Jangan buru-buru Terima Proyek Freelance

Sepertinya sudah mulai "menjamur" orang yang tertarik bekerja online dari rumah secara freelance di situs web seperti freelancer.co.id. Para pendatang barupun sudah mulai mengerti cara kerjanya. Banyak pertanyaan tentang langkah-langkah awal dan saya harus berulang-ulang mengingatkan hal yang paling utama yang penting yaitu agar tidak terburu-buru menerima ketika sebuah proyek di-award kepada kita. Ingatlah bahwa begitu kita Accept sebuah proyek, maka biaya proyek (10%) akan langsung dikenakan kepada kita (bukan setelah pekerjaan selesai dan dibayar).

Pernahkah Anda menerima email seperti ini?

Email Pemberitahuan Project Award - Bidding Proyek

Atau seperti ini?
Email Pemberitahuan ada Project Award - via tombol HIRE ME
Perlu diketahui bahwa pada sistem yang sekarang (kira-kira mulai pertengahan 2013) ketika kita melakukan bidding, maka kita tidak bisa melihat profil si employer / pembuat proyek. Kita hanya bisa melihat reputasi performance mereka sebagai employer (apakah bisa dipercaya atau tidak) dari simbol-simbol bintang mereka, metode pembayaran terverifikasi, email terverifikasi dan juga bendera negara asal mereka.


Pada saat employer mengirimkan pesan (belum Award), adalah saat kita mempunyai akses untuk melihat lebih detail tentang data-data si employer:
  1. Username dan gambar profil si employer akan ditampilkan di halaman proyek,
  2. Kita bisa membuka profil page si employer dan mengklik tombol "Pemberi Kerja" di pojok kanan atas,
  3. Kita bisa membalas pesan (chat 2 arah),
  4. Kita bisa melampirkan file-file contoh di kotak obrolan/chat,
Sebagai contoh berikut ini adalah profile 'pemberi kerja' / employer dari user: fugls004 dengan url address: https://www.freelancer.co.id/u/fugls004.html dimana jika Anda membuka link tersebut Anda hanya akan melihat profil dia sebagai freelancer saja, sedangkan profil sebagai employer terkunci. Tentu saja profil freelancer user ini tidak ada reputasi sama sekali, karena sebenarnya user ini adalah seorang employer dan yang biasanya mencari freelancer untuk dipekerjakan. Jika saya yang membuka link tersebut, maka saya bisa melihat dan melakukan ke-4 hal di atas karena saya sudah pernah bekerja sama dengan dia.



Banyak juga kejadiannya, employer langsung Award proyek, tanpa mengirim pesan terlebih dahulu yang dalam kondisi ini tentunya 4 hal di atas juga berlaku.

Yang ingin saya katakan di sini adalah bahwa kita punya kesempatan meneliti dan menelusuri terlebih dahulu sebelum akhirnya kita putuskan untuk ACCEPT sebuah proyek. Berikut ini adalah yang saya biasa lakukan sebelum menerima proyek yang di-award kepada saya (Know Your Customer):
  1. TELUSURI PROFIL EMPLOYER: ini kesempatan kita melihat review dari freelancer-freelancer yang sudah bekerjasama dengan dia, apa kata para freelancer mengenai orang ini, apakah bayar tepat waktu? apakah seorang yang jujur? apakah seorang perfeksionis? apakah seorang penipu? Kita juga bisa melihat angka2 dari skala 1-5 bintang yang diberikan untuk menilai si employer ini. Untuk mengidentifikasi potensial atau tidak baca lagi artikel "Browsing/Memilih Proyek yang Berpotensial".
  2. KIRIM PESAN: mengirim/membalas pesan ke si employer meminta intruksi lebih lanjut atau mengirimkan file contoh untuk memastikan bahwa apa yang saya tangkap dari deskripsi awal employer sudah sesuai dengan apa yang employer inginkan. Lebih sering pesan ini berupa pertanyaan-pertanyaan lebih lanjut ttg proyeknya. Ini sebagai pancingan, agar si employer menjawab dengan lebih detail (nah... dari jawabannya kita pasti bisa tahu apakah orang ini serius atau tidak).
  3. MINTA MILESTONES: Jika hasil akhir yang diinginkan sudah disepakati dan dimengerti oleh baik dia maupun kita (ini penting! agar tidak ada salah paham ketika menyerahkan hasil kerjaan), maka sayapun meminta agar si employer membuat pembayaran milestones seperti nilai penawaran yang saya ajukan. Minta langsung 100%, toh dananya akan dipegang oleh pihak Freelancer.com (penengah), dan dia tetap yang memegang kendali apakah bisa dirilis atau tidak. Well, walaupun demikian jika setelah kita menyerahkan hasil pekerjaan yang SESUAI dengan kesepakatan, ada perselisihan / perdebatan, maka kitapun sebagai freelancer juga bisa mengajukan Dispute/Persengkataan agar milestones bisa diperebutkan dengan jurinya tim arbitrasi Freelancer.com (terus terang saya tidak pernah, karena saya selalu memastikan pekerjaan saya akan sesuai dengan keinginan si employer). Bagaimana kita tahu bahwa si employer sudah membuat pembayaran milestones (tanda jadi)? Akan ada email pemberitahuan dari Freelancer.com seperti gambar di bawah ini dan juga kita bisa lihat di websitenya pada ikon pemberitahuan di pojok kanan-atas.
Email pemberitahuan bahwa Employer telah membuat Tanda jadi (milestones)

Ikon pemberitahuan ketika employer membuat milestones di website

Dari pertimbangan ketiga hal tersebut di atas, silakan ACCEPT atau TIDAK proyeknya.

