Peluncuran Indonesia Freelancers Association - IFA Launching

Melihat, menimbang, memikirkan, dan merenungkan :) bahwa ternyata respon terhadap 2 artikel saya sebelumnya tentang menjadi Freelancer menimbulkan lebih jauh ketertarikan dan banyak sekali pertanyaan-pertanyaan lanjutan bagi yang serius ingin belajar dan menjadi freelancer.

Didukung oleh pasar outsource no.1 terbesar di dunia Freelancer.com dengan situs regionalnya di Indonesia Freelancer.co.id, saya bersama beberapa teman freelancer lainnya memutuskan untuk meluncurkan sebuah forum/wadah/tempat/rumah/base camp or say it whatever you like, but we call this "Association".

Seminar Financial Management for Freelancer -The Scores, Citos
Asosiasi Freelancer Indonesia or secara resmi bernama Indonesia Freelancers Association atau singkatnya IFA, diluncurkan secara resmi di depan publik yang diwakili media-media di Indonesia tanggal 5 Juni 2013 di Rolling Stones Cafe, Jl. Ampera No 16 Kemang, Jakarta Selatan mulai dari jam 2pm-4pm.

Dengan bangga IFA berusaha menyajikan sebuah tempat bagi para freelancer di seluruh Indonesia untuk bertukar pikiran, informasi, pengalaman, ilmu, dan pastinya memungkinkan para freelancer meningkatkan peluang untuk mendapatkan proyek-proyek freelance secara pasti sehingga tidak ada lagi istilah "kadang dapat proyek, kadang enggak". IFA juga ingin mengusahakan agar para freelancer juga bisa "dilirik" oleh pemerintahan negeri ini dan diperhatikan dan juga dipertimbangkan sebagai salah satu solusi masalah ketenagakerjaan di Indonesia dimana sebenarnya bekerja menjadi freelancer pun dapat diperhitungkan sebagai cara untuk menghidupi atau memenuhi kebutuhan sehari-hari dan untuk keluar dari masalah keuangan yang saya yakin kebanyakan dari kita mengalami sendiri, tul gak sih?

Visi IFA adalah:
  1. Memperkenalkan Freelancing sebagai salah satu solusi bagi masalah ketenagakerjaan di Indonesia
  2. Menjadi perwakilan aspirasi dan keinginan para freelancer di Indonesia
  3. Sebagai ujung tombak kewirausahaan di negeri ini dan membantu perekonomian Indonesia
Dan misi IFA adalah:
  1. Mengedukasi orang Indonesia tentang feelancing sebagai alternatif cara membiayai hidup yang stabil sampai menuju keberhasilan secara finansial.
  2. Mengembangkan keahlian yang diperlukan oleh para freelancer dari berbagai bidang melalui peluang dalam bersosialisasi (Networking) dan training dari para ahli.
  3. Menjadi wadah forum bertukar pikiran dan informasi di antara para anggota dan pihak2 yg berkepentingan.
  4. Untuk memperjuangkan kepentingan freelancer di Indonesia dan meneruskan keprihatinan dan aspirasi mereka kepada institusi pemerintah dan badan2 yang bisa mengeluarkan ketetapan.

IFA adalah organisasi non-profit, dimana kita bertujuan berkumpul di sini tanpa ada tujuan mengambil keuntungan apapun dari anggota yang bergabung, karena tujuan utama kita adalah murni untuk saling SHARING / BERBAGI.
IFA akan mengadakan meetup/acara pertemuan tiap bulannya, kemungkinan kita keliling kota-kota di Indonesia dimana program sudah kami susun untuk tiap bulannya dari mulai Juli 2013 sampai December 2014 tahun depan.

Dan inilah para pendekar yang bersedia menjadi pengurus IFA untuk periode pertama Juli 2013- Juli 2015 (2 tahun), terima kasih teman-teman atas kesediaannya:

Fungsi Nama
President: Daniel G. Pratidya
Secretary: Mira N. Sahid & Reni Heryani
Financial Officer: Diana & Prisila Pareira
Section of Education: Dian Suryadi & A. Koessitoresmi
Section of PR & Publication: Yudi Sufiadi & Haris
Section of Membership: Anddy Susanto

Kepengurusan akan di-reshufle tiap 2 tahun.

So, we are ready to get you even smarter, kami akan secara resmi meluncurkan website kami di Bulan September 2013 dan merencakan menjadikan salah satu hari di Bulan Oktober menjadi hari berkumpulnya para Freelancer dari Seluruh Indonesia sebagai "Freelancer Day". Dan event ini akan menjadi event tahunan di setiap Bulan Oktober.

Konsep kami ini didukung penuh oleh komunitas-komunitas bisnis lainnya di Indonesia seperti Tangan Di Atas (TDA), Startuplokal, MyOyeah.com, dan juga Freelancer.co.id



dan rencananya kami akan kolaborasi dalam mengadakan event-event ke depan dengan mereka, dan juga kemungkinan bekerja sama dengan komunitas bisnis yang lain yang telah eksis di Indonesia. Kami juga akan Tour ke kampus-kampus di Indonesia untuk memperkenalkan freelancing sebagai cara mencari uang tambahan bagi mahasiswa.

Campus Tour Prasetiya Mulya, BSD

Semua pertanyaan, pembahasan, diskusi, ilmu dan pengetahuan seputar freelancing akan kami jawab di sini dan kita akan adakan pelatihan-pelatihan yang diperlukan dan diinginkan oleh para freelancer yang membutuhkan. Semua itu akan  kami arsipkan untuk menjadi satu referensi yang paten dan bisa diakses oleh anggota-anggota IFA di seluruh Indonesia yang bergabung. Dan semua itu asalnya dari para freelancer dan untuk para freelancer.

