Pasang Proyek Kerja Freelance Online dan Wujudkan Impian Anda!

Terima kasih atas usulan dan permintaan dari beberapa pembaca blog agar ada juga tips and trick bagi para Employer dalam memasang proyek.

Sesungguhnya memasang proyek di Freelancer.co.id lebih mudah daripada mencari pekerjaan :)
Tetapi tetap harus hati-hati agar tidak kecewa, buang-buang waktu apalagi buang-buang uang. Kalau kita bisa memanfaatkan dengan baik dan berlaku profesional di sini, maka semuanya akan lebih mudah dan semuanya bisa meraih kesuksesan.

Di sini Anda bisa memasang proyek apa saja yang Anda bisa pikirkan, bahkan sesuatu yang Anda anggap tidak mungkin dikerjakan ataupun hanya menjadi impian Anda baik Anda mengerti/punya gambaran atau tidak cara membuatnya. Freelancer itu sangat kreatif dan Anda akan terkejut dengan kemampuan mereka di sini (paling tidak kebanyakan employer bersaksi seperti ini).

Seperti halnya para freelancer, employer juga dikenakan project's fee ketika sebuah proyek yang kita pasang kita berikan (award) kepada freelancer pilihan kita. Besarnya tergantung program keanggotaan yang aktif, silakan lihat tabel Tarif & Biaya.

Garis Besar memasang sebuah proyek agar berhasil sampai Anda mendapatkan output yang memuaskan adalah sebagai berikut:

1. Memposting Proyek

  • Tentukan Judul proyek yg memberikan kesan pertama yg menarik dan jelas ttg isi proyek Anda.
  • Tentukan sampai dgn 5 Kategori proyek yg paling tepat/berkaitan dgn keahlian para freelancer agar mengarahkan Anda kepada freelancer yang tepat.
  • Tentukan anggaran proyek sesuai budget Anda, tapi semakin besar range anggaran, semakin besar kemungkinan Anda mengundang freelancer2 yg TOP dan profesional.
  • Jika perlu, gunakan fitur Syarat sertifikasi tertentu agar lebih menyaring freelancer berkualitas.
  • Untuk pekerjaan desain, mungkin lebih baik mempostingkan sebuah kontes dimana Anda bisa menerima banyak desain masukkan utk Anda pilih dengan range hadiah kontes sesuai anggaran Anda.

Memposting Sebuah Proyek

2. Memilih Freelancer

  • Freelancer yang teratas dalam daftar bid di halaman proyek Anda adalah yang paling direkomendasikan (rate tinggi, perolehan sdh banyak, review banyak, pengalaman lebih tinggi) tapi posisi daftar bid, kemungkinan akan terus berubah dengan masuknya penawaran kemudian dari freelancer yg bereputasi lebih tinggi.
  • Buka halaman profil mereka, lihat komentar-komentar para employer yang sudah pernah bekerja dengan freelancer tsb. Ini bisa menggambarkan bagaimana orang tsb bekerja dan kesan-kesan para employer terdahulunya.
  • Lihat rating mereka dan portofolio yang dipasang, cari jika ada yang menarik bagi Anda dan sesuai dengan pekerjaan yang akan Anda berikan.
  • Baca resume mereka, ini menggambarkan pengalaman mereka dan kapasitasnya. Tapi mungkin tidak terlalu bisa dihandalkan sebagai pertimbangan, karena terus terang di sini orang bisa menulis bebas apa saja. Jika Anda tertarik Anda bisa menanyakan lebih lanjut dengan mengirimkan pesan private (pm) dengan chat/message system yang tersedia.
  • Yang terakhir Anda lihat seharusnya adalah berapa besar penawaran yang diajukan. Anda bisa saja memilih yang paling murah, tapi harus memastikan bahwa freelancer tsb bisa mengerjakan dengan baik proyek Anda dan berkomitmen tinggi. Belum tentu juga semakin tinggi harga, semakin bagus kualitas pekerjaannya. Di sini yang paling membuktikan kualitas adalah reputasi dan pengalaman dari freelancer tsb.
  • Freelancer baru: ini adalah kesempatan bagi Anda memperoleh hasil pekerjaan yang paling memuaskan dengan harga relatif lebih murah. Di sisi freelancer, mereka mengutamakan mencari reputasi dan pengalaman, uang no.2 sedangkan freelancer baru akan lebih bersemangat bekerja daripada yang sudah lama. Hanya saja harus hati-hati karena employer baru vs freelancer baru paling sering terjadi kesalahpahaman, karena banyak hal (contohnya: sama-sama tidak mengerti harus bagaimana).

