Metode Pembayaran vs Metode Penarikan di Freelancer.co.id

Banyak sekali pertanyaan tentang hal ini dan selalu berulang-ulang oleh para Newbie di Freelancer.co.id. Hal ini nampaknya membuat bingung dan menimbulkan kesalahpahaman.
Oleh karena itu saya pikir perlu mempostingkan tentang hal ini lagi sebagai postingan catatan terpisah secara khusus di sini.

Metode Pembayaran

Yang dimaksud Metode Pembayaran dalam konteks ini adalah BUKAN CARA kita dibayar oleh Freelancer.co.id melainkan sebaliknya CARA bagi para pengguna situs untuk melakukan pembayaran (Tarif & Biaya) kepada pihak Freelancer.co.id untuk hal-hal berikut ini:

  1. Membayar biaya keanggotaan untuk keanggotaan yang BERBAYAR (yaitu: Keanggotaan Dasar, Plus, Standard, dan Premium). Besarnya biaya ini tergantung dari pilihan kita.
  2. Membayar biaya proyek baik kita sebagai freelancer maupun sebagai employer. Sebagai seorang freelancer kita membayar biaya ini apabila kita menerima/accept suatu proyek yang telah kita ajukan penawarannya (bid) dan si employer telah memberikan (award) proyek tersebut kepada kita. Begitu juga sebagai seorang Employer akan dikenakan biaya ini ketika freelancer yang dipilih menerima proyek yang diberikan kepadanya.
  3. Membeli fitur Sponsor Bid: fitur ini adalah untuk menaikkan posisi penawaran kita melejit ke posisi puncak pada daftar bidding yang panjang mengalahkan para freelancer lain bahkan yang punya reputasi terbanyak. Penawar lain juga bisa melakukan ini (maksimum 10 orang), dimana penawar yang membayar lebih tinggi tentunya memperoleh posisi yang lebih tinggi juga. 
  4. Membeli fitur Sorotan Bid: fitur ini untuk menyoroti (highlight) mewarnai penawaran kita dengan warna lain yang membedakan dengan penawaran orang lain.
  5. Membeli Ujian Sertifikasi: setiap lulus ujian tertentu, kita akan menerima lencana (badge) yang akan ditampilkan pada penawaran kita pada sebuah proyek, yang membuat para employer yakin akan keahlian kita. Note: kalau belum lulus, dan ingin mengulang, maka perlu bayar lagi.
  6. Membayar Biaya Arbitrasi: Jika terjadi kesalahpahaman antara employer dan freelancer dan akhirnya proyek/kontes tersebut dipersengketakan (dispute), maka jika ini diteruskan/diekskalasi ke proses arbitrasi, maka kedua belah pihak perlu membayar biaya arbitrasi. Pemenang kasus/persengketaan akan memperoleh kembali biaya ini kembali ke saldonya.
  7. Membeli/membayar biaya peningkatan ataupun pembuatan proyek/kontes yang mempunyai fitur tertentu:
  • Sorotan (Featured): dimana proyek/kontes yang kita buat bisa ditampilkan di home page agar para calon freelancer di seluruh dunia bisa lekas melihat proyek/kontes Anda dan mulai menawarkan jasa mereka kepada data ataupun mulai menyerahkan entri mereka dalam kontes Anda.
  • Mendesak (Urgent): proyek/kontes akan ditandai pita "Mendesak" atau "Urgent" di pojok kanan atas halaman proyek/kontes-nya. Membuat para calon freelancer mengetahui bahwa ini memerlukan kecepatan dan biasanya di sini para employer seringkali tidak mempermasalahkan harga sekalipun itu penawaran harga yang tinggi.
  • Privat: proyek/kontes ini disembunyikan dari mesin pencari umum di internet, sehingga orang di seluruh dunia tidak bisa menemukan proyek/kontes yang Anda buat di sini kecuali mereka login ke dalam situs.
  • Perjanjian Kerahasiaan (PK): dalam bahasa inggris NDA (Non Disclosure Agreement) yaitu proyek/kontes yang mensyaratkan bagi para freelancer untuk tetap menjaga kerahasiaan data/informasi/file/diskusi yang dipertukarkan selama proyek/kontes berlangsung. Ini harus ditandatangani dulu secara digital oleh para freelancer sebelum mereka bisa memasukkan penawaran mereka.
  • Bersegel (Sealed): proyek/kontes ini disegel sehingga para penawar/calon freelancer tidak bisa melihat penawaran yang diajukan oleh penawar lainnya dalam suatu proyek/kontes. Harga yang ditawarkan biasanya akan lebih fair sesuai permintaan penawarnya (tidak bisa main banting harga, ataupun menurunkan harga jika melihat yang lain ada yang lebih rendah).
  • Prioritas: dengan mencentang pilihan ini, maka proyek/kontes Anda tidak perlu lagi melewati antrian pemeriksaan oleh para staf Freelancer.co.id / .com, jadi langsung dipublikasikan secara online dan lebih cepat menerima penawaran dari para freelancer.
  • Bergaransi (Guaranteed): ini khusus untuk Kontes, dimana kontes ini dijamin akan diberikan kepada pemenang kontes pada saat berakhirnya. Kalaupun si employer (penyelenggara kontes) tidak memilih pemenang, maka 14 hari setelah berakhirnya kontes ini, hadiah akan tetap dibagikan kepada para freelancer dengan rating yang teratas.
  • Masih ada fitur-fitur lainnya, tetapi saya rasa yang di atas ini yang paling penting untuk diketahui.

