Buku "Jadi Freelancer Kaya"

Workshop bersama penulis


Periode penjualan khusus buku ini (25 Juli - 3 Agustus 2016) dibundling dengan tiket mengikuti workshop bersama saya di Jakarta, di markas penerbit Visimedia Jl. H, Montong No.57, Ciganjur-Jagakarsa, tanggal 6 & 13 Agustus 2016. Workhop ini adalah bimbingan langsung dari saya dimana Anda bisa mendengarkan penjelasan langsung dari saya dan lebih leluasa bertanya, berdiskusi dan mengetahui secara lebih mendalam segala hal yang dibahas dalam buku ini untuk dipraktekkan langsung, memastikan Anda mempunyai cukup bekal untuk siap terjun ke dunia freelancing dan memenangkan proyek serta mulai menikmati hasilnya.

Anda bisa memesan bundling buku + tiket workshop ini di bukalapak.com, pelapaknya adalah Republik Fiksi. Workshop khusus ini hanya untuk 200 orang pendaftar, sangat terbatas, jadi mending buruan deh.

Inilah buku persembahan saya untuk teman-teman yang tertarik mau ikut terjun ke dunia freelance. Buku ini sudah didistribusi ke seluruh Indonesia. Anda sudah bisa menemukan buku ini di toko-toko buku seperti Gramedia atau Gunung Agung. Buku ini di-endorse oleh Willix Halim, Senior Vice President of Growth Freelancer.com dan Faiz Ab, Business Relationship Manager of Payoneer.com 

Dalam buku ini dibahas secara mendalam mulai dari titik tolak seseorang yang ingin memutuskan ber-freelancing, petunjuk teknis melengkapi portofolio yang baik, pentunjuk teknis memasang penawaran (mengikuti tender proyek), menghitung nilai penawaran Anda dan perkiraan waktu pengerjaan proyek, tips dan trik serta contoh-contoh proposal penawaran yang simpel tapi "nendang", waktu yang ideal untuk memonitor proyek dan mengajukan penawaran sampai ke masalah bagaimana seorang freelancer menghadapi pelanggannya termasuk trik agar bisa mendapatkan proyek-proyek lanjutan dengan pemberi kerja yang sama dan mempertahankannya. Juga ada petunjuk teknis mempersiapkan cara penarikan uang hasil kerja online Anda di situs-situs freelancing (Payoneer, Paypal dan Skrill), juga tips sewaktu mendaftarkan metode pembayaran (PayPal, Skrill dan Kartu Kredit) serta tentang masalah verifikasi akun. Ada juga tips bagaimana Anda sebagai freelancer mengatur keuangan (yang pemasukannya berfluktuasi) dan mengatur waktu kerja, istirahat dan waktu untuk keluarga serta refreshing. Semua ini untuk menjamin penghasilan Anda secara kontinyu dengan selalu bekerja tanpa ada waktu terbuang percuma ("nganggur").

Penerbit Visimedia, xviii + 206 hlm; 14 cm x 21 cm ISBN: 979-065-269-0

Fleksibilitas waktu bekerja untuk para freelancer bukan berarti bebas mengerjakan proyek seenaknya tanpa ada target penyelesaian. Justru jika Anda seorang freelancer, maka deadline proyek adalah salah satu faktor yang harus Anda patuhi dan penuhi. Perbedaan mendalam antara bekerja tetap di perusahaan dengan freelancer adalah jam kerja. Hal menarik bagi seorang freelancer adalah bahwa mereka bisa mempunyai waktu lebih untuk keluarga dan tidak pernah mengeluhkan jalan macet, bbm naik, sanksi potong gaji, THR, kenaikan gaji, dll.

Untuk menjadi freelancer, Anda harus self-motivated, ini berarti tidak ada yang menghukum jika Anda berbuat salah, tidak ada atasan yang mengontrol pekerjaan kita, tidak ada bos yang memarahi, dll. Semua tanggung jawab penuh adalah di tangan kita. Jika ada kesalahan, perbaiki sendiri, jika tidur larut malam atau bahkan sampai pagi, tidak ada yang mengharuskan Anda bangun pagi untuk berangkat ke tempat kerja. Dan bagusnya :) Anda tidak perlu membuat laporan bulanan :)

Jadi berhasil atau tidaknya Anda menjadi freelancer yang sukses, adalah murni karena usaha Anda sendiri. Besarnya penghasilan freelancer berbanding lurus dengan kegiatan dan produktivitas Anda secara langsung, tidak tergantung dari penilaian atasan Anda.

Jika dulu freelancer dianggap sebagai orang yang tidak punya pekerjaan tetap (kadang kerja kadang enggak), maka sekarang pernyataan itu tidak sepenuhnya benar. Dengan adanya internet yang menembus batas ruang dan waktu, maka jangkauan pelanggan Anda bukan hanya di sekitar Anda secara lokal. Di sini kita bicara tentang potensi pelanggan Internasional yang jumlahnya bisa dikatakan tak terbatas. Satu orang pelanggan bisa punya beberapa proyek untuk Anda dan bahkan ada yang memerlukan jasa Anda setiap hari.

Bagaimana Anda menjamin ketersediaan proyek untuk dikerjakan setiap hari dan mengumpulkan pundi-pundi perolehan yang jumlahnya akan sangat diluar dugaan Anda? Rata-rata penghasilan freelancer pada 1 proyek lebih besar dari gaji bulanan seorang karyawan tetap (tergantung bidangnya). Lalu bagaimana jika proyek besar tersebut terus-menerus bisa Anda dapatkan setiap hari? Bisa membayangkan total potensi penghasilan yang bisa Anda dapat?

Jadi.... yuk! Baca dulu deh buku "Jadi Freelancer Kaya" ini, saya yakin akan menjawab sebagian besar pertanyaan mendasar Anda tentang freelancing dan membuat Anda yakin untuk terjun ke dunia freelancing dan mengatasi masalah finansial Anda. Pada saat Anda sudah mulai memahami freelancing, Anda akan bisa bebas memilih sendiri kepada siapa Anda bekerja, kapan mengerjakannya dan dimana Anda ingin bekerja.

Oh ya.... pada bab akhir buku ini, Anda bisa membaca cerita sukses para freelancer top Indonesia yang sangat menginspirasi sebagai bukti nyata bahwa freelancing bisa Anda jadikan pilihan dalam berkarir dan menghidupi keluarga Anda dan bahkan bisa mengarahkan Anda untuk memulai usaha startup sendiri. Semoga bermanfaat!


Untuk teman-teman di luar Jakarta, silakan cari bukunya di Toko Buku Gramedia atau Gunung Agung terdekat.