Freelancer! Bahayanya memberikan kontak pribadi, Online.

Semoga dengan sharing ini teman-teman bisa mengenali salah satu modus penipuan tingkat tinggi oleh seorang oknum employer berikut ini. Ini adalah berdasarkan kesaksian dari salah satu teman seorang freelancer online asal Surabaya, mas Achmad Muhajir yang mengalami langsung kejadiannya, terima kasih atas sharingnya mas :)

Teknologi dunia maya sekarang betul-betul canggih, sedemikian rupa metode-metode pengamanan jaringan diperketat oleh situs-situs web besar di seluruh dunia. Sistem keamanan berlapis-lapis diterapkan demi menjaga keamanan data maupun informasi apalagi uang dalam bentuk elektronik. Seperti diketahui secara umum bahwa sekarang kita mulai mengurangi penggunaan uang secara fisik dan menggunakan uang hanya dalam bentuk angka digital dan memindahkannya dari satu rekening ke rekening yang lain sebagai pembayaran tagihan, pemindahbukuan, penukaran mata uang, pembelian barang/pulsa dll.
Penggunaan kartu kredit secara online tidak perlu menggunakan tanda tangan pemegang kartu maupun menggunakan kartunya secara fisik, melainkan hanya mendaftarkan verifikasi data pribadi secara online dengan cara mengirimkan kembali atau menginput kode yang dikirimkan ke nomor HP kita yang terdaftar secara resmi maupun kode yang dicetakkan dalam lembar tagihan kartu kredit kita.
Inilah yang disebut sistem keamanan berlapis secara digital, menggantikan tanda tangan fisik, tidak perlu lagi verifikasi via perekaman pembicaraan via telpon (menanyakan nama gadis ibu kandung, tanggal lahir, nama lengkap dsb), tidak perlu lagi datang ke ATM ataupun kantor cabang.

Tapi.... namanya maling tetap saja bisa cari jalan dan kelemahan suatu sistem keamanan jaringan, heran ya?
Positif thinking-nya adalah suatu sistem akan menjadi lebih aman dan solid dengan adanya pelajaran dari kejadian-kejadian 'maling' seperti ini.

Sebagai contoh, bila Anda bisa menembus sistem keamanan Microsoft bukannya dihukum tapi malah mereka sekarang bersedia memberi penghargaan kepada para hacker tersebut sampai $200,000, gak percaya? silakan baca di sini. Kenapa? karena di sini Microsoft sangat berterima kasih kepada si hacker karena sistem keamanannya bisa diketahui kelemahannya dan bisa diambil tindakan follow up untuk menutupi kekurangannya, bahkan mereka bersedia mempekerjakan hacker tersebut untuk membuat sistem pertahanan yang baru yang lebih baik.

Nah, kembali ke kejadian teman kita Achmad, seorang programmer freelance berbakat dalam bidang web design, web scrapper, web application, pokonya serba bisa asal kota berlambang Suro dan Boyo ini adalah si employernya (yg ngakunya employer) memberikan sebuah deskripsi pekerjaan yang betul-betul menantang dan bagi teman kita ini, bukan merupakan hal sulit untuk dikerjakan, apalagi bayaran yang dijanjikan besar lagi.....hmmm benar-benar menggiurkan.
Tanpa panjang lebar dia terima tantangan ini, meskipun baru tahap diskusi dan interview via message system.

Karena harus mendemonstrasikan kemahiran, teman kita ini dengan bangga mempersembahkan karya tangan dan pemikirannya yang genius dengan cepat dalam bentuk demo/sample dan si oknum employernya pun terkesima oleh kehandalan Mr. Achmad ini (ceritanya nih).
Oknum employer ini memuji demo yang dipersembahkan dan mengatakan ingin men-test lebih jauh sedikitttttt lagi aja. Dan dia pun meminta nomor HP Achmad dengan alasan pengetesan di situs web tersebut. Tidak hanya sampai di situ, karena kemudian dari HP Achmad terdengar lagu Gambang Suling (red: ilustrasi) yang menandakan ada SMS masuk, yang waktu dibuka adalah berisi sebuah KODE verifikasi. Dengan santainya oknum employer ini kemudian meminta Achmad untuk memberitahukan kode tersebut dengan alasan pengetesan situs web yang sedang dikembangkan tersebut. Lalu ditunggu-tunggu lama tidak membalas lagi.....akhirnya, si employer somehow beralasan pamit karena harus ngurus hal lain dan dia pun minggat offline.

