Contoh Proposal

Contoh proposal berikut adalah yang saya ajukan untuk proyek dengan URL:
https://www.freelancer.com/projects/Data-Entry-Excel/some-Excel-Work.6324517.html pada tanggal 15 Agustus 2014.

Deskripsi Proyek:
Hello,

we currently have a form (in excel) with some images.
we would like to review and edit the from, add some more images, and make it a nice excel form, easy to fill up.
we would provide the current form, all the images, and details on how we want it.

thank you

Keahlian yang diperlukan:
Entri DataPemrosesan DataExcel

Yang kalau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia begini kira-kira:

Halo,

kami saat ini punya form (dalam excel) dengan beberapa gambar.
kami ingin meninjau kembali dan menyunting form tersebut, menambah beberapa gambar lagi, dan membuatnya menjadi excel form yang bagus, mudah untuk diisi.
kami akan memberikan form yang sekarang kami punya, semua gambar, dan keterangan lebih detil tentang bagaimana kami menginginkan hasil jadinya.

terima kasih

Nah... gampang khan? Setelah itu saya langsung klik tombol bid setelah itu mulai memasukkan penawaran saya seperti pada gambar berikut:



Proposal dalam proses Bid

Di sini saya meminta 100% milestone dan menawarkan harga $30 USD (otomatis biaya proyek $5 ditambahkan dalam total bid saya) diselesaikan dalam 3 hari. Kenapa kok lama banget 3 hari? Itu untuk mengantisipasi si employer yang sering kali terlalu lama merespon kita karena sibuk. Penting sekali untuk tetap menjaga completion rate (tingkat penyelesaian) kita agar nilainya tetap 100% tetap waktu sesuai dengan project's timeframe yang kita ajukan sendiri.

Paling mengerjakan ini hanya 2 jam, tapi belum tentu employer akan langsung merespon/me-review hasil kerjaan kita begitu kita kirimkan draft pertama. Setelah itu employer biasanya akan memberi komentar dan meminta perbaikan atau perubahan sampai mendapatkan hasil yang benar-benar sempurna seperti yang dia inginkan.

Ingat! kita harus siap sedia bolak-balik memperbaiki pekerjaan kita kalau memang belum sesuai dengan keinginan employer. Oleh karena itu tingkat pemahaman akan keinginan employer di awal diskusi akan mempengaruhi cepat/tidaknya penyelesaian suatu proyek. Sering juga saya hanya sekali atau maksimum 2 kali menyerahkan pekerjaan, tapi untuk proyek yang singkat dan mudah.