Bagaimana memenangkan lelang (& mendapatkan banyak uang) melalui Freelancer.co.id

Saya akan jujur : memenangkan sebuah lelang/penawaran kerja di Freelancer.co.id tidak mudah.

Namun, jika Anda tahu apa yang harus dilakukan dan Anda terus melakukannya sesering mungkin, Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk memenangkan banyak proyek serta mendapatkan uang lebih banyak dibanding teman-teman Anda yang hanya bekerja kantoran.

Tidak cukup hanya dengan Anda memiliki keahlian – seperti bagaimana Anda berusaha mengesankan employer ketika melamar pekerjaan dalam kehidupan nyata, Anda juga sebaiknya dapat menarik perhatian Employer di Freelancer.co.id. Ini caranya :

1. Percantik Halaman Profil Anda dalam site ini. 
Pasang sebuah foto profil yang menunjukan siapa Anda. Jangan mengosongkan foto profil - employer selalu curiga terhadap halaman profil yang kosong tanpa foto!

Lengkapi semua isian - headings, sub-headings, seperti juga semua deskripsi yang dapat menggambarkan kapasitas bekerja Anda dalam proyek berkaitan. Buatlah sesingkat mungkin, namun sangat informatif : jangan membuat employer Anda membaca terlalu banyak hal-hal tidak penting – ingatlah Anda berhubungan dengan orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu. Deskripsi sebaiknya menunjukan kepercayaan diri Anda dengan keahlian yang Anda miliki – tapi jangan melebih-lebihkan. Pada akhirnya, employer mencari freelancer yang dapat dipercaya dan jujur/bisa diandalkan – bukan seseorang yang berbohong tentang dirinya (dan berakhir dengan tidak dapat mengerjakan pekerjaan yang dibebankan.)

Jika Anda memiliki uang lebih sedikit, ambillah sertifikasi dan ujian yang disediakan oleh Freelancer.co.id. Lencana yang Anda dapatkan untuk setiap ujian yang bisa Anda selesaikan akan sangat membantu employer dalam menilai kemampuan Anda. Paling tidak, Anda sebaiknya mengambil Freelancer General Orientation Exam, sehingga Anda dapat memahami lebih baik bagaimana site ini bekerja – serta Anda dapat sepenuhnya menjawab pertanyaan-pertanyaan dari employer Anda, yang mungkin juga pengguna yang baru masuk ke site ini.

Sebagai Freelancer, Anda harus satu langkah lebih tahu dibanding Employer Anda berkaitan dengan pemahaman bagaimana Freelancer.co.id bekerja. Karena bagaimanapun juga, Anda adalah pihak yang memberikan pelayanan/service.

Sebagai contoh klik di sini danielgpratidya

2. Pastikan untuk menelusuri site ini mencari proyek yang sesuai dengan keahlian Anda. 
Jangan menunggu pengumuman lowongan pekerjaan yang dikirimkan lewat email oleh Freelancer.co.id – ini mungkin akan terlambat, dan Anda akan melihat bagaimana orang lain banyak yang sudah mulai bidding terlebih dulu dibanding Anda, terutama untuk proyek-proyek yang mudah dan sederhana.

Lebih baik memasukkan penawaran lebih cepat – jika memungkinkan, tawar sesegera mungkin sesaat setelah proyek di post dalam site ini. Tapi pastikan Anda mengerti dengan jelas proyeknya, karena Freelancer yang cerdik lebih disukai oleh Employer.

3. Bicara dan menulis dalam Bahasa Inggris dengan baik. 
Tidak perlu sempurna (kecuali Anda memasukkan penawaran untuk proyek-proyek yang menuntut Anda bisa berbicara Bahasa Inggris dengan sangat baik), namun Anda paling tidak bisa berbicara dan menulis sedikit dalam bahasa Inggris yang pantas ketika bidding atau menyelesaikan proyek untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman!