Harapan kami bahwa kita semua di Indonesia bisa menjadi pekerja yang mandiri dan juga kemungkinan untuk menjadi pengusaha yang mandiri. Tidak menantikan lagi "payday" / THR / dll (tapi kalo masih dapat, ya tentu juga diterima dong dengan rasa syukur :) ) karena kita sudah punya sumber penghasilan sendiri yang bisa dihandalkan, tidak ada lagi keluhan gaji kurang, tidak ada lagi macet2an di jalan, tidak ada lagi harus tinggal di kota besar mencari nafkah, dan kita semua bisa hidup bahagia dan tenang dekat bersama keluarga yang kita cintai. Amin.
Ke depannya, kita akan berusaha agar mendapatkan perhatian agar pekerja freelance bisa diakui penghasilannya dan mendapatkan juga manfaat-manfaat seperti asuransi kesehatan, record penghasilan dan rekomendasi untuk mendapatkan persetujuan pengajuan kredit dari Bank, dll. Tercapai atau tidaknya tujuan dan cita-cita kami tergantung dari dukungan Anda dan kontribusi Anda terhadap IFA.
Intinya kami memberikan kailnya bukan ikan hasil tangkapannya dan kami hanya ingin berbagi dan membantu teman-teman di seluruh Indonesia supaya mempunyai kehidupan yang lebih baik, TIDAK MUDAH memang! TAPI tetap mungkin dilakukan dan bersama-sama kita PASTI BISA!

Kalau Anda setuju, punya cita-cita dan harapan yang sama dan ingin bergabung bersama kami untuk memulai ini, Yuk! mari kita majukan Indonesia tercinta ini bersama. Biaya registrasi hanya kami pasang Rp. 10,000 sebagai tanda keseriusan Anda dan itupun akan dipergunakan untuk kepentingan Anda sendiri, tidak ada maksud apapun. Tapi kalau Anda pengguna Freelancer.co.id, mereka memberikan sponsornya kepada kami sehingga biayanya bagi Anda menjadi GRATIS. Kalau mau signup dulu silakan. Setiap calon anggota akan diverifikasi datanya dan akan mendapatkan kartu member dimana kami akan menjalin kerjasama dengan pihak2 tertentu untuk bisa mendapatkan diskon2 tertentu seperti internet provider, toko buku, dll yang ada hubungannya dengan menambah ilmu pengetahuan dan kemudahan yang menunjang kegiatan para freelancer.

Cara Pendaftarannya silakan isi formulirnya di SINI. Bisa mudah diakses dari browser PC or Gadget Anda.

Selamat bergabung di IFA!
For Indonesia's Freelancers
For Indonesia's Future.

Salam,
Daniel G. Pratidya

77 comments:

  1. dear pak Daniel,

    Kan formulirnya dalam bentuk PDF. tidak bisa di isi.

    thx
    Mega

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mega,

      Buka pdf formnya harus pakai Adobe Reader terinstall di PC.
      Download aja gratis dan resmi dari www.adobe.com.

      Regards,
      Daniel

      Delete
  2. Dear pak Daniel..

    saya yani, freelancer asal medan, saya baru mendaftar di freelancer.co.id awal juni ini, saya liat blog bapak sangat informatif dan berguna sekali bagi saya yang masih awam tentang dunia freelancer, terima kasih ya pak :)
    oiya pak, karena saya freelancer baru, apakah saya bisa langsung bergabung dalam forum IFA ini? dan setelah menjadi anggota, apakah saya akan mendapatkan kartu anggota atau benefit langsung dari IFA ini? sekali lagi trima kasih pak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yani,

      Terima kasih atas kunjungannya dan pertanyaannya.
      IFA terbuka untuk seluruh rakyat Indonesia yg berumur 17th ke atas. Karena ini adalah angkatan usia kerja yg resmi di Indonesia.

      Silakan daftar, ditunggu ya.
      Dan setelah kami verifikasi data Yani, maka otomatis akan mendapat email balasan resmi dari tim IFA dan kartu anggota akan dikirimkan segera mungkin setelah siap termasuk aktif benefit2nya, tapi....

      ....mohon bersabar dulu ya, karena IFA baru saja terbentuk, dan kami masih menyusun segala sesuatunya termasuk kerjasama dgn pihak2 sponsor dan program-program yg telah kami rencanakan untuk para anggota.
      Karena tanpa anggota, IFA bukan apa-apa.

      Kami sekarang masih konsentrasi mengumpulkan anggota, dan mempersiapkan event pertama kami nanti di Bulan Juli 2013.

      Jadi, kami tunggu nih pendaftarannya yani.

      Thanks,
      Daniel

      Delete
    2. saya hadir di IFA, salam anggota medan

      Delete
  3. makasi infonya ya pak, saya sudah mendaftar dan mngirimkan emailnya,
    saya tunggu ya pak klo ada eventnya di medan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, Thanks Hy***ani H******,
      Pasti kamu yg pertama tahu kalau IFA ngadain event di Medan.
      Tetap Semangat!