Sungguh gak kepikiran karena banyak proyek yang harus dikerjakan Mr. Achmad teman kita ini dan karena Achmad memang selalu berpikiran Positive terhadap orang (alias tidak pernah su'udzon), baru setelah beberapa saat waktu dia perlu kembali login untuk membuat Bidding baru (hunting proyek lagi).

Anehnya.... 

Dia tidak bisa login...nah lo??? lha piye iki? apa PCnya error, apa browser error atau Web sitenya yg error atau orangnya yang error nih?
Dengan mengerahkan seluruh keahliannya kepada komputernya, Achmad pun akhirnya berhasil mengembalikan kendali akun pribadinya ke dalam pelukannya :)
Tapi setelah akunnya terbuka, KAGET dia, HAH??? APAA??? KOK BEGINI??? KOK BEGITU???
Bukan karena ada gambar aneh-aneh, bukan juga ada error, semuanya baik-baik saja, hanya saja saldo akun dia menjadi $0. waduhhhh.....biyung....biyung....

Panik! dia pun menghubungi pihak-pihak terkait (termasuk saya, sayang saya lagi liburan di Kuningan menikmati udara gunung Ciremai hehehe, sorry ya Mas Achmad). Tapi, dengan keterangan dan bukti-bukti yang lengkap, akurat, dan terpercaya akhirnya dia bisa mengadukan masalah ini ke support desk dan mendapatkan tanggapan cepat dan sangat positif yang akhirnya dia bisa mendapatkan kembali saldonya yang hilang (malingnya ketangkep atas keterangan mas Achmad). Tepuk tangan, HEBAT, hebat euy!
Bukan hanya itu, Achmad pun mendapat pelajaran berharga dari sini (tapi gak dapet Reward $200 ribu sih) dan dia berjanji pada dirinya sendiri dengan teguh bahwa dia akan lebih berhati-hati lain kali dan semoga teman-teman yang membaca ini pun bisa mengambil pelajaran dari pengalaman berharga teman kita mas Achmad ini.

Bagaimana si oknum employer ini melakukannya tidak akan saya sharing di sini dengan alasan bahaya untuk ditiru orang, lebih penting untuk diperhatikan adalah JANGAN MEMBERIKAN SEMBARANGAN CONTACT DETAIL ANDA apalagi kepada orang yang belum Anda kenal, belum pernah ketemu, bahkan tidak tahu apakah itu orang atau bukan (maksudnya program/bot otomatis).

TERIMA KASIH mas Achmad sekali lagi, matursuwon sanget, thank you very much for sharing.
Persembahan saya buat mas Achmad Muhajir, dan seluruh Freelancer Indonesia termasuk tentunya IFA member.

(catatan: ceritanya agak tak dramatisir sedikit biar yang baca gak bosen, bila ada yang membuat tidak berkenan saya sebelumnya mohon maaf, saya sama sekali tidak bermaksud menyinggung).

Salam,

13 comments:

  1. Sangat bermanfaat sharingnya mas, semoga kita semua lebih berhati-hati terhadap penipuan macam ini dan lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn mas Iwan.
      Selama kita terus saling berbagi informasi, mudah2an kita semua bisa terhindar.

      Delete
  2. Mas Daniel salam kenal sebelumnya, maaf OOT nih,
    Secara personal saya kagum sama usaha mas dalam menggapai kesuksesan jadi seorang frelance di Indonesia, apalagi mas gak pelit ilmu dan mau berbagi demi kemajuan anak2 bangsa.
    saya freelancer, tp sejauh ini masih di lokal mas, ada beberapa hal yang mau saya tanyakan,yakni :

    1. Apa sih tips terbaik bagi pemula yang mau coba masuk ke lingkungan freelance global / internasional ?, karena jujur saja jika main di lokal saya lebih sering hanya dapet project2 dengan nilai profit yang tidak begitu besar, apalagi saya biasanya hanya dapet dari tangan ke dua atau ke tiga, jd kadang tidak sebanding dengan project yang harus saya kerjakan.