Berikut adalah beberapa tip ketika bidding untuk sebuah proyek :


1. Tentukan Harga Proyek.
Pemahaman yang jelas terhadap deskripsi sebuah proyek akan sangat membantu Anda dalam menentukan nilai/harga proyek Anda. Deskripsi pekerjaan yang panjang tidak berarti pekerjaan yang diminta sulit – bahkan mungkin pekerjaan yang diminta lebih mudah dalam pengerjaannya! Kebanyakan orang melakukan penawaran dengan harga yang lebih mahal karena panjangnya deskripsi proyek bersangkutan. Saya selalu memenangkan proyek-proyek semacam ini karena saya mengerti apa yang dibutuhkan Employer dalam pekerjaan tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit, sehingga saya bisa menawar dengan harga lebih rendah dibanding orang lain.

Dibanding menentukan harga berdasarkan panjangnya deskripsi proyek, lebih baik menentukan harga berdasarkan lamanya waktu yang Anda pikir dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Tentu saja bagaimana Anda menentukan harga dan kapasitas Anda tergantung pada bagaimana Anda menilai keahlian Anda. Tapi ingatlah, jika Anda melakukan bidding dengan harga tinggi, Anda harus meyakinkan Employer bahwa kualitas pekerjaan Anda pantas dengan harga yang Anda tawarkan. Kata-kata saja tidak akan cukup : Anda sebaiknya menunjukkan sampel pekerjaan Anda kepada Employer. (Jika Anda ingin mulai mengerjakan proyek hanya untuk membuktikan bahwa Anda bisa mengerjakan proyek tersebut, berhati-hatilah untuk tidak memberikan seluruh hasil pekerjaan Anda sebelum Employer membuat Milestone Payment dalam sistem yang tersedia dalam site ini untuk menjamin pembayaran dari Employer.)

Jika Anda melihat banyak orang menawar dengan harga lebih rendah setelah Anda memasukkan penawaran, cek ulang apakah Anda memahami betul deskripsi pekerjaan yang diminta serta ubahlah dengan harga yang lebih rendah (jika diperlukan.)

Jangan menawar dengan harga lebih rendah dari usaha dan waktu yang Anda harus habiskan untuk mengerjakan proyek tersebut, karena walaupun kemudian Anda memenangkan proyek tersebut, Anda akan merasa kecewa dan putus asa telah mengerjakan proyek yang menghabiskan usaha dan waktu Anda lebih banyak dari bayaran yang Anda terima.


2. Gunakan fitur Sponsored Bid di Freelancer.co.id.
Ketika angka reputasi saya masih rendah waktu saya baru gabung pertama kali dengan freelancer.co.id, saya selalu menawar di harga lebih rendah – bahkan terkadang berada di urutan terakhir dari daftar mereka yang memasukkan penawaran untuk proyek tersebut. Namun, dengan menggunakan fitur Sponsored Bid di dalam site freelancer.co.id yang biayanya sekitar US $1 (= IDR 9,500), tawaran saya tersebut akan langsung berada di daftar teratas.

Sebelum diberi Sponsor,  saya di no. 4

Pasang Sponsor Bid

Saya sekarang di paling atas







Menggunakan fitur ini sangat penting karena tawaran Anda akan lebih diperhatikan oleh Employer. Hasilnya...


Berhasil Dimenangkan!

3. Tunjukan Keahlian Anda.
Ketika Employer memberikan respon kepada Anda, jangan sia-siakan kesempatan tersebut untuk menunjukan kemampuan Anda. Tunjukan kepada mereka contoh/sample pekerjaan Anda yang bisa memperlihatkan bagaimana Anda mengerti deskripsi pekerjaan yang diberikan serta Anda memiki kemampuan untuk menyelesaikan proyek dari Employer bersangkutan.

