Lencana Freelancer Pilihan di Freelancer.com


Apa sih manfaatnya punya lencana Freelancer Pilihan ini? Bagaimana mendapatkannya? Apa saja syaratnya? Yuk kita kupas tuntas sekarang juga.

Lencana Freelancer Pilihan

Gampang-gampang susah untuk mendapatkan lencana ini agar terdaftar sebagai seorang Freelancer Pilihan, atau yang dalam bahasa Inggris "Preferred Freelancer" ini. Ada 7 syarat yang harus terpenuhi:

  1. Tingkat Penyelesaian proyek minimal 60%
  2. Paling tidak sudah pernah menyelesaikan 3 proyek
  3. Tingkat Persengketaan (Dispute) di bawah 10%
  4. Menyelesaikan 75% proyek sesuai anggaran
  5. Menyelesaikan 75% proyek tepat waktu
  6. Penilaian bintangnya minimal 4 bintang
  7. Keanggotaan minimal adalah PLUS ($9.95 USD per bulan)
Untuk memeriksa apakah Anda lulus dari semua persyaratan, bisa buka halaman ini (perlu login).
Untuk yang baru memulai, kurang lebih hasil pemeriksaannya akan seperti gambar di bawah ini:


Kalau kita lulus semua persyaratan dan memperoleh lencana ini di profil kita, maka lencana ini akan terus melekat di samping nama pengguna kita pada waktu bidding.
Setelah kita jadi seorang Freelancer Pilihan, tawaran proyek Ekslusif (yang biasanya besar-besar nilainya) akan terus berdatangan dari para Recruiter Freelancer.com yang akan mengirimkan pesan langsung ke kita menawarkan untuk ikut bid di sebuah proyek.

Biaya proyek TIDAK DIPOTONG DI DEPAN seperti proyek reguler, melainkan akan dipotong setelah proyek selesai dan milestones dirilis oleh employernya dan besarnya biaya proyek bukan 5% atau 10% seperti proyek regular tergantung keanggotaan, tapi biaya proyeknya adalah 15%.

Ada beberapa kode etik yang harus dipertahankan dan dilaksanakan oleh para Freelancer Pilihan, seperti tidak mengungkapkan/mengeluhkan besarnya biaya proyek kepada employer, merespon secepat mungkin ketika ada pesan masuk, mempertahankan persyaratan minimum seperti pada gambar di atas, tidak melanggar kode etik dan peraturan situs secara umum, dll.

Kita bisa memilih untuk "istirahat sebentar" dan tidak ingin menerima info proyek atau pesan dari para recuiter dan juga tentunya tidak menampilkan lencana Freelancer Pilihan untuk sementara, kita bisa menonaktifkannya dari halaman pengaturan, pada Tab "Pengaturan Akun" (perlu login).


Selamat mencoba melamar jadi Freelancer Pilihan, Anda hampir tidak akan pernah kehabisan proyek!