      Cheers,
      Daniel

      Delete
  4. uda saya kirim emailnya pak.
    silakan di check ya.

    thx
    Mega

    ReplyDelete
  5. Salam Sejahtera Pak Daniel
    Saya sudah mengisi aplikasinya, mohon dikonfirmasi ya pak.
    saya anggota baru di freelancer.co.id, saat saya mencoba mengikuti project kenapa mereka meminta saya mentransfer uang?apa itu haru pak?mohon bimbingannya pak.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Agung,

      Menurut Mas Anddy dia msh belum terima email berisi attachment file .xml dari mas Agung.
      Tolong check lagi sent item di emailnya, apakah sudah terkirim ke anddy.ifa@gmail.com dan rhenee.phree@gmail.com belum?

      Kenapa ikut Bid proyek jadi minta transfer uang segala??? apaan tuh, gak ada yg kayak gitu mas, mungkin penipuan tuh.
      Yang minta employernya gitu? dia kirim message gitu?
      Bisa gak postingkan di sini isi pesannya?

      Bisa beritahu saya gak url proyeknya atau project ID nya?
      Mas Agung bisa temukan ID-nya di halaman proyek tsb, sebelah kanan, scroll ke bawah agak ditengah2 (biasanya dibawah iklan yg bentuk windows kotak).

      Salam,
      Daniel

      Delete
    2. maaf pak daniel, saya baru balas pesan bapak, krn sy baru bisa online pg ini. saya sudah cek di email saya, dan email ke alamat anddy.ifa@gmail.com dan rhenee.phree@gmail.com sudah terkirim. jadi begini pak, apakah sbgai anggt baru kita diminta untuk memverifikasi alat pembyrn kita (paypal, acount bank, dll) dg cara mentransfer uang?bgaimana cr kita untuk menerima pembyrn dr pekerjaan kita pak? dan bgaimana cr yg benar mengikuti proyek?maaf pak byk bertanya, karena sy masih baru..
      oya pak satu lagi, apakah kita perlu mengikuti tes/ ujian tntg bhs inggrs dan lain2nya, yg sy lihat harganya Rp.50.000/exam? terimakasih pak.

      Delete
    3. Mas Agung, selamat bergabung di IFA, akan ada email pemberitahuan dari mas Anddy setelah datanya diverifikasi.

      Utk penjelasan mengenai verifikasi metode pembayaran, silakan baca jawaban saya di:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html?showComment=1369631154264#c4975975633786673468

      Jadi tidak harus, tp utk mempercepat kesuksesan memang jg diperlukan sih!.
      Waktu kita memverifikasi pembayaran mis: PayPal/Kartu Kredit, akan ada tagihan ke PayPal/Kartu kredit kita sejumlah uang (sy lupa jmlnya, tp gak banyak hanya beberapa dollar utk test kebenaran kepemilikan akun). Dan jumlah uang itupun akan masuk ke dalam saldo kita di akun Freelancer.co.id. Bisa dipakai beli ujian sertifikasi, sponsor bid, dll.

      Kalo mengenai "transfer uang" itu, mungkin yg dimaksud kita harus punya saldo di akun Skrill agar nanti bisa ditarik ke Freelancer.co.id sebagai verifikasi metode pembayaran yg saya jelaskan di atas. Transfer bs dilakukan melalui bank lokal kita ke dalam akun online Skrill kita. Kalau PayPal harus pakai Kartu Kredit, bukan setoran, tp tagihan.

      Utk bisa mengikuti proyek, profil harus dilengkapi, keahlian yg kita kuasai dan sesuai dengan proyek yg ingin kita ikuti juga harus dipilih dulu.

      silakan baca tips saya di http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html

      Ujian2 sertifikasi diperlukan supaya calon employer kita yakin dengan kemampuan kita, beberapa proyek dikondisikan harus lulus ujian tertentu atas permintaan employer yg pasang proyek. Akan ada badge/lencana lulus ujian di pasang di sebelah nama kita dan penawaran kita, utk menarik perhatian employer.

      Ujian Level 1 : $5 = Rp. 50rb
      Ujian Level 2 : $10 = Rp. 100rb
      Ujian Level 3 : $15 = Rp. 150rb

      Kayaknya sampai Level 1 aja udah cukup, kecuali ada proyek yg mensyaratkan lebih.

      Semoga penjelasan saya bisa membantu,
      Daniel

      Delete
    4. terimakasih banyak pak Daniel atas penjelasannya, saya akan segera mencoba saran dari pak daniel, mohon bimbingannya ya pak. karena peluang ini bisa membantu perekonomian saya dalam menyelesaikan study.

      Delete
    5. Mas Agung H*******,

      Pasti saya bantu! Jangan khawatir! selama kita ada kemauan dan usaha keras, pasti ada jalan. Nanti sy kirim direct email ke mas Agung kalau sy ada waktu, kami sudah bs lihat datanya di pendaftaran IFA.

      Dan... salam almamater dari mas Anddy (UNS'2000)

      Semoga sukses!
      Daniel

      Delete
    6. Ya Pak Daniel terimakasih banyak dan salam kembali untuk mas Anddy, oya pak sedikit ingin bertanya, saya mendapat inbox di freelancer untuk mengikuti proyek tp setelah saya ikuti, ternyata hanya diminta memasukkan chapta,berulang-ulang kali, apakah itu benar atau hanya spam...?
      Terimakasih sebelumnya pak dan maaf karena banyak bertanya

      Salam Sukses Pak Daniel!

