Peluncuran Indonesia Freelancers Association - IFA Launching

Melihat, menimbang, memikirkan, dan merenungkan :) bahwa ternyata respon terhadap 2 artikel saya sebelumnya tentang menjadi Freelancer menimbulkan lebih jauh ketertarikan dan banyak sekali pertanyaan-pertanyaan lanjutan bagi yang serius ingin belajar dan menjadi freelancer.

Didukung oleh pasar outsource no.1 terbesar di dunia Freelancer.com dengan situs regionalnya di Indonesia Freelancer.co.id, saya bersama beberapa teman freelancer lainnya memutuskan untuk meluncurkan sebuah forum/wadah/tempat/rumah/base camp or say it whatever you like, but we call this "Association".

Seminar Financial Management for Freelancer -The Scores, Citos
Asosiasi Freelancer Indonesia or secara resmi bernama Indonesia Freelancers Association atau singkatnya IFA, diluncurkan secara resmi di depan publik yang diwakili media-media di Indonesia tanggal 5 Juni 2013 di Rolling Stones Cafe, Jl. Ampera No 16 Kemang, Jakarta Selatan mulai dari jam 2pm-4pm.

Dengan bangga IFA berusaha menyajikan sebuah tempat bagi para freelancer di seluruh Indonesia untuk bertukar pikiran, informasi, pengalaman, ilmu, dan pastinya memungkinkan para freelancer meningkatkan peluang untuk mendapatkan proyek-proyek freelance secara pasti sehingga tidak ada lagi istilah "kadang dapat proyek, kadang enggak". IFA juga ingin mengusahakan agar para freelancer juga bisa "dilirik" oleh pemerintahan negeri ini dan diperhatikan dan juga dipertimbangkan sebagai salah satu solusi masalah ketenagakerjaan di Indonesia dimana sebenarnya bekerja menjadi freelancer pun dapat diperhitungkan sebagai cara untuk menghidupi atau memenuhi kebutuhan sehari-hari dan untuk keluar dari masalah keuangan yang saya yakin kebanyakan dari kita mengalami sendiri, tul gak sih?

Visi IFA adalah:
  1. Memperkenalkan Freelancing sebagai salah satu solusi bagi masalah ketenagakerjaan di Indonesia
  2. Menjadi perwakilan aspirasi dan keinginan para freelancer di Indonesia
  3. Sebagai ujung tombak kewirausahaan di negeri ini dan membantu perekonomian Indonesia
Dan misi IFA adalah:
  1. Mengedukasi orang Indonesia tentang feelancing sebagai alternatif cara membiayai hidup yang stabil sampai menuju keberhasilan secara finansial.
  2. Mengembangkan keahlian yang diperlukan oleh para freelancer dari berbagai bidang melalui peluang dalam bersosialisasi (Networking) dan training dari para ahli.
  3. Menjadi wadah forum bertukar pikiran dan informasi di antara para anggota dan pihak2 yg berkepentingan.
  4. Untuk memperjuangkan kepentingan freelancer di Indonesia dan meneruskan keprihatinan dan aspirasi mereka kepada institusi pemerintah dan badan2 yang bisa mengeluarkan ketetapan.

IFA adalah organisasi non-profit, dimana kita bertujuan berkumpul di sini tanpa ada tujuan mengambil keuntungan apapun dari anggota yang bergabung, karena tujuan utama kita adalah murni untuk saling SHARING / BERBAGI.
IFA akan mengadakan meetup/acara pertemuan tiap bulannya, kemungkinan kita keliling kota-kota di Indonesia dimana program sudah kami susun untuk tiap bulannya dari mulai Juli 2013 sampai December 2014 tahun depan.

Dan inilah para pendekar yang bersedia menjadi pengurus IFA untuk periode pertama Juli 2013- Juli 2015 (2 tahun), terima kasih teman-teman atas kesediaannya:

Fungsi Nama
President: Daniel G. Pratidya
Secretary: Mira N. Sahid & Reni Heryani
Financial Officer: Diana & Prisila Pareira
Section of Education: Dian Suryadi & A. Koessitoresmi
Section of PR & Publication: Yudi Sufiadi & Haris
Section of Membership: Anddy Susanto

Kepengurusan akan di-reshufle tiap 2 tahun.