 Jangan melebih-lebihkan. Jujurlah dengan bagaimana Anda akan mengerjakan proyek tersebut. Jika Anda tidak bisa mengerjakan beberapa hal, Googling dulu sebelum menjawab pertanyaan mereka.
  Jangan menyerah pada hal-hal yang Anda belum mengerti dengan baik. Ingatlah, Internet adalah cara terbaik untuk mencari tahu dan belajar lebih banyak.
Jujurlah menyebutkan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Jika diperlukan, tambahkan 25% lebih lama dari waktu sebenarnya yang Anda perlukan – KECUALI Anda sangat yakin Anda dapat mengerjakannya dengan lebih cepat. Employer akan lebih mengerti mengapa Anda butuh waktu lebih lama untuk mengerjakan proyek bersangkutan jika mereka merasa bahwa Anda sudah benar-benar memahami detail pekerjaan dan apa yang diinginkan dari proyek tersebut.

Mengatakan bahwa Anda dapat menyelesaikan proyek dengan lebih cepat tidak akan mengesankan Employer. Bahkan, beberapa Employer akan curiga bahwa kita tidak benar-benar memahami apa yang mereka inginkan untuk proyek tersebut. Kebanyakan Employer lebih menyukai kualitas pekerjaan dibandingkan berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk menyelesaikan proyek tersebut.

4. Pastikan bahwa Anda memahami semua yang diinginkan Employer.


  Pastikan tidak ada kesalahpahaman antara Anda dengan Employer Anda, karena hal ini akan menimbulkan persengketaan di kemudian hari yang akan merusak reputasi Anda. Reputasi Anda adalah bekal terbaik yang dibutuhkan untuk memenangkan lelang/penawaran.
  Tanyakan lebih banyak pertanyaan jika Anda kurang memahami beberapa point dalam deskripsi proyek. Mereka akan lebih menghargai minat Anda terhadap detail proyek serta akan membimbing Anda sampai Anda mengerti. Namun, jangan malas untuk melakukan riset dengan Googling terlebih dahulu mencari jawabannya, karena mereka bisa berasumsi Anda tidak cukup memiliki kapabilitas mengerjakan proyek tersebut karena pertanyaan-pertanyaan tidak relevan yang Anda tanyakan.
   Simpulkan apa yang telah Anda mengerti secara detail dan minta persetujuan kepada mereka – kemudian tunggu respon dari mereka.

5. Pastikan mereka telah membuat milestone payment dalam sistem yang disediakan site ini sebelum Anda mulai mengerjakan proyek mereka.


Ingatkan mereka dengan sopan untuk membuat Milestone Payment. Anda bisa mendorong mereka melakukan hal itu dengan kata-kata seperti :
aHi, I know you’re busy and I’m sorry to bother you, but I haven’t seen you create a Milestone Payment for this project yet.
bHi, could you set the Milestone Payment please before I continue?
c.  Thanks for awarding me this project. I will accept this once I see you’ve set the Milestone Payment for this project.

  Lebih baik tidak buru-buru menerima proyek sebelum Anda melihat Employer membuat Milestone Payment dalam site ini. Anda sebaiknya selalu meminta mereka membuat Milestone Payment terlebih dulu. Jangan bekerja untuk seseorang yang tidak ingin membuat milestone payment dalam site KECUALI Anda sudah mengenal Employer dan/atau Anda pernah bekerja dengan Employer yang sama untuk lebih dari 3 proyek.

   Untuk memberi petunjuk terhadap berapa prosentase pembayaran dimuka yang sebaiknya diminta, ini beberapa yang bisa dijadikan acuan :

a. Jika nilai proyek antara US$30-$100, Anda sebaiknya meminta 100% milestone payment karena hal ini menunjukkan kepada Employer bahwa Anda serius menyelesaikan pekerjaan tersebut.

b. Jika nilai proyek antara US$100 - $250, Anda sebaiknya meminta 50% milestone payment karena untuk harga yang lebih tinggi, Employer akan lebih hati-hati mengingat kondisi kemungkinan mereka tidak bisa menarik uang mereka kembali dengan mudah. (Namun, untuk beberapa Employer, pembayaran dimuka 100% bukan masalah.)

c. Untuk proyek besar dengan nilai di atas US$250, bisanya akan lebih banyak membutuhkan waktu Anda untuk menyelesaikan proyek tersebut – sehingga Anda tidak perlu meminta lebih dari 25% milestone payment. 10% sudah cukup. Laporkan saja perkembangan pengerjaan proyek, dan minta Employer melakukan Milestone Payment berikutnya setelah yang pertama dibayarkan sehingga Anda dapat melanjutkan pengerjaan proyek ke tahap selanjutnya.


