Memenangkan Proyek pertama Freelance

Pertanyaan ini sering sekali berulang-ulang ke email saya, jadi saya postingkan di sini jawabannya biar bisa dibaca sama semua orang.

Mendapatkan proyek pertama adalah yg paling sulit bagi sebagian banyak orang termasuk saya dulu.
Jadi saya tidak heran jika Anda pun belum dpt proyek satupun.
Dulu saya setelah 3 bulan baru dapat proyek, itupun hanya proyek perjam dengan $2 per jam, 2 jam per hari kerja. Pekerjaannya adalah meng-copy paste data di website lalu diolah di spreadsheet XL.
Tapi sy tdk menyangka bahwa proyek itu jadi cikal bakal karier saya berfreelancing, dan bahkan sampai hari ini saya masih menangani proyek tsb dan meng-hire satu teman saya utk membantu mengerjakannya tiap hari (tarifnya sekarang mjd $7 per hari karena pekerjaannya bertambah).

Proyek Pertama Saya di Freelancer.co.id (Web Scrapping)

Kebetulan keahlian saya adalah juga hobi saya, dan itu yg membuat saya kembali terus dan bisa memberikan yang terbaik bahkan selalu lebih dari yg employer harapkan dan hasilnya sangat sering mereka memberi bonus dari hasil pekerjaan saya tersebut siapapun employernya, meskipun saya tdk pernah mengharapkan karena memang itu hobi saya dan bagi saya tidak perlu membayar lebih, tapi tentu saya juga tidak menolak bonus :) Yang jelas kita harus jujur mengatakan apa yg bisa dan tidak bisa, lama pekerjaan dan sebagainya, mereka akan lebih menghargai.

Selama 3 bulan tsb, saya login tiap hari mempelajari proses bidding mencoba segala bentuk proposal yg sy ajukan, mempelajari cara kerja dan aturan main di situs itu dan mencoba menawar di harga terendah agar menarik perhatian si employer (bisa memberikan sample sesuai deskripsi proyek adalah yang paling jitu).
Reputasi sy waktu itu benar2 nol, seakan-akan tidak mungkin dilirik. Oleh karena itulah ketika mulai berhasil, sy berbagi pengalaman saya di blog.

Saya secara continue terus memantau dan mencoba dengan segala cara (yg sesuai aturan main tentunya). Sebetulnya tidak perlu standby online terus, tapi memang ada baiknya juga karena kita bisa menjadi orang pertama yg memasukkan bid dan dilihat oleh employer ketika mereka masih online.
Apalagi jika kita bisa menawarkan sesuatu yg menarik perhatiannya (tp bukan berarti melebih2kan, dan menjanjikan yg muluk2 cth: mengatakan bisa selesai cepat tp tidak terealisasi, menawar murah tp tidak diselesaikan, dsb...)

Tapi setelah lama sy mulai punya pengalaman dan reputasi, saya menyimpulkan bahwa waktu terbaik utk "manteng" online memantau proyek2 terbaru adalah jam
6-10 pagi utk para employer dari USA dan jam 3 sore - 3 pagi utk para employer asal UK (dan eropa lainnya).
Mulai jam 8 malam sampai jam 3 pagi USA dan UK (dan eropa) sangat berpotensi bagi kita utk mendapatkan proyek.

No comments:

Post a Comment