    2. Menurut pengalaman mas, dengan pengalaman dunia freelance global dengan persaingan yg sengit, situs2 freelance mana aja yang sebaiknya saya coba dulu, demi menaikkan reputasi dan portofolio saya tentunya.

    3. Yang terakhir mas, kendala saya dgn bhs inggris yg pas-pasan gimana yah mensikapinya ? Apa itu jadi hal yg sangat penting mas ? atau saya masih bs mengakalinya ? klo iya gimana caranya...

    Mhon maaf jika pertanyaan saya kurang berkenan, tapi saya bener2 ingin belajar dari
    mas Daniel ini.
    Semoga tidak keberatan untuk dijawab.

    Sukses selalu mas ! salam kenal
    Hendra- Jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas Hendra,

      Kata Mr. Tukul sih: "Bukakan pintu rejeki orang lain, maka pintu rejekimu akan dibukakan" :)

      1. Sebenarnya Tips utk pemula sudah banyak sekali saya bagikan di postingan sebelumnya di blog saya ini (paling banyak di bagian tanya jawab).
      Saya juga mempresentasikan "10 bigest mistakes Freelancer made" dalam event pertama IFA: Indonesia Freelancer Association bulan Juli lalu di Jakarta.
      Silakan download Power Point Slide nya di sini:

      https://dl.dropboxusercontent.com/u/63939243/10%20Bigest%20Mistakes%20Freelancer%20made.pps

      2. Saya sdh mencoba beberapa situs Freelance, tp yang berhasil paling banyak order dan peluang adalah di Freelancer.co.id, tapi mungkin tergantung orangnya juga jodohnya dimana :) Bukan saya bilang ini yg paling bagus, tp kenyataannya Freelancer.com / .co.id adalah yang no.1 yg terbesar di dunia (di dlmnya sdh bergabung: Scriptwriter, vWorker, GetAFreelancer, dll) dengan 8jt pengguna di dalamnya, sangat banyak peluang pekerjaan/proyek di sana yg bisa kita dapatkan.... begitu reputasi sdh seperti saya, bahkan saya jarang sekali berburu proyek lagi, karena sekarang proyeknya yang cari saya :) tp ini kenyataan, saya over load proyek sampai hrs menolak dgn halus banyak employer saya.
      Bagusnya di sini, kadang-kadang hanya dengan menunjukkan sample pekerjaan, kita sdh bisa dipercaya utk mengerjakan proyek mereka. Karena ini sgt cepat dan mereka sgt sibuk di luar sana, tdk ada waktu... jd yg penting kita mengerti, bs mengerjakan sesuai harapan dan komitmen thd proyek tsb. Sering kali utk proyek2 sederhana/simple/cepat, mereka tdk peduli Anda lulusan mana, punya pengalaman kerja, ijasahnya apa, dll

      3. Selama bukan proyek yg berkaitan dgn Bahasa Inggris atau tidak disyaratkan di proyeknya atau disebutkan dalam deskripsi proyek, employer selalu maklum dgn catatan Anda benar2 mengerti apa yg mereka mau, krn kadang2 sdh sama2 bhs Inggris saja, msh ada salah paham :)
      Bhs Inggris bukan bahasa kita, jd mereka akan bantu utk mengerti selama kita bisa dan mau serta punya kemampuan utk membantu mereka dalam menyelesaikan tugas dari mereka.
      Pastikan Anda mengatakan "My English is actually not too very good, but I am sure I can manage to understand your requirements".
      Tips: utk mengerti kita bisa gunakan Google Translate, tp ini tidak bisa digunakan utk proyek terjemahan karena terlalu banyak yg salah dan tidak natural artinya, hanya saja kita yg membaca pasti paling tidak bisa mengerti hasil terjemahannya.

      Good Luck ya mas Hendra.
      Daniel

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. selamat sore pak daniel. dan salam kenal. saya masih pemula di freelancer.co.id
    saya sebenarnya ini punya banyak pertanyaan yg ingin saya tanyakan ke pak daniel ? apakah pak daniel punya e-mail yahoo gitu pak , atau sarana lain, biar proses tanya jawabnya bisa cepat .