  • Selama ada Milestone Payment untuk proyek Anda, Anda akan aman. Dan seandainya dibutuhkan di kemudian hari, Anda dapat menggunakan Dispute Service yang disediakan Freelancer.co.id untuk menyelesaikan masalah pembayaran.

6. Tips terakhir dari saya yang merupakan senjata rahasia (melibatkan kerja keras dan pengorbanan)

Cepat selesaikan 50% dari pekerjaan sebelum mulai melakukan penawaran, sehingga Employer dapat menilai keahlian/kemampuan kita lebih cepat.

Setelah mempersiapkan contoh/sample pekerjaan, sering-seringlah refresh halaman proyek – terutama jika Employer saat itu sedang online. Cek apakah Employer sudah memberikan proyek kepada orang lain. Jika ya, lebih baik tinggalkan dan segera berburu proyek yang lain.

Ketika Anda siap untuk memasukan penawaran, jangan lupa lampirkan contoh/sample pekerjaan dan katakanlah :
a. I have done your project, please check and test. It’s available in pmb
b. You don’t have to wait too long anymore, please find my work in pmb.
c. I am almost done, let’s discuss this in further detail.

Ada banyak lagi hal-hal teknis lainnya yang Anda akan temukan sendiri, tapi menurut saya point-point di atas sudah cukup. Cara terbaik adalah mencoba sendiri dan menemukan cara yang paling pas.

Semoga ini dapat menginspirasi teman-teman di seluruh Indonesia!


Excel Programmer
Daniel G Pratidya
User dari Freelancer.co.id di Jakarta, Indonesia

243 comments:

  1. Ginong, hebat advis dan blog mu. congrats ya!

    ReplyDelete
  2. Thank you Wi, kalau ada pertanyaan atau masukkan lebih lanjut you're also welcome.

    ReplyDelete
  3. Thanks tipsnya, mas Daniel...
    salam kenal..

    saya juga member freelancer, jobdesk di design graphic..

    saya mau tanya soal payment..
    selama ini uang hasil freelance saya simpan di paypal (pakai VCC), tapi sudah expired..

    apa ada cara lain supaya hasil uang freelancer kita langsung bisa di direct ke tabungan kita (misal: BCA )

    Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas Christian,
      Salam kenal juga.

      Selama ini saya juga pakai PayPal.
      Untuk direct transfer (Penarikan Ekspres) ke rekening kita, menurut Indonesia Country Manager (Bu Helma Kusuma) masih dalam proses, tapi katanya sih memang akan direalisasikan.

      President of Growth, Willix Halim, waktu press conference di Hotel Sultan pada acara launching Freelancer.co.id tgl 3 October 2012 yang lalu menjanjikan ini di depan para media. Saya dengar sendiri karena kebetulan waktu itu saya diundang menjadi salah satu speaker untuk sharing pengalaman di acara tersebut.

      Ada kemungkinan mereka masih mempertimbangkan jumlah user di Indonesia yang masih di bawah target mereka. Tapi saya tidak tahu persis.

      Pilihan lain adalah mengajukan Kartu Debit Freelancer yang aplikasinya bisa dibuat di site tersebut, dimana kartu ini bisa digunakan di hampir seluruh ATM di Indonesia berlogo Master Card. Biaya transfernya GRATIS!
      Kalo gak salah 1 bulan bisa jadi dan dikirimkan ke alamat kita.