So, we are ready to get you even smarter, kami akan secara resmi meluncurkan website kami di Bulan September 2013 dan merencakan menjadikan salah satu hari di Bulan Oktober menjadi hari berkumpulnya para Freelancer dari Seluruh Indonesia sebagai "Freelancer Day". Dan event ini akan menjadi event tahunan di setiap Bulan Oktober.

Konsep kami ini didukung penuh oleh komunitas-komunitas bisnis lainnya di Indonesia seperti Tangan Di Atas (TDA), Startuplokal, MyOyeah.com, dan juga Freelancer.co.id



dan rencananya kami akan kolaborasi dalam mengadakan event-event ke depan dengan mereka, dan juga kemungkinan bekerja sama dengan komunitas bisnis yang lain yang telah eksis di Indonesia. Kami juga akan Tour ke kampus-kampus di Indonesia untuk memperkenalkan freelancing sebagai cara mencari uang tambahan bagi mahasiswa.

Campus Tour Prasetiya Mulya, BSD

Semua pertanyaan, pembahasan, diskusi, ilmu dan pengetahuan seputar freelancing akan kami jawab di sini dan kita akan adakan pelatihan-pelatihan yang diperlukan dan diinginkan oleh para freelancer yang membutuhkan. Semua itu akan  kami arsipkan untuk menjadi satu referensi yang paten dan bisa diakses oleh anggota-anggota IFA di seluruh Indonesia yang bergabung. Dan semua itu asalnya dari para freelancer dan untuk para freelancer.

Harapan kami bahwa kita semua di Indonesia bisa menjadi pekerja yang mandiri dan juga kemungkinan untuk menjadi pengusaha yang mandiri. Tidak menantikan lagi "payday" / THR / dll (tapi kalo masih dapat, ya tentu juga diterima dong dengan rasa syukur :) ) karena kita sudah punya sumber penghasilan sendiri yang bisa dihandalkan, tidak ada lagi keluhan gaji kurang, tidak ada lagi macet2an di jalan, tidak ada lagi harus tinggal di kota besar mencari nafkah, dan kita semua bisa hidup bahagia dan tenang dekat bersama keluarga yang kita cintai. Amin.
Ke depannya, kita akan berusaha agar mendapatkan perhatian agar pekerja freelance bisa diakui penghasilannya dan mendapatkan juga manfaat-manfaat seperti asuransi kesehatan, record penghasilan dan rekomendasi untuk mendapatkan persetujuan pengajuan kredit dari Bank, dll. Tercapai atau tidaknya tujuan dan cita-cita kami tergantung dari dukungan Anda dan kontribusi Anda terhadap IFA.
Intinya kami memberikan kailnya bukan ikan hasil tangkapannya dan kami hanya ingin berbagi dan membantu teman-teman di seluruh Indonesia supaya mempunyai kehidupan yang lebih baik, TIDAK MUDAH memang! TAPI tetap mungkin dilakukan dan bersama-sama kita PASTI BISA!

Kalau Anda setuju, punya cita-cita dan harapan yang sama dan ingin bergabung bersama kami untuk memulai ini, Yuk! mari kita majukan Indonesia tercinta ini bersama. Biaya registrasi hanya kami pasang Rp. 10,000 sebagai tanda keseriusan Anda dan itupun akan dipergunakan untuk kepentingan Anda sendiri, tidak ada maksud apapun. Tapi kalau Anda pengguna Freelancer.co.id, mereka memberikan sponsornya kepada kami sehingga biayanya bagi Anda menjadi GRATIS. Kalau mau signup dulu silakan. Setiap calon anggota akan diverifikasi datanya dan akan mendapatkan kartu member dimana kami akan menjalin kerjasama dengan pihak2 tertentu untuk bisa mendapatkan diskon2 tertentu seperti internet provider, toko buku, dll yang ada hubungannya dengan menambah ilmu pengetahuan dan kemudahan yang menunjang kegiatan para freelancer.

Cara Pendaftarannya silakan isi formulirnya di SINI. Bisa mudah diakses dari browser PC or Gadget Anda.

Selamat bergabung di IFA!
For Indonesia's Freelancers
For Indonesia's Future.

Salam,
Daniel G. Pratidya