      Delete
    7. Jangan diikuti yg begitu, silakan baca penjelasan lengkap saya ttg hal ini di:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html?showComment=1370224795165#c8265345535899286865

      Delete
  6. Dear Pak Daniel, help meee..
    saya sudah mencoba mendaftar, dan sudah di tahap terakhir(kirim melalui outlook) dan tinggal klik tombol 'send' tapi kenapa muncul kotak dialog bertuliskan 'the operation failed. an object cannot be found' apa ada yang salah dengan komputer saya ini?
    mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear fenny, hmmm.... gini aja ada IM apa?
      Yahoo messenger sy: danielgpratidya
      GTalk: danielgpratidya
      Skype: bintang.far.east

      Nanti kita chat aja langsung :)

      Delete
  7. pak, web nya IFA apa ya? saya search berkali2 kok ga dapet ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pertanyaannya mbak Ratu SYA.
      Seperti yg sudah saya tuliskan di artikel di atas, website IFA akan diluncurkan Septermber 2013.

      Sekarang masih didesain Web-nya hehehe...

      Delete
    2. Form pendaftaran IFA sekarang lebih mudah di:
      www.bit.ly/IFA-form

      Delete
  8. pa saya blh tny tidak saya newbie ni pak pengen tau cara kerjanya gmn ya pak msh binggung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas agung budiono, Silakan baca di:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html?showComment=1371210446482#c5221127051123234551

      Semoga membantu.
      Daniel

      Delete
  9. Selamat Sore Pak Daniel,

    Hari ini saya telah mendaftar di IFA. Sebelumnya saya sudah mendaftar di freelancer.co.id, namun saya masih bingung untuk mulai kerjanya Pak.
    Mohon dukungan dan arahannya dari Bapak Daniel, agar saya dapat mengerti bekerja di freelancer ini.

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore Junita Kristina,

      Saya belum melihat data Anda di Daftar IFA member pastikan Anda mengisi form di:
      http://bit.ly/IFA-form
      dan mengklik tombol "Kirim" di bagian bawah formulir.

      Sebelum mulai bekerja dan hunting pekerjaan di Freelancer.co.id ada beberapa langkah yg harus dilakukan:

      1. Lengkapi Profil page (lihat saran sy di bawah)
      2. Pilih keahlian2 kamu
      3. Tentukan tarif per jam kamu
      4. Ikuti Freelancer Orientation Exam.
      5. Ikuti tips-tips saya utk memenangkan proyek.

      Anda bisa juga mempostingkan pertanyaan dengan LIKE Facebook page IFA: www.facebook.com/IFAid.org

      Atau search Twiter IFA (pake huruf besar semua) @indofreelancers

      Thanks,
      Daniel

      Delete
    2. Hai Nita,

      Selamat Bergabung di IFA.
      Saya sudah lihat profilnya yg di Freelancer.co.id
      Bisa VB6 programming? atau pernah mengelola database yg di-develop dgn vb6? Excel macro bisa gak?

      Btw...
      Point 1 dan 2 dari petunjuk saya di atas sudah kamu dibuat, tinggal point 3, 4, dan 5.. silakan kunjungi halaman tips saya dalam memenangkan Bidding di:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html

      Berikutnya adalah cari proyek.
      1. Klik "Telusuri Proyek" di Tab yg atas
      2. Pilih "Keahlian Saya"
      3. Browsing dan pilih proyek2 yg ingin di-Bid.

      Good Luck ya, kalau ada yg ditanyakan lagi monggo.

      Daniel

      Delete
  10. Salam Super, Pak Daniel.. dan salam kenal :)

    Terimakasih banyak atas postingannya pak.. :)

    Saya kemarin baru saja daftar di freelancer.co.id dengan akun lidyamaria, tapi masih bingung bagaimana cara bekerjanya.
    Eh, siang ini browsing2 koq nemu blognya pak Daniel hehe... pengen gabung juga nih pak.. belajar2 tentang dunia freelance..

    Saya juga barusan daftar di IFA, semoga udah masuk datanya.
    Dan semoga rekan2 di IFA berkenan membantu saya.. maklum masih newbie nih hehe :P

    Terimakasih pak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih telah bergabung di IFA, salam kenal.
      Pasti kami dengan senang hati membantu mbak Lidya :)
      VB. NET programmer nih beneran? VB6 bisa juga dong ya? Gimana kalo VBA Excel/Word/Outlook bisa juga?
      Kalo bisa, siap saya test gak nih?

      Untuk mempersiapkan profile mbak Lidya:
      1. Tentukan tarif per jam
      2. Ikuti Freelancer Orientation Exam, GRATIS
      3. Portofolio bisa dimuat gambar2 hasil kreasi mbak.
      4. Ikuti tips-tips saya utk memenangkan proyek

      Salam,
      Daniel

      Delete
    2. wahh... terimakasih pak, sudah direply.. :)

      waduh... mau di tes... jadi gak pede nih... masih belum expert.. hehe...
      iya saya di kantor kerja pake visual studio with vb.net pak.. vb 6 juga, tapi jarang..
      kalo vba, pernah coba pake access & excel pak, kalo word/outlook blm pernah...

      oke deh, saya bakalan tiap hari buka blognya bapak buat ikutin tips2nya

      trimakasih banyak pak Daniel.. :)

      Delete
    3. Mbak Lidya, test-nya saya kirim ke email mbak yang terdaftar di IFA.

      Good Luck ya, let me know when you're done.
      Best Wishes,
      Daniel

      Delete
  11. selamat malam pak daniel....
    saya mulai bergabung di freelancer dri bulan juni 2013.. saya pengen bergabung di ifa caranya gimana ya....mohon bantuannya pak....
    terima kasih.....