    ReplyDelete
  4. Mas Daniel, perkenalkan nama saya Denny Kurniawan, saya tergolong baru di Freelancer.com, karena itu belum banyak pekerjaan yang telah saya tangani (baru 1), bidang saya adalah Web Scraping, Excel automation (vba) walau saya mengerti design logo saya lebih mengkhususkan ke web scraping, walau keahlian bisa dibilang tidak begitu expert namun saya rajin cari source code untuk memecahkan masalah web scraping, adalah sungguh sayang sekali banyak tawaran job di sia-sia kan, mas Daniel bisa outsource ke saya, jaminan bahwa mas Daniel sekarang adalah Presiden IFA, tak apa pekerjaan baru boleh dibayar setelah hasil kerja saya kirimkan dan telah terverifikasi dengan baik oleh anda, kalau perlu bertemu atau menggali lebih jauh data tentang saya silahkan, profile saya di freelancer adalah : http://www.freelancer.co.id/u/zunden.html
    facebook : https://www.facebook.com/denny.cun
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, terima kasih mas Denny infonya... apakah Anda sudah tergabung dalam IFA? karena saya cari namanya gak ada, IFA di 13th September ini akan ada pertemuan lagi di Citos, Jakarta Selatan.

      Kalau Anda member IFA, saya akan lebih mudah mencari data kontak pribadi Anda tanpa harus mencantumkannya di sini karena ini khan utk Publik :)

      Delete
  5. Pak Daniel,

    Kan Bpk expert di Excel, mau tanya dong buku2 atau website yang bisa direkomendasikan supaya bisa sejago Bapak? Thanks ya. Saya memang tertarik excel,mau belajar,cuma bingung buku excel banyak sekali di pasaran.

    Siapa tau Bpk bisa kasih saran.

    Salam,Stella

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Stella, terima kasih atas pertanyaannya.

      Coba mulai dari sini:
      http://chandoo.org/wp/
      rasanya ini yg paling mudah (ada video2 tutorial lengkap).

      Utk buku:
      Any book will do! ambil satu (max. 2) dan pelajari & pratekkan! Tidak perlu semuanya dipelajari.

      Buku yg dulu saya pelajari pertama kali adalah "Visual Basic for Application", mungkin sekarang udah terbit edisi yg lebih canggih dan lebih mudah penjelasannya. Juga judulnya mungkin sdh bermacam-macam.

      Referensi utk website2 yg lain, mungkin lebih ke Forum-forum yg membahas teknik-teknik dan solusi Excel dan itu tidak terhitung lagi banyaknya dan tdk pernah lagi sy perhatikan itu website apa, karena sekarang hanya tinggal ketik dan search saja maka kita akan mendapatkan jawabannya.

      Tapi untuk bisa menjadi expert, rasanya tidak cukup hanya belajar dari buku, kita perlu mengerjakan dan terlibat dlm proyek dan merasakan tertekannya ketika dikejar-kejar dateline :)
      Dan juga untuk bisa menjadi expert, Anda harus punya WAKTU utk belajar, trial-error, menekuni dan mencoba menyelesaikan kasus-kasus excel.

      Sekarang ini, metode paling efektif adalah:
      1. Mencoba mengerjakan case tertentu, cari saja proyek2 Excel yg sdh lengkap penjelasannya dan mungkin disertai file2 sample, tidak harus kita bid dan memenangkan proyeknya.

      2. Googling tentang cara menyelesaikan kasus per kasus dalam penjelasan proyek tsb.

      3. Mentok??? Jangan menyerah, cari terus sampai dapat! karena sampai saat ini terus terang sy blm pernah tidak dapat jawabannya di internet. 75% ilmu saya adalah belajar dari mbah Google dan semuanya itu GRATIS!

      Nah...setelah penjelasan2 saya di atas, apakah Stella merasa sudah punya waktu utk dihabiskan belajar Excel, siap mental dan masih tertarik utk jadi Excel Expert spt saya?

      Cheers,
      Daniel G. Pratidya

      Delete
  6. Thank you ya untuk penjelasannya yg lengkap!

    ReplyDelete
  7. halo mas salam kenal saya coba daftar di IFA ,

    ReplyDelete
  8. salam mas daniel,

    sy mau tanya apakah berbeda freelancer.co.id dg freelancer.com. karena pas mau daftar IFA sy nemu pertanyaan apakah sudah terdaftar di freelancer.co.id. sementara saya terdaftar di freelancer.com. thank you and salut :)

    ReplyDelete