Ketik Captcha, Ikut/Enggak?

Pernah dapat pesan dari calon Employer di situs Freelancer seperti berikut ini? dengan tatanan bahasa Inggris alakadarnya atau pesan lain yang intinya sama:

Thanks for Bid My Project.Now you are part of my project.

If You working everyday and your typing speed is good, In this project You can earn 150$-200$ per month.

You must start work every day between below that time:
**** 9PM to 9AM (Indian or Philippians time or GMT = +4).****

WORKING STEP :====>>

Download The Working Software Below That Link: (https:\\...)
After Download, Open The Working Software And Put Your Login Username And Password.
Login UserName: xxxxx
Login UserName: 1234

Working Rules :===>>

Your work just type the code and enter for continue.

When Show Code/image Case Sensitive, Then Type Both Capital And Smaller.

Otherwise type all code/image Smaller.

You must space between two code/image.

Type fast without time-out, else your id will be banned for 30 minutes.

Working time :===>>

**Please start work right now and continue work everyday specially during:
9PM to 9AM (Indian or Philippians time or GMT = +4)
Check Entry:===>>

Please Save your entry count every time before close the software.

You can see your entry Top Of the software.
When you close the software and open again then your entry will be show zero(0).
So When you take rest in every time you must count your entry and save it into a notepad.
After complete 7k target Inform me via email, Then i will check your entry Into Our Database.
Also send me your working username after complete the target via email.

Payment and Target :===>>


Minimum Target: 7k=7000 (code)

Minimum Payout is 30$
After earned 30$ please inform me via email. And also tell me your payment method.

We can pay via PayPal/MoneyBookers/Odesk.com/Freelancer.com/Payza/Payoneer

MasterCard.
If you work 4-5 hours a day or more if you can then you easily reach my given target before my given time.

You must complete 7k before 4 days.

Wish you all the best.

Please,

Continue work everyday and try to work daily at-least 3-5 hours.
Type fast without time-out, else your id will be banned for 30 minutes.
After complete 7k please inform me via Email.

Thanks.

Saya postingkan opini saya tentang proyek seperti ini karena teralu banyak teman-teman yang menanyakan via email, takutnya saya gak sempet jawab privately dan supaya lebih mudah di baca oleh newbie yang lain.

Apa itu Captcha?

Captcha adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart". Keluar sebagai kode-kode/gambar campuran huruf atau angka yang sedemikian rupa sehingga tidak bisa dibaca oleh program otomatis ("bot") di internet dengan alasan keamanan situs. Biasanya tantangan captcha akan keluar ketika kita ingin memberi komentar, mendaftar keanggotaan, dan lupa password di situs tertentu. Di sini situs tersebut ingin memastikan bahwa yang melakukan interaksi adalah benar-benar manusia bukan bot.

Ilustrasi Captcha
image source: www.tedxvienna.at/blog/more-than-the-sum-of-its-parts-harnessing-collective-intelligence/

Sebetulnya apa bahayanya sih kalau bot? Jawabannya terlalu luas, jadi kita bahas yang simple saja: masalahnya adalah seorang programmer yang membuat program bot, bisa membuat akun-akun baru secara otomatis dengan berbagai tujuan seperti mengirimkan komentar/pesan spam (marketing), bisa juga bertujuan membebani server sehingga menciptakan error dan akhirnya mencari kelemahan untuk menembus pertahanan situs tersebut (hacking).

Dengan memasang Captcha seperti ini akan sangat membantu dalam pengamanan sebuah situs tertentu, tentunya ini adalah salah satu cara dari banyak cara lainnya. Banyak situs-situs yang memasang captcha sebagai pengamanan seperti situs online banking, facebook, yahoo, dll.

Jadi apa masalahnya dengan proyek captcha?

Situs-situs yang menggunakan layanan captcha tersebut meng-outsource-kan tampilan kode-kode captcha yang acak setiap saat kepada sebuah situs penyedia capthca. Nah, di sini penyedia layanan captcha memerlukan interaksi manusia untuk mencocokkan (tidak bisa program komputer otomatis) dan mereka memerlukan banyak operator data entri dan harus betul-betul banyak karena situs yang membutuhkan captcha banyak sekali dan hampir setiap detik permintaan pencocokan captcha ini keluar dari seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu mereka merekrut manusia yang mau melakukan proyek data entri ini, tugasnya mudah, hanya mengetik captcha :)

Saya tidak tahu persis TARIF SESUNGGUHNYA, ada yang bilang $10 per 1000 kode/entri, ada yang bilang $30 per 7000 entri, dan sebagainya. Karena kenyataannya belum pernah saya mendengar cerita sukses pembayaran dari proyek-proyek seperti ini (termasuk yang nulis nih :) pengalaman pribadi). Yang ada adalah para oknum "employer" yang punya akses sebagai pekerja pengetik captcha resmi dan mencoba mengumpulkan para newbie freelancer dengan memberikan syarat yang sangat tidak mungkin dikerjakan seperti contoh pesan di atas.

Tidak ada yang pernah menyelesaikan target yang ditentukan (setidaknya yang saya tahu). Kebanyakan para pengetik menyerah setelah 2-3 hari karena mulai merasa dibodohi. Apalagi harus bekerja di saat orang-orang normal tidur. Username dan password yang diberikan adalah milik si employer palsu itu sendiri, dan jika Anda mengetik melalui akun itu, maka sebenarnya dialah yang diuntungkan dan bahwa Anda sebenarnya mengerjakan pekerjaan dia. Sebenarnya tidak masalah kalau akhirnya benar-benar dibayar! Hmm... jangan harap deh! Meskipun Anda memenuhi target yang ditentukan akan ada alasan lain yang menyatakan bahwa Anda tidak memenuhi syarat (mis: terlalu lama mengetik, tingkat keakuratan rendah, dsb...)

Bayangkan ketika si "employer" palsu tersebut berhasil mengumpulkan 10 orang saja yang rela bekerja seminggu saja. Ada yang mengetik 2000 entri, ada yang 3500 entri, dsb... maka dia telah mengumpulkan pundi-pundinya sendiri sekitar paling minim 30,000 entri dan dia bisa mencairkan bayarannya dengan mudah. Dan ingat! tanpa membayar sepeserpun kepada 10 pengetik yang membantu dia. Dia berarti makan hasil keringat orang, kurang ajar gak sih? :)

Saran saya

Simple, begitu terima pesan seperti di atas, jangan diteruskan! Tinggalkan saja dan cari proyek lain.
Ini hanyalah opini saya dan perlu saya ingatkan kepada para freelancer newbie agar tidak buang-buang waktu dan tenaga percuma!

Kalau memang ingin mencoba, silakan minta pembayaran milestone kepada pemilik proyek untuk pekerjaan seminggu atau jika target pertama tercapai. Jangan mulai bekerja jika tidak ada milestones.
Employer yang serius pasti mau membuat milestones payment, karena memang baru dirilis setelah target pekerjaan tercapai.

Semoga berhasil
Cheers