    ReplyDelete
  12. malam pak daniel....
    saya gabung di freelancer.com dari juni kalo gak salah.... mau ikutan gabung ke IFA ceritanya.... sy isi form, terakhir kok cuma submit, abis itu Thank You dan masuk ke Google Drive... selanjutnya saya bingung deh... mohon bimbingannya ya pak....
    terima kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah masuk datanya mas Wahyu Nursapto, terima kasih atas pendaftarannya, akan ada email pemberitahuan dari mas Anddy Susanto sie Keanggotaan IFA, tp mungkin baru besok pagi :)

      Selanjutnya, ikuti terus update berita di facebook page IFA
      www.facebook.com/IFAid.org

      Kalau ada yg ditanyakan silakan dipostingkan ke sana atau di sini juga bisa.

      Delete
  13. Selamat siang Mas Daniel,
    Saya sdh daftar anggota IFA, tolong di confirm dan di bantu untuk mendapatkan job ya mas. Terima kasih. ID: hadiku2dipal

    ReplyDelete
  14. Salam kenal Mas Daniel,

    Perkenalkan saya Awan, saya sempat membuat sedikit panduan pemula untuk jadi online freelancer di sini www.awanrimbawan.com/panduan-odesk

    Beberapa bulan yang lalu temen2 freelancer juga telah membuat Koperasi Freelance Indonesia yang beralamat di sini http://kfi.or.id/

    Siapa tahu IFA dan KFI bisa bersinergi.

    Salam,
    Awan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas Awan, terima kasih atas kunjungannya di blog saya. Saya lihat pandangan dan pendekatan Anda sama dengan IFA.

      IFA akan mengadakan event pertamanya di Jakarta akhir bulan Juli ini, kalau ada waktu silakan bergabung dan mungkin kita bisa berdiskusi lebih lanjut.

      Delete
  15. Salam kenal pak Daniel,

    Saya baru bergabung di freelancer awal Juli ini, saya dulu aktif di vWorker.com.

    Saya ada bbrp pertanyaan tentang sistem freelancer yg saya agak janggal spt berikut:
    1. Tidak bisa melihat history dari si pemberi kerja/employer (maksudnya project2 dulu, ini kenapa ya ?)
    2. Saya pernah menang sebuah project, tapi kemudian project tersebut di hapus (alias di delete), padahal saya sudah bayar fee. Kenapa project berjalan boleh di hapus ? Aneh sekali.

    Menurut saya sistem freelancer sepertinya cuman pro employer, dan tidak peduli pada freelancer, tidak seperti di vWorker yg lebih oke.

    Salam,
    Alex

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas Alex,
      Terima kasih atas sharingnya dan pertanyaannya.

      1. History employer memang baru2 ini dinonaktifkan untuk para freelancer yang belum pernah bekerja sama dgn mereka. Hal ini memang tidak begitu menguntungkan bagi para freelancer.
      Alasan tepatnya, dari pihak Freelancer.com/co.id belum ada yang bisa mengklarifikasi hal ini dgn jelas. Oleh karena itu IFA dibentuk, untuk menyampaikan pendapat, usulan dan uneq-uneq para freelancer. Saya akan usahakan mendapatkan klarifikasi dari pihak Freelancer.com
      Saya dengar2 Freelancer.com akan meluncurkan yang namanya program KYC (Know Your Customer)...nah ini seperti apa bentuknya saya jg masih belum jelas karena belum di-launch.

      2. Pada dasarnya, proyek yang di-award oleh employer dan di-accept oleh freelancernya tidak akan bisa dihapus oleh employer (akan timbul pesan kesalahan), pembatalan proyek HANYA BISA DILAKUKAN oleh si freelancer. NAMUN, mungkin saja jika ternyata belakangan ditemukan di dalam deskripsi proyek ataupun komunikasi antara Freelancer vs Employer di dalam message system terdapat violation/pelanggaran tertentu, proyek akan diblock ataupun dihapus oleh pihak Freelancer.com.

      Kalau menurut Anda tidak ada yang salah dalam proyek tsb. maka Anda bisa mengirimkan email disertai bukti2 pembicaraan dgn pihak employer dan file2 yg mungkin sudah pernah dibuat meskipun hanya sebagai sample ke support@freelancer.com untuk mendapatkan kembali fee yang sudah Anda bayar. Saya yakin pasti bisa dikembalikan.

      Mengenai vWorker, yang mungkin disesalkan banyak orang adalah kenapa Ian Ippolito sebagai CEO vWorker mau menjual kepada Freelancer.com, silakan simak pernyataan Ian sendiri dalam videonya di http://www.vworker.com/ tentunya dia punya alasan agar para freelancer bisa menuju kepada system yang lebih baik yang lebih besar peluangnya untuk bekerja dengan lebih banyak user terdaftar dalam komunitas ini.

      "Keep your positive thoughts and you'll earn more than ever"

      Salam dan tetap semangat mas Alex,
      Daniel G. Pratidya

      Delete
    2. Terima kasih atas penjelasannya Pak Daniel, semoga kita mendapatkan penjelasan yang masuk akal mengenai history employer, masalahnya sebenarnya karena saya belum ikut membership, karenanya bid saya di batasi cuman 10 / bulan. Jadi harus milih2 project, salah satu cara adalah melihat history employer.
      Untuk point #2, saya akan coba menghubungi freelancer untuk mendapatkan fee saya kembali.

