Penarikan Ekspres ke rekening bank US via Payoneer

dari Upwork



Halo para freelancer di Indonesia, tahukah Anda, bahwa kita bisa menarik uang hasil kerja kita dari marketplace freelancing dengan menggunakan fitur Penarikan Ekspres/ Direct to US Bank (USD) langsung ke rekening bank? Tanpa biaya dan tanpa kartu kredit.

Seperti tertulis pada keterangannya, metode penarikan ini hanya tersedia untuk negara-negara tertentu dan pastinya belum tersedia untuk Indonesia, TAPI...  pada artikel ini Anda akan dijelaskan bagaimana kita di Indonesia bisa menggunakan metode penarikan ini.

Langsung saja, jadi syaratnya adalah kita harus punya rekening bank di USA (Amerika Serikat), hmm... bagaimana caranya? Apakah kita perlu pergi ke sana dan membuka rekening di salah satu bank di sana? Tidak perlu! Yang harus kita lakukan adalah cukup membuka akun Payoneer, masih banyak yang belum tahu bahwa setiap akun payoneer otomatis terasosiasi dengan sebuah rekening bank di USA (untuk mata uang USD). Hal menariknya adalah bahwa metode penarikan ini tanpa biaya dan tidak perlu menggunakan kartu kredit untuk melakukan verifikasi.

Sebelum kita lebih lanjut membahas dengan contoh 2 situs freelancing (Upwork dan Freelancer) yang diberikan di bawah, perlu diketahui bahwa istilah "menarik uang" di Upwork adalah "Payment" yang maksudnya adalah pembayaran yang dilakukan Upwork kepada freelancer yang melakukan penarikan, sedangkan di Freelancer istilahnya adalah "Penarikan" yang maksudnya adalah menarik saldo kita di situs tersebut sebagai hasil mengerjakan proyek-proyek. Pada prinsipnya ini adalah sama yaitu dalam istilah bahasa Inggris adalah "Withdrawal".

Baik, hal pertama yang harus kita miliki adalah akun payoneer. Jika Anda belum punya, silakan klik di sini. Setelah itu, login ke akun payoneer Anda dan klik di bagian menu Terima > Global Payment Service lalu klik mata uang USD seperti ditunjukkan screenshot di bawah ini:


Di halaman inilah semua informasi yang kita perlukan tentang rekening bank kita di USA ditampilkan. Nama bank, nomor routing, nomor rekening, dan nama rekening kita. Selanjutnya adalah tinggal melakukan penarikan dari marketplace freelancing yang kita gunakan.

Contoh pertama adalah di Freelancer.com

Buka halaman penarikan dengan hover mouse di atas angka saldo kita di pojok kanan atas, klik tautan "Tarik Dana" di jendela menu yang terbuka (lihat screenshot di bawah).


Setelah halaman terbuka, klik di pilihan penarikan paling atas "Penarikan Ekspres".
Selanjutnya halaman seperti di bawah ini akan terbuka dimana Anda bisa memasukkan jumlah penarikan dan informasi tentang rekening bank USA (dari akun payoneer kita).


Di sini kita harus mengetikan Bank Name, Routing Number dan Bank City/State secara manual, jadi pastikan tidak ada kesalahan ketik! Contoh:
  • Bank Name: First Century Bank
  • Routing Number: 061120084
  • Bank City/State: Commerce, GA 30529
Nama bank, routing number dan Bank City/State-nya bisa berbeda! Menurut customer service payoneer, untuk mata uang USD, payoneer bekerja sama dengan tiga bank US berikut ini:

  1. Bank of America - City/State is: Henrico, VA 94520
  2. First Century Bank - City/State is: Commerce, GA 30529
  3. CFSB - City/State is: New York, NY 10019.

Langkah berikutnya adalah memasukkan nomor rekening bank US kita lalu pilih Account Type dari menu dropdown, pilih CHECKING. Isian Negara adalah United State.

Setelah itu masukkan nama rekening kita seperti yang didaftarkan dalam akun payoneer. Sebaiknya pastikan nama, serta alamat benar-benar sesuai dengan telah kita daftarkan dalam akun payoneer. Isian Negara adalah Indonesia. Terakhir tinggal klik tombol "Tarik Dana", selesai!


