Mengungkap Kehidupan di dalam ‘Gig Economy’ (Ekonomi Freelancing)

Freelancer Jakarta Meetup, 1 Oktober 2016 at Kolega - Jakarta

Tren terhadap “gig” atau “shared economy” telah dimulai dan hal ini ditandai dengan posisi temporer serta kontrak-kontrak on-demand dengan para pekerja independen. Ini termasuk bisnis seperti Uber, Airbnb, dan Freelancer.com. Ekonomi ‘GIG’ telah merubah konsep bekerja secara dramatis yang menghasilkan arus penghasilan baru yang lebih fleksibel. Seperti apakah kehidupan di dalam ekonomi ‘GIG’?

Sudah sejak lama istilah freelancer atau pekerja bebas kita kenal, namun kali ini pendekatannya adalah bagaimana para freelancer menjangkau para pelanggannya yang potensial bahkan dari seluruh penjuru dunia. Dalam acara meetup (baca: kopdar) freelancer yang diselenggarakan oleh Freelancer.com bekerjasama dengan Indonesia Freelancers Association, Sekolah Koding dan Kolega co-working space di Jakarta, Sabtu 1 Oktober 2016 dihadirkan pembicara-pembicara praktisi di bidang freelancing, antara lain: saya sendiri, Daniel G. Pratidya (Cikarang), Galih Aditya Prameswara (Indramayu) dan Dian Achong (Bandung) serta pendiri website sekolahkoding.com, Hilman Ramadhan (Makasar). Acara ini dimoderatori langsung oleh Country Manager Freelancer.com untuk Indonesia, Malaysia, India, Pakistan & Bangladesh, ibu Helma Kusuma.

Tanya jawab mengenai freelancing genjar ditanyakan oleh para peserta kepada para pembicara menandakan para peserta sangat antusias dengan potensi memperoleh penghasilan melalui ber-freelancing ini. Semua pengalaman dan kisah sukses serta tips and trick bisa didengarkan langsung dari pembicara. Sangat beruntung mereka yang hadir di acara tersebut karena para pembicara secara gamblang menceritakan pengalamannya dan awal kesuksesannya sehingga mencapai prestasi puncak yang bahkan terus berkembang dari hari-hari.


Untuk yang mengajukan pertanyaan diberikan hadiah berupa suvernir dari Freelancer.com dan stiker dari Sekolah Koding, dan ada juga 2 buku "Jadi Freelancer Kaya" karangan saya sendiri yang dipersembahkan oleh Freelancer.com. Seru sekali diskusinya!

Nah... untuk temen-temen yang serius mau jadi freelancer online dan tertarik dalam bidang web programming, langsung aja register ke www.sekolahkoding.com. Disitu ada banyak video tutorial BERBAHASA INDONESIA dan GRATIS untuk cara belajar koding bahkan dari tingkat pemula sekalipun dan... TANPA IKLAN!!! Di website tersebut juga ada forumnya dimana temen-temen juga bisa berinteraksi tanya-jawab dan berdiskusi dengan temen-temen yang lain dari seluruh Indonesia. Ada yang sudah bisa buat website sendiri dalam waktu 3-4 bulan, ada yang pamer website buatan sendiri, ada yang posting artikel untuk berbagi ilmu dan masih banyak lagi. Ini website komunitasnya top banget deh!

Mudah-mudahan di acara-acara berikutnya akan lebih banyak lagi teman-teman yang tertarik untuk ikut terjun ke dunia freelancing online mendapatkan penghasilan mata uang asing dari para pelanggan di luar negeri yang otomatis akan berkontribusi langsung pada nilai tukar rupiah kita tercinta.

Sampai ketemu lagi di acara berikutnya.