      Salam sukses,
      Alex

      Delete
    3. Mas Alex,

      Saya sudah dapat konfirmasi dari Bu Helma Kusuma selaku Indonesia Country Manager Freelancer.com, bahwa masalah ini adalah gangguan teknis sementara, dan sedang diusahakan untuk kembali difungsikan.
      Kata beliau, "Belum ada kebijakan untuk menutupi histori seorang employer di Freelancer.com".

      Btw, in case you haven't realized: bid yang 10/bulan itu sebenarnya tiap hari ada isi ulangnya 1 bid setiap kali dipakai.
      Kecepatan isi ulang bisa bertambah seiring jumlah proyek yg kita selesaikan dan review yang kita dapatkan atau reward2 point lain yg kita peroleh.

      Salam sukses,
      Daniel

      Delete
    4. Itu berita bagus kalau memang begitu, semoga bukan cuman lip service :)

      Salam,
      Alex

      Delete
  16. Halo mas Daniel apa kabarnya? semoga baik2 saja,
    seperti biasa saya ada pertanyaan nih.. Beberapa hari ini saya mengikuti kontes, dan kebetulan memenangkan 2 kontes, kedua-dua kontes sudah saya upload filenya, dimana yang 1 perlu revisi, sedangkan 1 lagi tidak... nah ini... bila kita sudah mengirimkan file via freelancer.com apakah hadiahnya nanti akan otomatis terdebet ke akun kita dalam beberapa hari? bagaimana sebenarnya detailnya? terimakasih sebelumnya atas meluangkan waktu mas Daniel untuk penjelasannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik mas ma terima kasih, sorry telat bales. Tadi malam habis acara 1st event IFA.
      Untuk kontes, ada yg namanya proses HANDOVER (Serah Terima), dimana employer akan merilis hadiah kontes dan freelancer meng-upload file designnya.
      Ketika proses ini telah dilengkapi kedua belah pihak, maka uang hadiah akan otomatis terdebet ke akun kita.

      Pastikan membaca ketentuan dan tahap-tahap proses Handover ini biar tidak salah paham.
      Maaf, saya tidak tahu lebih lanjutnya krn sebetulnya saya sendiri tdk pernah ikut kontes karena Design bukan bidang saya.

      Delete
  17. Sorry telat reply, saya ucapkan selamat atas 1st event IFA-nya, mas Daniel menduduki jabatan President IFA ya? Hebat! 1 pertanyaan lagi mas Daniel, apakah kita dapat menarik saldo kita di Freelancer dalam mata uang dollar? konversi mata uang di Freelancer saya rasa kurang fair.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pd dasarnya mata uang standard di freelancer.comadl USD, jd tentu saja kita bisa menarik dalam dollar. Saya selalu begitu kok, tarik dollar ke PayPal.

      Delete
  18. saya udah daftar loo. mohon diverifikasi. saya tunggu proyek-proyeknya yaa...terima kasih bang daniel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Dimas selamat dan terima kasih Anda sudah bergabung di komunitas Freelancer Indonesia ini. Ikuti terus berita-berita update di:

      Website IFA: www.indofreelancers.org
      Facebook page IFA: https://www.facebook.com/Indofreelancers
      Twitter IFA: @indofreelancers

      Perlu diketahui supaya tidak salah paham, IFA adalah organisasi NON PROFIT, kami tidak menyediakan project utk dikerjakan dan tidak mempekerjakan freelancer dan membayar mereka. Tapi kami saling berbago info, update, cara, tips, trick, dll... agar masing-masing anggota bisa mendapatkan/memenangkan proyeknya sendiri dan menghasilkan dari bekerja online.

      Salam,
      Daniel

      Delete
  19. Pak Daniel,

    Udah 1 bulan berlalu, "kesalahan teknis" masih belum diperbaiki
    -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Profil dan history Employer sekarang bisa dilihat apabila kita sudah pernah menyelesaikan at least 1 proyek dari employernya.

      Bisa juga dilihat apabila Employer tersebut meng-Award proyek kepada kita. Kalau masih dalam taraf bidding belum bisa.

      Bisa juga apabila Employer menggunakan fitur HIRE ME, karena otomatis proyek di Award kepada kita.

      Kalau kita tidak berkenan thd employer tsb setelah melihat history mereka, kita bisa menolak Project Awarding tsb.

      Delete
  20. Aneh tapi nyata ... ?!

    Justru history employer pada tahap bidding yg berguna sekali, karena kita bisa menganalisa si employer tsb misnya, apakah suka memilih bid paling rendah ? apakah suka memilih orang2 tertentu ? org India misnya. ? apakah suka menunda2 pembayaran ? dst.

    Kalau kita sudah pernah bekerja pada employer tst, ngapain lagi informasi employer tsb buat kita, toh kita udah tau ...

    ReplyDelete
  21. Kalau seperti sekarang ini apa bedanya dgn bet/judi ? Bukan bid lagi namanya ... zzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Alex, dengan tidak mengurangi rasa hormat saya, harap baca lagi lebih cermat jawaban saya dan dipikirkan dulu apa maksudnya sebelum menulis komentar, jangan emosi! Positive thinking akan lebih menghasilkan daripada negative thought.

      Saya ulang:
      Setelah di Award, kita bisa melihat histori employer!!!
      Semua proyek terdahulunya akan terlihat beserta komentar2 ataupun penilaian2 para freelancernya, juga ratingnya.

