Kenapa tidak dapat menawar dalam proyek di Freelancer.co.id?

Yang perlu diperhatikan dalam membuat penawaran (bidding) di Freelancer.co.id adalah:

1. Sebagai contoh jatah/kuota penawaran untuk Free Member adalah maximum 10 bid per bulan, kalau ini habis, maka harus tunggu isi ulang besoknya. Kecepatan waktu isi ulang bid ini bisa lebih cepat seiring perolehan review, kredit point, XP yg kita dapatkan dan proyek yang kita rampungkan dan dibayar melalui sistem pembayaran tanda jadi (milestones) di situs Freelancer.co.id yg ditandai dengan naiknya level kita (lihat bar hijau di atas, sebelahnya ada angka, itu menandakan kita level berapa).
Informasi Jatah Bid

Bar Atas

2. KATEGORI proyek yang di-bid harus kita miliki minimal salah satunya. Kategori proyek bisa dilihat di bagian bawah deskripsi project.
Syarat Keahlian harus punya 1 atau lebih


3. Pada proyek yang BERSYARAT, si employer menentukan bahwa freelancer yang bisa menawar adalah tertentu saja yang sudah lulus ujian tertentu (mis: Ujian Bahasa Inggris Level 1, dsb...)
Syarat harus lulus ujian tertentu dan syarat menggunakan Papan Klarifikasi Publik


4. Pada proyek yang bersyarat NDA (Non disclosure Agreement) atau Perjanjian Kerahasiaan, maka sebelum bid, freelancer harus menyetujui perjanjian ini dulu yg tautannya bisa dilihat di atas deskripsi proyek.



Mudah-mudahan gak ada yg kelewat, kalo masih ada pertanyaan, please feel free tanya lagi.

11 comments:

  1. Selamat siang mas daniel...
    saya mencoba untuk melakukan penawaran tapi diarahkan untuk melakukan pembayaran, saya masih di level 3. Apakah untuk bisa melakukan penawaran saya diharuskan untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu?
    Saya sudah mempunyai akun paypal, namun belum terverifikasi karena saya tidak mempunyai kartu kredit, lalu apa yang harus saya lakukan??
    Maaf mas terlalu banyak pertanyaan, maklum masih belum paham...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo lagi Eva,

      Tentu saja tidak! Kemungkinan Anda sudah kehabisan jatah Bid (lihat no.1 di artikel ini), otomatis Freelancer.co.id akan menyarankan Anda untuk meningkatkan keanggotaan agar jatah bid bisa bertambah. Dan untuk meningkatkan keanggotaan, maka Anda harus melakukan pembayaran.

      Jadi itu adalah pilihan, TIDAK diharuskan!
      Saran saya, tunggu sampai bid Anda kembali +1 baru bid lagi (mungkin keesokan harinya). Tapi kalau Anda tidak ingin menunggu, pilihannya adalah meningkatkan keanggotaan seperti yang disarankan oleh Freelancer.co.id tsb.

      Kalau ternyata jatah bid Anda masih ada, mohon beritahu saya apakah ke-4 hal di atas (artikel ini) tidak satupun yg Anda alami, atau silakan beritahu saya url proyeknya, mungkin saya bisa bantu cek.

      Salam,
      Daniel

      Delete
    2. Untuk PayPal yg belum terverifikasi, memang masih jadi dilema teman-teman yang lain yg masih belum punya kartu kredit. Sebenarnya bisa membuka akun Skrill (Moneybookers) tapi sayang saya tidak tahu lebih mendalam ttg Skrill karena saya tidak menggunakan itu, coba pelajari:

      http://www.facebook.com/freelancer.co.id/posts/605961739432088

      Delete
    3. terima kasih mas informasinya.., saya sudah bisa melakukan penawaran, walau ada beberapa proyek yang tidak bisa saya ikuti..profile saya di freelancer freelancer.co.id/u/vhaluve.html

      Delete
  2. pak daniel, apakah freelancer.co.id sudah memiliki kantor di jakarta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo itu nanya ke Bu Helma Kusuma aja sebagai Indonesia Country Manager of Freelancer.com
      Coba tanyakan di fesbuk page Freelancer Indonesia saja mas Yoga.

      Delete
  3. pak daniel, saya mau bertanya lagi. ujian apa saja yang menurut bapak wajib saya ikuti? yang gratis ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ujian yang gratis hanya ada dua dan yang wajib bagi Freelancer adalah Freelancer Orientation Exam, silakan dicoba sampai lulus, semua jawaban bisa dipelajari di bagian FAQ / Pertanyaan Sering Diajukan.

      Yang gratis satunya adalah Employer Orientation Exam, ditujukan untuk employer, tapi bagus juga untuk menambah pengetahuan para freelancer dalam memahami cara kerja keseluruhan situs ini.

      Delete
  4. pak mohon penjelasan ringkas untuk melakukan penawaran dan mendapatkan kerjaan sebgai freelancer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk melakukan penawaran silakan buka:
      http://www.youtube.com/watch?v=Rcs9S0SXDqw

      Utk tahap mendapatkan kerjaan:
      1. Setelah kita bid proyek, tunggu message dari employer, lalu bahas ttg pekerjaannya.
      2. Proyek di-award (diberikan ke kita / kita dipilih)
      3. Employer membuat milestones
      4. Kita baru Accept proyek tsb (jgn accept kalau blm ada milestones)
      5. Kita mulai kerja atau menyerahkan hasil kerja 100%
      6. Emplyer mereview hasil kerjaan, dan keseringan mereka minta perbaikan.
      7. Setelah bolak-balik sampai employernya puas/senang dgn hasil kerja kita, minta employer merilis milestones-nya sebagai pembayaran ke akun kita di Freelancer.com

      Delete
  5. Saya baru pemula, dan saya ditawari security fee... Saya tidak yakin setelah saya browsing. Jadi sudah jelas tahapan pekerjaan proyeknya ya. Terima kasih atas penjelasannya.

    ReplyDelete