      Cara paling direct adalah dengan Transfer Elektronik, kalau dari menunya sekarang sudah ada pilihan Country: Indonesia, harusnya sudah bisa langsung ke BCA, biaya $25 (ehmm... gede bgt!) akan dipotong dari jumlah yang ditransfer dan konversi kursnya adalah yg berlaku di situs Freelancer.co.id (ehmm..lagi).
      Catatan: Untuk yang satu ini saya juga masih menunggu konfirmasi dari pihak Freelancer.co.id kalau mau tanya langsung silakan ke www.facebook.com/freelancer.co.id

      Kalau tetap ingin pakai PayPal lagi, saran saya:
      1). Ganti/bikin baru VCC-nya (katanya sih ada yg gratis), atau
      2). Pakai Kartu kredit fisik (spt saya).

      Silakan saja pilih cara di atas yang paling pas, semoga bisa membantu.

      Daniel

      Delete
  4. Wah mas, sangar.
    Saya baru intip intip aja sih kalau di freelancer.com
    Semoga tambah lancar tiap nge bid mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aghityo, terima kasih sudah mampir ke sini, semoga bermanfaat and good luck ya!

      Delete
  5. wah, ternyata ini blog mas daniel yang kemaren jadi pembicara di ngaduide x8 bandung ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, kalau ada pertanyaan silakan, pintunya terbuka lebar. Semoga sukses ber-freelancing.

      Delete
  6. Salam kenal Pak Daniel, terimakasih sharingnya, info ini yang saya butuhkan. Semoga saya bisa bergabung dengan freelancer.co.id dan bisa sukses seperti Anda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Ety, saya doakan Anda akan menjadi lebih sukses dari saya. Kalau ada pertanyaan, silakan dipostingkan di sini or bisa juga dipostingkan ke fesbuk page Freelancer.co.id

      Delete
  7. Mas, salam kenal!
    Tolong tipsnya dalam memasukkan portofolio sebagai new freelancer. Apakah boleh hasil karya coba-coba kita, bukan proyek beneran? karena kan memang belum pernah dapet proyek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mas Adam, portofolio content tidak menjadi masalah selama file yg diupload adalah benar2 karya kita (dalam artian punya raw filenya, punya source codenya, dll, dan bisa kita buktikan bila diperlukan bahwa memang betul hasil karya kita sendiri).

      KECUALI:
      1. Kalau ternyata file itu adalah hasil kerja kita bersama perusahaan lain ataupun orang lain baik badan hukum atau bukan dan diikat oleh NDA (Non Disclosure Agreement) YG MENYEBUTKAN bahwa tidak boleh dipublikasikan.
      2. Berbau plagiat/meniru/mengambil ide orang, apalagi menjiplak karya orang.

      Semoga Membantu!
      Salam - Daniel

      Delete
  8. Apakah lebih baik kita mencoba bid saat kita ingin bekerja ataukah ada waktu-waktu tertentu yang paling oke untuk memasukkan bid? Lalu setelah memasukkan bid apakah lebih baik kita tetap online selama mungkin untuk melihat perkembangan bid tersebut? Berhubung kadang-kadang satu pekerjaan bisa cepat sekali ditentukan pemenangnya, tapi ada juga yang berhari-hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling bagus adalah kalau kita tetap login selama kita mengerjakan pekerjaan lain di PC.

      Tapi sebenarnya tidak perlu, kalau memang employer tertarik dengan proposal bid kita, maka dia akan mengirimkan/membalas pesan kita (pastikan Anda mengirimkan pesan pribadi ke mereka), maka dengan sgt cepat akan ada pemberitahuan di email kita bahwa ada pesan masuk, oleh karenanya pastikan akses Anda ke email selalu lancar spt HP/sms.
      Begitu masuk pesan itu, baru kita login lagi ke website dan membalas.