Penting juga nih untuk diketahui bahwa banyak orang yang salah mengerti dengan membuat proyek (post project) dimana justru dia mengharapkan bisa dapat kerjaan, bukan memberi pekerjaan. Kerugian kita sebagai freelancer di sini adalah jika ada proyek yang seperti ini dan proyek di-award ke kita, lalu kita Accept proyek tersebut, maka akun kita akan langsung dipotong biaya proyek (10%) tanpa ada harapan kita akan mendapat bayaran dari proyek tersebut dan biaya proyek tersebut pun akan sulit untuk kembali kepada kita.

Selamat mencoba, semoga berhasil :)


13 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. kak kalo kita mau mengambil tawaran dan udah mau setuju.. emang bener harus bayar dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Indah,

      bayar gimana maksudnya? kalau maksudnya potong biaya proyek 10% dan yg motong freelancer dot com, ya memang benar. Saldo kita akan terpotong begitu kita Accept proyek yg di-Award ke kita.
      Tapi kalau kita disuruh bayar ke website lain atau via paypal/ skrill dll secara langsung, itu pasti fraud (penipuan)

      Delete
    2. Iya kak diminta sebagai jaminan (refubdable security) tapi nanti bibalikin katannya setelah 1 bulan. Jadi di suruh bayaR dulu baru proyeknnya di kasihkan.

      Delete
    3. Ini pernah terjadi terhadap saya juga kak, tapi untngnya projeknya saya tolak karena menurut saya kita disini bekerja dan mencari uang, bukan malah membayar pikir saya seperti itu, jadi kedepannya untuk teman-teman selalu hati2 dalam menerima projek, harus ada komunikasi yang panjang dan jelas dulu.

      Delete
  3. Terimakasih atas infonya admin. Saya di surih bayar ke skrill untungnya saya baca blog ini

    ReplyDelete
  4. Halo pak Daniel
    Terimakasih sudah berbagi ttg frelancer tp saya masih bingung (maklum newbie),bagaimana caranya upload file yang sudah selesai di kerjakan....mohon pencerahannya master

    ReplyDelete
  5. Saya ingat, untuk proyek pertama saldo saya kan masih 0, jadi saat dipotong jadi minus.

    Saya agak ragu juga, tapi ketika proyek selesai saya tetap terima bayaran, jadi nggak minus lagi. Untungnya nggak ada penipuan. Hanya saja orangnya pelit, bahkan untuk kasih rating dan review aja mesti diingetin berulangkali dengan alasan lagi sibuk. Seingat saya ada jeda sebulan sejak dia bayar lalu akhirnya saya terima rating dan review, padahal seharusnya itu dilakukan dengan segera. Mikir kok cuma urusan dia sendiri. Kasih rating dan review paling cuma 2-3 menit.

    Mari kita belajar jadi orang yang tidak pelit seperti itu, ingat kepentingan orang lain dan bisa atur waktu. Kasihan orang yang sudah bekerja pada kita, bukan hanya uang yang mereka butuhkan tapi juga reputasi.

    Nggak mau lagi sebetulnya saya bekerja sama orang dari negara Ba- dan yang seteritori, sebab mereka terkenal pelit. Bayangkan, contoh pekerjaan: susun artikel 5000 kata bayaran cuma 8-21 USD. Kan gila.

    ReplyDelete
  6. Selamat malam Pak,, saya telah mencoba buat akun di freelancer.com... apakah saya wajib memeberikan no cvv kartu kredit saya untuk verifikasi pembayarannya.. apakah adah biaya yg tiba2 masuk pd kartu kredit saya nantinya.. mohon petunjuj ya Pak. Terima kasih.

    ReplyDelete
  7. No cvv cc itu sifatnya rahasia. Hati2 banyak penipuan di situs begituan

    ReplyDelete
  8. Kak, kalo diminta KTP kemungkinan besar itu SCAM, gak?
    Tolong di jawab, Suwun 🙏

    ReplyDelete
  9. selamat sore mau menanyakan ketika gbung membership akan dikenankan biaya melalui debit/ kartu kredit apakah aman ?

    ReplyDelete
  10. Infonya sangat beramnfaat untuk lebih berhati hati dalam menerima Pekerjaan Freelance, terimakasih banyak

    ReplyDelete