Contoh kedua adalah di Upwork.com

Sebelum kita mengisikan informasi rekening bank US, maka kita perlu menambahkan metode Direct Payment di bagian Settings > Get Paid.

Klik "Add Method"

Klik Direct to U.S. Bank (USD)
Lalu isikan informasi rekening bank US (dari payoneer) seperti ditunjukkan screenshot di bawah ini:


Penting! Bahwa nama rekening (Account Holder) harus sama dengan nama yang tertera pada akun payoneer dengan nama yang tertera pada akun Upwork kita. Jika tidak sama, Anda harus mengubahnya sehingga menjadi sama.

Verifikasi Rekening Bank US

Setelah penarikan berhasil dilakukan maka akan ada email pemberitahuan yang masuk tentang penarikan ini. Kemudian dana akan masuk ke rekening akun USD payoneer kita dengan segera (untuk pertama kali perlu waktu beberapa jam). Perlu diketahui bahwa setelah dana pertama kali kita terima di akun payoneer, maka ada email pemberitahuan bahwa untuk penarikan selanjutnya kita perlu melakukan verifikasi rekening bank US milik kita. Dalam email tersebut payoneer memberikan tautan untuk mengisi formulir dan juga mengunggah scan dokumen yang diperlukan seperti di bawah ini:

Isi sesuai marketplace yang kita gunakan (dalam bahasa Inggris)
Unggah dokumen sesuai dengan yang kita pilih

Namun tanpa menunggu peninjauan verifikasi ini, sebenarnya kita sudah bisa melakukan penarikan pertama dari akun payoneer kita yang sudah terisi.

Menarik saldo USD dari payoneer ke rekening bank Indonesia.

Jika Anda belum mendaftarkan rekening bank Anda di Indonesia di akun payoneer, maka Anda harus melakukannya dengan memilih menu Pengaturan > Rekening Bank. Ini mudah, pendaftaran dan peninjauannya perlu waktu beberapa hari kerja sampai disetujui.

Jika sudah mendaftarkan rekening bank di Indonesia, kita tinggal melakukan penarikan saldo payoneer ke rekening tersebut (akan tertera kurs aktif dari dollar-USD ke rupiah-IDR) seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

Withdrawal dari Payoneer ke BCA
Waktu dari penarikan saldo payoneer sampai ke rekening bank kita dalam rupiah tetap memerlukan waktu 2-3 hari kerja, tidak instan/langsung.

Untuk marketplace lain akan serupa seperti ini hanya interface-nya dan kebijakannya berbeda-beda.
Selamat mencoba dan semoga berguna!

30 comments:

  1. halo, mau tanya nih. rekening bank yang didaftarkan keakun payoneer apakah harus kredit atau bisa debit juga? terus, apakah payoneer tidak menarik biaya sama sekali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekening bank yg didaftarkan adl rekening tabungan (sbg tujuan penarikan saldo payoneer kita). Jd bukan rekening kartu kredit.
      Biayanya implisit, karena sdh include dalam nilai tukar (kurs) yg berlaku di payoneer.

      Delete
  2. Pak Daniel, mohon info. 2 minggu lalu saya mencoba menarik Rp 400rb via Penarikan Ekspress yg katanya sudah bisa di Indonesia, namun gagal dan dicancel dengan alasan "it shows that it was cancelled by our relevant team. We advise that you contact your payment source to confirm the bank details." Saya sudah telpon bank lokal tempat pengiriman dana saya namun mereka tidak menerima pending-an transaksi apapun. Masalahnya 400rb yg akan saya tarik tidak kembali ke akun freelancer saya. Kenapa ya? Padahal data yang saya masukkan benar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah samaaaa mba. Saya juga gitu selalu ka cancel dibilang data nya nggak valid. Padahal saya sudah tanya ke bank BCA langsung dan sudah benar datanya. Kalo sy uangnya masih kembali ke akun..

      Delete
    2. gimana kabarnya itu dana? apa sudah kembali?