Metode Penarikan

Yang dimaksud di sini adalah CARA kita menarik uang kita yang ada di saldo akun Freelancer.co.id / Freelancer.com dengan 5 pilihan cara sebagaimana dijelaskan dalam screenshot di bawah ini:


Pada dasarnya, penarikan dana yang pertama kali memerlukan waktu sampai 15 HARI KERJA, ini adalah untuk proses keamanan dimana Freelancer.co.id harus meyakinkan betul-betul bahwa akun/rekening tujuan penarikan adalah milik Anda baik itu akun PayPal, Skrill, Kartu Debit Freelancer ataupun rekening pribadi Anda. Note: Penarikan Ekspress belum bisa di Indonesia.

Jadi, dalam memperoleh uang sebagai penghasilan kita di Freelancer.co.id dari hasil menyelesaikan proyekproyek ataupun kontes-kontes, uang tersebut tidak akan langsung masuk ke rekening bank pribadi kita secara langsung (paling tidak sampai saat ini: 1 Nov 2013). Uang hasil kerja kita akan masuk ke saldo akun Freelancer kita untuk kemudian ditarik keluar lagi ke akun/rekening dimana kita bisa memperoleh uangnya. Contoh: akun Freelancer.co.id tarik ke akun PayPal/Skrill, lalu tarik ke BCA.

Kalau saya pribadi paling mudah adalah menggunakan PayPal (dengan catatan harus punya Kartu Kredit utk verifikasi metode pembayaran PayPal). PayPal berlaku sebagai tempat di internet secara ONLINE menampung dan mentransaksikan uang kita secara virtual. Melakukan pembayaran atau menerima uang secara Online di Internet. Untuk itu PayPal pun memerlukan verifikasi cara/metode pembayaran kita sebagai pengguna akun PayPal dalam melakukan pembayaran.
Tapi terus terang sampai saat ini, saya belum pernah menggunakan PayPal saya untuk melakukan pembayaran/pembelian online. Logikanya dalam melakukan pembayaran, apabila saldo kita di PayPal $0, maka PayPal akan menagihkan secara otomatis ke rekening kartu kredit Anda. Kalau tidak terverifikasi Kartu Kredit, maka tidak bisa ditransaksikan. Tapi sekali lagi saya TIDAK menggunakan ini utk tujuan pembayaran/pembelian.

Mudah2an ini akan menjawab pertanyaan2 seperti:
  1. Kenapa saya tidak bisa memverifikasi Metode Pembayaran di Freelancer.co.id, padahal sudah punya akun PayPal?
  2. Apakah untuk menjadi Freelancer di situs ini harus punya kartu kredit?
  3. Apakah verifikasi pembayaran PayPal ataupun Freelancer.co.id bisa menggunakan Kartu Debit/ATM.
Perlu diketahui bahwa dalam melakukan verifikasi, Freelancer.co.id melakukan TES PENARIKAN sejumlah UANG dari akun PAYPAL kita untuk dimasukkan KE dalam saldo akun FREELANCER.CO.ID kita (prinsipnya ini hanya pindah tempat).... nah... dalam hal akun PayPal yang saldonya $0, maka PayPal akan menagihkan ke Kartu Kredit Anda, tapi akan GAGAL tentunya kalau belum terverifikasi.

Bagi yang tidak ingin menggunakan PayPal ataupun kartu kredit, bisa menggunakan SKRILL dimana akun skrill tersebut bisa diisi dengan cara mentransfer uang kita ke dalam akun tersebut melalui bank lokal di Indonesia (co: BCA, Mandiri, mohon tanyakan sendiri ke bank yang bersangkutan)
Tentang akun SKRILL bisa baca di sini.

Kartu Debit jelas TIDAK BISA digunakan karena rekening tabungan tidak mengijinkan penarikan/penagihan secara online. Sedangkan kartu kredit bisa dengan model penagihan belakangan di lembar tagihan.

Semoga ini bisa membantu para freelancer di Indonesia khususnya yang baru mulai untuk bisa lebih jelas lagi dalam berfreelancing di situs ini.
Mohon maaf sebelumnya kalau ada kata-kata saya yang salah ataupun menyinggung karena saya yakin tidak ada maksud untuk itu.

Salam,
Daniel G. Pratidya
2013.11.01_11.19