Selamat atas penghasilannya bekerja online!
      Apakah sudah baca artikel saya ttg Metode Penarikkan?
      Scroll down langsung ke Metode Penarikan!?

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/11/metode-pembayaran-vs-metode-penarikan.html

      Basically, bisa beberapa cara tinggal pilih mana yang paling mudah tergantung Anda sendiri.
      Kalau masih bingung silakan tanya lagi, ATAU silakan tuliskan namanya yg didaftarkan di IFA di sini, nanti akan saya cari contact detail/email Anda di database IFA.

      Cheers,
      Daniel

      Delete
  15. Pak,mau tanya saya baru-baru ini mendaftar di freelancer.com,tetapi saya tidak mengkonfirmasi email dan mengisi paypalnya..setelah saya pikir-pikir, saya tidak tertarik karena sangat membingungkan..dan saya jarang membuka profilnya..email saya juga saya hapus..yang saya mau tanyakan adalah
    1.apakah nantinya saya akan membayar juga jika saya tidak melakukan apapun??
    2.bpak,tau tidak cara menghapus akun freelancer??

    terima ksih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Memang ada biaya utk akun yang tidak aktif dalam setahun, tp kalau tidak verifikasi metode pembayaran apapun, freelancer.com tidak akan bisa menagih ke manapun juga. However, sebaiknya ditutup saja akunnya.

      2. Caranya menutup adalah mengirim email ke support@freelancer.com minta supaya ditutup akunnya.

      Delete
  16. saya sudah mengirim email kesupport@freelancer.com tapi tidak ada balasan ..lalu saya memutuskan untuk menutup email saya daripada banyak spam dari freelancer...dan untungnya saya juga tidak pernah mengisi paypal ataupun metode pembayaran di akun freelancer saya..bahkan saya tidak mengisi formulir apapun di akun saya...bagaimana kalo saya biarkan akun freelancer saya tanpa ditutup akunnya......apakah akan dikenai biaya kelak...terima kasih bapak

    ReplyDelete
  17. Saya bingung untuk memulainya.. padahal saya sangat tertarik..yg sy tanyakan bgmn lamaran kita diterima apakah ada email masuk? Kemudian apakah ada surat perjanjian yg diisi? Mohon bantuannya pak

    ReplyDelete
  18. Halo Pak saya mau tanya, kebetulan saya udah dua kali menang kontes, kontes pertama yang saya menangin waktu itu kayanya lebih mudah dari yg kedua, saya tinggal pergi ke serahterima upload file langsung dapat hadiah. Tapi di kontes kedua yg baru saya menangin ini lama banget dapet hadiah nya pak, padahal saya udah upload file yg menang . Pertanyaannya apa hadiah itu bakal tetep kesaya? Ini kontes bergaransi.pernah sempat chat sama penyelenggara kontesnya tapi sekarang dia ngilangin . Mohon pencerahannya pak 😊

    ReplyDelete
  19. Halo Pak, saa ikut freelancer dan dinyatakan sebagai pemenang dan saya sudah serahkan file hasil kerja saya ke Pemberi kerja dan tanggapannya puas, lalu kapan saya mendapatkan hadiah uangnya. terhitung dari file yang sudah dikirim dan tanggapannya puas. terima kasih

    ReplyDelete
  20. Halo pak. Saya dapat dm dari pemberi kerja dan minta saya untuk deposit sejumlah pounds di skrill umtuk memdapatkan pelerjàan. Bagaimana itu pak. Apakah aman? Terima kasih

    ReplyDelete
  21. Hallo pak Daniel...
    saya baru mendaftar sebagai anggota Frelancer,
    akun email sudah di verifikasi
    apakah harus verifikasi pembayaran paypal baru dapat proyek ?

    ReplyDelete
  22. lha... koq nama yang tertera disini angkasaribu ya... ? tambah nggak ngerti

    ReplyDelete
  23. Pak Daniel sudah tidak sempat menengok blognya sepertinya ya..

    salam
    @GanjarP

    ReplyDelete