      Delete
  3. 3 minggu lalu saya sudah melakukan penarikan express langsung ke bank lokal, karna katanya di indonesia sudah bisa, kemudian keterangan saya dapat di akun freelancer saya memgatakan bahwa penarikan tersebut sdh terverifikasi dari hari kmrin tpi uangnya sampai skarang uang blum masuk ke rekening saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama e mas, punya saya jg belum masuk e. Gimana ya? Nariknya cukup banyak lagi :(

      Delete
    2. Gimana mas sekarang udh masuk belum? saya juga udh nyoba penarikan express udh 2 minggu smpe sekarang blum masuk. Tolong dibalas

      Delete
    3. saya juga blm masuk...udah masuk mgg ke 4..apa gara2 tidak memakai payoner?

      Delete
    4. saya juga sama, minggu kemaren,,, apa udah ada yang selesai permasalahan nya? tolong dibls

      Delete
    5. gmn lahia ? apa sudah cair ? saya sampai sekarang jg belum.

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. saya udah withdraw saldo freelancer ke payoneer. Kira2 btuh brpa hari ya smpe ke akun payoneer? thx :)

    ReplyDelete
  5. Maaf Pak Routing Number untuk Bank BCA berapa yah ?

    ReplyDelete
  6. Kayaknya akhir tahun 2019-awal 2020 banyak yg bermasalah ya selama proses penarikan langsung (direct withdraw)di Indo. Saya kemarin juga penarikan langsung ke bank tapi sampai sekarang belum cair, padahal biasanya cmn butuh 2-3 jam. Apa ada yg sudah selesai masalahnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. permisi om mau tanya.. dulu waktu om cairin uang setelah uang masuk ke rekening bank lokal statusnya apa om ? apa tetep Verified om ?

      Delete
    2. Bang kalo statusnya Verified biassanya suka cair langsung ga ?

      Delete
  7. Saya juga mengalami masalah yang sma, status di akun freelancernya sudah verfikasi, tapi belum masuk ke rekening bank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah cek di status penarikan tertunda di Freelancernya?

      Delete
    2. Punya saya juga sama. awalnya sudah verfikasi, lalu berubah jaadi tunda.

      Delete
  8. pak apakah ada biaya penarikan dari payoner ke rek bank indo?

    ReplyDelete
  9. Hallo Pak Daniel, mw tanya, utk penarikan ekspres di Freelancer.com kenapa harus lewat dulu Payoneer ya Pak, saya kira bisa langsung ke Bank Lokal (BNI, BCA, BRI, dll)?

    ReplyDelete
  10. Dengan masalah yang sama seperti komen temen" di atas, kalau saya sudah melakukan penarikan expres ke bank BCA. Nah status di dashboard penarikan sudah verify trus dana belum masuk ke rekening. Udah nyoba hubungi cs freelancer belum ada respon. Waduh gmn ini ya, apa perlu ditanyakan ke kantor cabang BCA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mai tanya.. Gimana udah bisa penarikannya? Kasusnya sama nihh BCA juga

      Delete
  11. Hallo Pak Daniel, mw tanya, utk penarikan ekspres di Freelancer.com itu sebenernya sudah berlaku gak yaa? Saya sedang mencoba penarikannya tapi kok masih terverifikasi terus padahal di status pemrosesannya sesuai hari ini.. Mogon. Masukannya pak trimakasih :)

    ReplyDelete
  12. Kalau withdrawal Express langsung ke bank lokal seperti BRI? Bisa nggak ya bang? Pada kolom alamat baris 1, alamat siapa ya? Alamat bank atau alamat pemegang buku rekening? Trima kasih.

    ReplyDelete
  13. mas, kalo kita salah masukin no rek di withdrawal, sementara no rek yg salah kita masukin itu belum ada pemilik nya. tapi saldo di akun freelancer nya hilang.. :(

    ReplyDelete
  14. Kayaknya banyak yg pada bermasalah dengan express withdrawal ya.. saya juga kemaren baru narik.. sudah verified sesuai jadwal, tapi trus jadi pending, trus abis itu ilang.. no pending request.. tapi sampe hari ini blm masuk ke rekening.. baru beberapa hari sih.. yg pada bermasalah kemaren2 apakah sudah pada beres? Kalo beres mohon pencerahannya dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas, sama kyk permasalahannya mas, punya mas udh masuk ke rekeningnya?

      Saya udah wd pake express withdrawal tanggal 30 juli 2021 riwayatnya sdh "money credited to your bank account", tapi blum masuk ke rekening. emang blum berhari-hari sih tapi emang gitu ya harus nunggu lagi? Mohon pencerahannya mas..

      Delete