Freelancer.co.id telah mengubah hidup saya

Dari dulu yang saya tahu bahwa untuk mencapai hidup enak adalah dengan bekerja keras. Masalahnya banyak orang bekerja keras tetapi mereka belum bisa menikmati hidup enak, kenapa? Mungkin Anda tahu jawabannya tapi belum juga mengambil tindakan.

Lalu bagaimana dengan Tahun ini? Apakah Anda sudah punya rencana untuk mencapai hidup enak? Saya sudah.

Semenjak bergabung dengan Freelancer.co.id, pola pikir saya terhadap bagaimana mencapai hidup enak berubah, kenapa? Kalau Anda bekerja keras selama Anda tidak berpikir keluar dari kotak, Anda tidak akan tahu apa yang terjadi jika Anda tidak melangkah di luar sana. Saya mendapati bahwa penghasilan saya yang tadinya hanya ‘cukup’, telah berubah menjadi ‘lebih’ dan ini tetap terus bertahan. Bagaimana ini bisa terjadi? Kenapa sekarang saya selalu surplus dan tidak pernah defisit lagi?

Reputasi saya di Freelancer.co.id termasuk “excellent”, silakan cek di www.freelancer.co.id/u/danielgpratidya.html dan itu semua saya peroleh baru dalam waktu 1 tahun 3 bulan. Total pendapatan saya selama ini sekarang sudah lebih dari USD. $20000. (update per 22 Nov 2014 = $100,000 USD)

Kunci pertama adalah apabila kita selalu berpikir positif maka kita akan mendapatkan hasil yang positif dan dalam hal ini Anda harus benar-benar berusaha selalu berpikiran positif sewaktu menyaksikan hasilnya dan selalu bersyukur apapun/bagaimanapun itu, dan percayalah bahwa berikutnya Anda akan mendapatkan lebih lagi.

Kunci kedua adalah ‘kepepet’. Bersyukurlah orang-orang yang sudah pernah ‘kepepet’ dalam hidupnya, tapi bisa keluar dari kesulitannya, saya bisa konfirmasikan bahwa saya adalah salah satu bukti hidupnya. Ketika manusia terdesak, dia akan berpikir di luar batas imajinasinya untuk lebih kreatif dan ingin segera keluar dari keadaan terdesak, tapi hati-hati, INGAT kunci pertama di atas plus ‘eling’ dengan Yang Di Atas! Salah-salah Anda menuju arah yang negatif. Tapi bagaimana kalau Anda tidak ‘kepepet’? Maka sebaiknya kondisikan diri Anda jadi ‘kepepet’. Mudah, potong anggaran Anda untuk makan enak, pulsa HP/BB/tablet, langganan internet, jalan-jalan, dll lalu investasikan uang hasil potongan tersebut ke sesuatu yang bisa mendatangkan uang sendiri tanpa Anda bekerja di situ, masih ingin contohnya? Lebih baik Anda pikirkan sendiri, itu mudah sekali. Nah, dengan anggaran yang terbatas sekarang Anda ‘kepepet’ menjalani hari-hari Anda.

Kunci ketiga adalah pantang menyerah. Anda boleh tidak percaya bahwa sebelum bergabung di Freelancer.co.id, saya hanya bisa membuat laporan table dan rumus-rumus sederhana di Microsoft Excel dan sedikit bisa berbahasa Inggris pasif, tapi sekarang pelanggan-pelanggan saya menyebut saya “genius”, “expert” dan “extremely smart in Excel”, bahkan saya sekarang adalah translator Bahasa Inggris-Indonesia berbintang 5 untuk beberapa situs web. Anda bisa mulai dari hobi (apapun itu, silakan perluas pemikiran Anda). Apabila kita berangkat dari hobi untuk melakukan suatu pekerjaan, kita tidak akan bosan karena bagaimanapun itu hobi Anda dan ketika Anda menemui hambatan, maka Anda akan kembali lagi berkutat dengan masalah itu sampai dapat pemecahan masalahnya dan itulah yang menjadikan Anda bisa menjadi pantang menyerah dan berhasil.

Kunci keempat adalah kesabaran. Setiap kegagalan akan menambah pengalaman Anda dan pengetahuan Anda, jangan khawatir, tidak ada yang lebih membuat Anda berhasil daripada itu.

Kunci kelima adalah melakukan lebih. Pada saat kesempatan datang dan Anda mengerjakan suatu proyek, usahakan selalu mengerjakan lebih dari yang diminta, tidak perlu terlalu banyak tapi jadikan itu kesan yang baik yang tak terlupakan bagi employer. Ini akan menjadi jaminan agar mereka kembali kepada Anda untuk proyek-proyek berikutnya.

Dengan reputasi saya sekarang, tiap minggu setidaknya saya pasti memenangkan 1 proyek bernilai minimum $200 dan hanya perlu 2-3 hari untuk menyelesaikannya, dan saya tidak melihat kemungkinan bahwa saya tidak akan dapat proyek sama sekali dalam waktu yang lama. Kalau Anda belum tahu di Freelancer.co.id ada lebih dari 600 macam kategori pekerjaan dan jumlah pengguna yang mencapai hampir 7 juta orang dari seluruh dunia. Memang tidak semuanya aktif menjadi employer ataupun freelancer, tapi kenyataannya mereka meramaikan pasar tenaga kerja ini, dan membuat peluang bisnis dan pekerjaan di sini menjadi tinggi.

Satu-satunya hal yang bisa membuat saya tidak produktif di sini adalah kalau saya tidak bisa bekerja karena sakit. Sekarang Anda bisa bayangkan kalau ternyata tinggi rendahnya penghasilan kita tergantung dari kita sendiri, kita yang atur sendiri, dan apapun hasilnya adalah karena kita sendiri. Anda bebas memilih bagaimana Anda ingin bekerja, kapan Anda ingin bekerja, dan apa yang ingin Anda kerjakan.

Saya selalu bangga dan senang melihat rekan dari Indonesia yang mempunyai reputasi hebat di Freelancer.co.id, ini menunjukan kepada dunia bahwa kita putra-putri Indonesia bisa diperhitungkan di dunia Internasional. Siapa tahu pada saat saya mulai kelebihan order dan saya harus konsentrasi penuh di sana, saya akan mencari Anda yang bereputasi untuk membantu saya.

Jadi, Anda tunggu apa lagi? Anda bisa kembali ke blog ini kapan saja Anda mau, tapi sekarang segera buka www.freelancer.co.id dan coba kejar reputasi saya. Bagi yang belum mendaftar silakan klik di sini

Semoga bermanfaat dan menjadikan semangat inspirasi baru di Indonesia!

Salam,