About Me


Hai, nama saya adalah Daniel G. Pratidya dan saya adalah seorang freelancer online. Berawal dari "kepepet" masalah keuangan keluarga saya dimana saya adalah ayah dari 4 orang anak yang mengagumkan dan tentunya suami dari seorang istri setia yang selalu menemani dan support saya dalam segala hal yang membuat saya bisa menghadirkan dunia di hadapan mereka. Bagaimanapun keluarga adalah yang utama bagi saya, apapun akan saya lakukan demi kesejahteraan keluarga.

Biaya sekolah 4 anak dan biaya kehidupan ini tidaklah murah bro and sist, tapi saya rasa semua juga tahu itu. Saya bekerja di perusahaan sejak tahun 2000 setelah saya lulus dari Institut Pertanian Bogor dari jurusan Mekanisasi Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian Februari 1999 (saya adalah A'31 / angkatan 1994). Latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya tidak akan berhubungan sama sekali dengan blog ini, oleh karena itu tidak perlu kita bahas ok :)

So, anyway... I end up with this financial difficutlties di awal tahun 2011. Waktu itu saya bekerja sebagai Factory Manager sebuah perusahaan packaging Food & Beverage di Cikarang dan.... masih sih sampai saya menulis ini (masih belum bisa "take off" nih). Singkat cerita saya menemukan cara mencari uang tambahan di internet dengan bekerja secara online dan ternyata banyak sekali situs-situs seperti itu sekarang ini sebut saja freelancer.com, elance.com, odesk.com, guru.com, 99designs.com, truelancer.com, sribulancer.com, dll. Yang menarik adalah sebagai freelancer online, saya punya kesempatan berpenghasilan dollar dengan mengerjakan proyek-proyek yang dipasang di situs-situs freelancing tersebut.

Setahu saya yang saat ini terbesar adalah Freelancer.com dan pelanggan saya adalah yang paling banyak dari sana. Saya terkadang overload dengan proyek padahal bidang keahlian saya hanyalah Excel VBA (Visual Basic Automation). Jadi tidak salah kalau saya pernah mengatakan bahwa jadi Freelancer Online belum tentu tidak punya penghasilan tetap seperti kata orang. Asal tekun dan terus berusaha, maka kesempatan dapat order pekerjaan/proyek akan terus berdatangan, percaya aja deh :)
Sampai-sampai freelancer.com menulis cerita sukses saya di sini dan juga menjadikannya salah satu dari kisah-kisah freelancer sukses dari seluruh dunia di komunitas platform mereka yang dicetak dalam bentuk coffee book dalam perayaan pencapaian 15 juta pengguna tanggal 2 April 2015.

Ok, segitu saja singkat tentang saya, selamat menikmati konten di blog saya ini, semoga bermanfaat.



Salam,