3. Interview freelancer untuk memastikan

  • Ajukan pertanyaan tentang proyek Anda kepada para freelancer yg Anda pilih.
  • Pastikan mereka setidaknya bisa menjelaskan sejauh mana pengertian dan bagaimana rencana mereka utk menyelesaikan proyek Anda.
  • Bagi mereka yang menyerahkan sample pekerjaan tentunya lebih mudah dinilai dan diverifikasi.
  • Pastikan tidak ada kesalahpahaman tentang CAKUPAN proyek, batas akhir/produk final yang Anda inginkan dalam proyek tsb. Seringkali para employer menambah/mengubah instruksinya setelah melihat 50% / 100% pekerjaan, oleh karena itu pastikan bahwa Anda menyampaikan kemungkinan ini, agar freelancer tsb bisa memperkirakan dari awal range harga / estimasi fee yang harus dia terima di akhir proyek.
  • Lebih baik Anda bernegosiasi tarik-ulur, berdebat, tawar-menawar, "berkelahi" di depan sebelumnya daripada mengatasi masalah dan belakangan menyesal. Semakin detail negosiasi dan diskusinya, akan semakin hebat hasil yang akan Anda peroleh.
  • Jangan mencantumkan ataupun menyampaikan kontak Anda baik no telpon, email, bbm, ataupun lainnya, karena kita tidak diperbolehkan berkomunikasi di luar situs ini sebelum proyek di-Award dan si freelancer menerima utk bekerja pada proyek Anda.

4. Buatlah Pembayaran Milestones (Tanda Jadi) setelah proyek Anda Award kepada freelancer.

  • Seorang employer yang profesional selalu menghargai calon freelancernya, oleh karena itu apabila sudah deal/setuju dengan harga dan cakupan proyek, maka Anda HARUS membuat pembayaran Tanda jadi (milestones payment) atas proyek ini.
  • Besarnya milestones yang dibuat adalah sesuai dengan permintaan dari si freelancer yg jumlahnya diajukan pada saat mereka memasang bid.
  • Milestones ini tidaklah diterima langsung oleh freelancer sampai Anda merilisnya di akhir proyek jika Anda telah puas dengan hasil pekerjaan mereka.
  • Milestones bisa Anda bagi-bagi sesuai dengan target penyelesaian tahap-tahap dalam proyek yang agak besar. Contoh: nilai proyek $500, maka Anda bisa membuat 5 milestones @ $100, setiap penyelesaian 20% dari keseluruhan pekerjaan oleh si freelancer, Anda bisa merilis $100. Begitu terus sampai pekerjaan 100% selesai dan sesuai dengan keinginan Anda.
  • Pastikan Anda telah memeriksa dan meminta perbaikan seperlunya sampai Anda mendapatkan output yg benar-benar Anda inginkan.
  • Membayar milestones bisa dengan menggunakan saldo pada akun Freelancer.com Anda (jika ada), ataupun dengan menggunakan Kartu Kredit ataupun akun PayPal atau Skrill Anda.
  • Memverifikasi metode pembayaran Anda sebelum memasang proyek akan menampilkan badge/lencana "terverifikasi" pada profil Anda di sebelah username Anda. Ini akan membuat para freelancer yakin dan percaya kepada Anda serta menunjukkan bahwa Anda seorang profesional.


5. Merilis Milestones dan memberikan feedback.

  • Setelah proyek benar-benar selesai dan Anda telah memperoleh hasil yang diinginkan, Anda harus merilis milestones agar uangnya bisa diserahkan kepada si freelancer.
  • Begitu Anda berhasil merilis milestones, maka Anda sebaiknya menuliskan review/feedback untuk si freelancer, berikan rating dan pendapat Anda, ceritakan pengalaman Anda bekerja dengan dia. Ada 5 hal point yang harus dinilai dari skala 1-5 bintang. Biasanya utk pekerjaan yg berhasil diselesaikan, baik employer maupun freelancer akan saling memberikan full 5 bintang. Ini akan menjadi reputasi Anda sebagai employer untuk dilihat para calon freelancer Anda pada proyek2 berikutnya.
  • Perlu diperhatikan bahwa Anda ataupun freelancer tidak bisa saling memberikan feedback/review sebelum pembayaran milestones dirilis 100% (atau lebih) sesuai dengan angka yang disetujui di awal (cth: angka bid).
  • Anda punya hak menahan milestones ini jika pekerjaan belum selesai ataupun freelancer lari tanpa khabar lagi :) Anda bisa mengajukan Dispute / persengketaan akan proyek ini dan kalau memang perlu ekskalasi ke Tahap Arbitrasi dimana bukti-bukti kuat Anda bisa serahkan yang menunjukkan bahwa proyek tidak selesai (file2, skrip pembicaraan, pesan-pesan, dll.)
Memposting Feedback dari DASHBOARD setelah proyek selesai.

Sementara segitu dulu, kalau ada pertanyaan mari kita diskusikan di bagian komentar :) Jadi tunggu apalagi? langsung aja postingkan proyek pertama Anda di sana.

Semoga Sukses.
Daniel G. Pratidya