      Kita punya pilihan menerima atau menolak di tahap ini.
      Taraf bidding adalah usaha kita memperkenalkan/menunjukkan keahlian kita agar bisa diketahui oleh calon employer. Kesempatan yg mungkin hanya satu kali utk memberitahu bahwa kita mampu mengerjakan proyek tsb dengan baik, agar employer mempertimbangkan utk memilih kita.

      Kenapa bisa Anda bilang ini judi??? Tidak ada uang yg dipertaruhkan ataupun digunakan di sini dalam taraf bidding.

      Kalau kita menolak, tidak akan ada yg kehilangan uang.
      Kalau kita menerima, baru proyek fee akan dikenakan kepada kedua belah pihak (bukan hanya kita sbg freelancer).

      Semoga Anda tidak salah paham lagi dan saya ingatkan bahwa saya di sini berbagi, bukan customer service Freelancer.co.id, sy hanya membantu berbagi informasi. Kalau Anda tidak berkenan jangan protes ke saya silakan langsung ke Freelancer, tapi kalau mau usul ke IFA silakan dengan kalimat yg lebih persuasif dan appropriate.

      Salam dan semoga sukses selalu,
      Daniel G. Pratidya

      Delete
  22. Menurut saya history employer sama sekali gak berguna lagi kalau kita uda di-award, apa gunanya lagi ?!

    Yang di pertaruhkan disini memang bukan uang, tapi waktu dan waktu = uang. Dan kalau sponsor bid kan pake uang juga.

    Terus terang aja saya uda sering protes ke freelancer, tapi jawaban dari mereka itu2 aja, keknya mereka cuma copy paste doang.

    Yg saya gak mengerti apa pertimbangan freelancer untuk menutup history employer sebelum di award, ini gak masuk akal sama sekali.

    ReplyDelete
  23. pak daniel saya sudah mendaftar gabung di IFA, mohon bimbingannya, masih newbi, sukses selalu

    ReplyDelete
  24. Salam kenal Pak Danil. Nama saya Eka, z2 hari yang lalu saya sudah mengisi formulir pendaftaran untuk bergabung dengan komunitas ini, tapi sampai saat ini saya belum menerima konfirmasi melalui e-mail. Apakah permohonan/pendaftaran saya telah disetujui atau tidak ? Tks atas jawaban yang bapak berikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pendaftarannya mbak EKA,
      Sudah saya tanyakan ke mas Anddy (yg ngurus keanggotaan), sebentar lagi mbak EKA akan dihubungi mbak Prisila utk masalah admin.

      Delete
  25. Salam kenal pak Daniel
    sy udah daftar di IFA dan terima kasih sudah di balas pak

    sy mau tanya pak
    1. saya upload foto profil kok gak bisa-bisa pak dan tidak bisa tampil gmn ya pak
    2. pak untuk sub title yang kita tulis apa pak . sy kan pilih keahlian data entry
    3. mengenai forto polio juga pak bingung deh apa yang mau di isi
    4. cara memperivikasi pembayaran gmn pak ? apa ada biaya pak . trus sy gak punya kartu kredit dan paypal

    maaf ya pak saya agak cerewet maklum pak sy gatek

    trims ya pak tambah sukses , salam buat para freelancer indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas Seto,

      1. Ttg upload foto profil:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html?showComment=1370231607430#c4956834877087122152

      2. Sub Title: tulis aja "Data Entry Expert"

      3. Ttg portofolio silakan baca:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html?showComment=1364993099936#c705616641449171124

      4. Verifikasi pembayaran, baca di sini:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html?showComment=1372517784714#c3562974377937149579

      dan juga di sini:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html?showComment=1371440304370#c1461594035271759065

      Delete
    2. trims pak daniel sy coba ya , salam sukses

      Delete
  26. Dear Pak Daniel
    Salam Kenal Pak,
    Pak sebenarnya banyak yang ingin saya tanyakan tapi saya mau bertanya dulu bagaimana jika kita sudah mendaftarkan diri di freelancer.com apakah boleh kita mendaftar lagi di freelancer.co.id ini, mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Angga, salam kenal juga,
      Silakan baca jawaban saya ttg itu di:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html?showComment=1365598742745#c3156125116262646463

      Delete
  27. selamat siang pa Daniel, saya sudah mendaftar IFA, dan menunggu email balasannya :)
    sy sangat berminat dengan freelancer.com , oiya mau tanya apa udah ada komunitas offline nya buat di bandung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sih baru mulai mengumpulkan komunitas Online sejak launching 5 Juni kemaren. Dan KOPDAR sudah 2 kali di Jakarta (Juli & September), rencananya sih mau keliling kota2 besar di Indonesia, di Bandung pasti kita akan ke sana.

      Komunitas offline di Bandung, Jakarta atau di kota2 lain memang belum ada, tapi akan lebih baik kalau ada. Hmm...harus sering ngumpul2 dulu nih ngomongin kemungkinan2nya :)

      Delete
    2. ok pa daniel ditunggu nih kabar2 kalo ada komunitas onlinenya :)
      banyak sekali pertanyaan nih sebenarnya, tapi sy coba baca2 artikelnya dulu aja, jangan bosen2 ya kalo banyak tanya hehehe , hatur nuhun

      Delete
    3. komunitas offline maksudnya pa maaf :)

      Delete
  28. Pak Daniel, salam kenal. Sy Madenugraha924, Sy baru bergabung di freelancer.co.id.
    Td siang, sy coba ikutan bid. salah satu syarat adalah mengirimkan contoh pengerjaan proyek. Saat mau kirim contoh , entah klik apa. jadinya saya yang menjadi Pemberi kerja. Sehingga banyak orang mengirimkan akan ikut bid.


    Sy tidak mengerti bagaimana membatalkannya. minta saran pak, karna tidak ada lagi Penawaran pekerjaan yang masuk. Terima kasih pak Daniel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Made Nugraha,

      Kalau memang itu merupakan proyek yg Anda buat, maka pada halaman proyek tsb - di bawah judul proyeknya seharusnya ada link 'Sunting' dan 'Hapus', tinggal pilih yg Hapus.

      Delete
  29. salam kenal pak daniel,

    saya baru bergabung dengan freelancer.co.id beberapa hari yang lalu. tapi saya belum pernah mencoba mencari pekerjaan, karena jujur saya sangat awam dan tidak mengerti tentang dunia freelance 'online' ini.
    saya sudah mendaftar menjadi anggota IFA, semoga pak daniel serta rekan-rekan IFA dapat memberi pencerahan dan menuntun saya, karena saya sangat tertarik untuk terjun di dunia freelance ini.
    dan kalau boleh tau, apakah ada cabang komunitasnya di bandung pak? untuk sekedar ngumpul2 atau berbagi ilmu dan pengalamannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Rizky Mugiana,

      Selamat bergabung, akan ada yg memverifikasi data Anda di IFA dari anggota komitte kami.

      Sementara itu, silakan baca-baca artikel dan daftar panjang tanya-jawab di blog ini (ada 5 postingan saya berkenaan dgn freelancing) dan juga bisa download tutorial dasar di pojok-kanan atas blog ini.
      Saya yakin semua pertanyaan dasar Anda ada di sini :) dan kalau masih ada pertanyaan silakan ditanyakan di sini.

      O ya saya juga ada video tutorial di:
      http://www.youtube.com/watch?v=Rcs9S0SXDqw

      Cabang di bandung belum ada, IFA masih sangat baru dan jalan pelan-pelan tapi pasti. Kalau ada acara kami di Bandung pasti mas Rizky akan diberitahu update-nya.

      Salam,
      Daniel

      Delete
    2. pak daniel,

      terimakasih atas arahan nya. sebelumnya kalau boleh tau spesialisasi apa saja yang banyak di butuhkan employer, agar saya bisa fokus belajar dan memperdalam spesialisasi tersebut.
      jujur saja menurut saya, saya belum memiliki bekal yang cukup untuk memulai mencari pekerjaan disini dan takutnya employer tidak merasa puas dengan hasil kerja saya kalau saya memaksakan mengambil pekerjaan dengan bekal yg dimiliki sekarang.

      kalau boleh minta sarannya, menurut pak daniel spesialisasi apa yang seharusnya saya dalami untuk memudahkan saya mendapat job disini. saya siap belajar untuk menjadi ahli di bidang itu, sekalian membuat portofolio saat belajar nanti :)

      Delete
  30. Maju terus freelancer Indonesia.....

    ReplyDelete
  31. pak daniel saya baru mendaftar di IFA, saya tunggu balasan emailx
    terima kasih pak daniel

    ReplyDelete
  32. salam kenal pak daniel, saya baru daftar di freelancer dan saya juga baru daftar di IFA, mohon bantuanya pak saya juga termasuk orang yang kepepet.hehe...dan saya ingin belajar dari pak daniel tntang freelancer..salam kenal sekali lagi pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas Dhoni, saya selalu terbuka untuk orang-orang yg kepepet selama bisa bantu :)
      Kalau ada waktu tanggal 28 Maret ini hari Jumat, silakan bergabung di event kami pertemuan freelancer vs employer jam 18.30 – 22.00 WIB di Oenpao - Jl. Kemang Raya No. 102, Jakarta, Indonesia.

      Akan ada Freelancer.com dan saya di sana, sampai ketemu di sana ya...

      Delete
  33. Selamat pagi,

    Pak Daniel...

    Saya adalah freelancer yang bertemu dengan bapak di pertemuan semalam di Kemang...

    Saat ini, saya membutuhkan tambahan biaya untuk berobat ayah saya, jadi, saya mohon bantuan bapak untuk bisa mencarikan project berbayar sesuai dengan skills saya seperti yang telah kita bicarakan semalam sehingga bisa membantu biaya terapi kanker prostat ayah saya.

    Terima kasih.

    Wassalam,

    Adi Sulistyo Nugroho (Akun Freelancer Sugeng Nugroho).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut prihatin Pak Adi.
      Unfortunately, saat ini saya masih belum ada proyek utk Pak Adi.

      Delete
  34. Salam sejahtera, Pak Daniel.
    Perkenalkan, saya Patricia Cecilia S., seorang mahasiswi Psikologi dari Universitas Hasanuddin, Makassar.
    Saat ini, saya sementara menyusun proposal untuk pengadaan penelitian kuantitatif dan melibatkan freelancer. Oleh karena itu, saya pun sedang mencari dan mengumpulkan informasi terkait keberadaan para freelancer Indonesia. Alhasil, saya menemukan informas terkait IFA ini.
    Apabila Pak Daniel berkenan, apakah boleh saya menerima bantuan agar kuesioner yang menjadi tools penelitian saya dapat dibagikan kepada rekan-rekan freelancer lainnya?
    Terima kasih banyak sebelumnya, Pak Daniel.
    Salam sejahtera.

    ReplyDelete