      Fyi, biasanya...menurut pengalaman saya pribadi, proyek yg berhari-hari kecil kemungkinannya utk di-Award, karena MUNGKIN:
      1. Employernya cuma iseng bikin proyek (ngetest doang)
      2. Employer cuma ingin tau pasaran Bidding harganya.
      3. Employer sebenarnya adalah sample collector yg kerjaannya ngumpulin sample2 yg mungking diserahkan oleh para bidder.
      4. Employer sebenarnya sdh deal dgn freelancer tertentu, tapi tunggu biddingnya banyak (ngeselin dan buang2 bid kita).
      5. Employer bener2 sibuk sehingga lupa pernah bikin proyek di Freelancer.co.id
      6. Employer cuma mau cari point XP (kurang kerjaan)
      7. Employer terlalu banyak pertimbangan dan takut mempercayakan proyeknya kepada freelancer krn mnrt dia tdk ada yg meyakinkan, kalaupun akhirnya ada, biasanya mereka berdasarkan diskusi employer vs freelancer akan buka proyek lain yg harganya telah disetujui mereka berdua.

      Jadi jangan tunggu proyek yg seperti ini! Lanjut aja cari yg lain.
      Jgn khawatir, Anda akan mengenali proyek2 spt ini kalau banyak berkutat di dalam Freelancer.co.id

      Semoga membantu

      Delete
  9. Salam kenal..
    Waahh, pak daniel ini sangat memotivasi.
    Semoga kami bisa meniru jejak langkah sukses bapak.
    Saya baru mau mulai ne pak, mohon bimbingannya pak.

    Salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga shideezhi, terima kasih kunjungannya.
      Semoga setelah ikut jejak saya, lalu menyalip saya ke depan sehingga berikutny yang lain bisa mengikuti Anda.

      Kalau ada pertanyaan ataupun keragu-raguan silakan ditanyakan di sini.

      Salam sukses

      Delete
  10. sangat membantu mas bagi pemula seperti saya..heueuue
    tapi saia punya masalah ketika ingin verifikasi pembayaran, saya memilih pakai skrill tapi kok tidak bisa ya?

    apa memang harus pake paypal? padahal pilihannya kan skrill juga ada.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mahisa,

      Terima kasih atas kunjungannya dan pertanyaannya.
      Tidak harus pakai PayPal! (meskipun memang yg paling simple - plng tdk menurut saya), pakai akun Skrill juga bisa kok.

      Untuk lebih jelasnya silakan mempelajari lbh lanjut di fesbuk pagenya Freelancer.co.id (bahasan ttg akun skrill) or langsung buka link ini: http://www.facebook.com/freelancer.co.id/posts/605961739432088

      Semoga Sukses,
      Daniel

      Delete
  11. mas, saya pemula. milestone payment itu apa? hehe makasih atas informasi nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah sorry telat bgt jawabnya nih Dwi.
      Milestone payment = tanda jadi,

      Kalau kita bid suatu proyek, kemudian yg punya proyek memilih bid kita, maka dia harus bikin milestone payment.

      Milestone Payment adalah jumlah uang yg kita (freelancer) minta pada saat kita Bid (50%, 70%, or 100% dari nilai bid yg kita ajukan).

      Setelah pekerjaan selesai dan si employer senang dan puas akan pekerjaan kita, maka dia harus merilis milestone itu untuk dimasukkan ke dalam saldo akun kita di Freelancer.co.id

      Kalo employernya belum bikin milestone payment, jangan mulai kerja, karena kalo ada apa-apa, gak bisa dipersengketakan.

      Semoga jelas ya? Coba browsing proyek yg kamu ingin kerjakan dan praktekin bidding di proyek itu. GRATIS!
      Kalo blm jelas, tanya lagi aja.

      Good luck Dwi.
      Daniel

      Delete
  12. salam kenal pak,,,salam super buat bapak
    ,saya baru daftar ne pak danil,,bisa tolong di cek pak kira2 apa yang kurang http://www.freelancer.co.id/u/eriyan.html
    saya bingung di setoran pak,,maksudnya kita harus bayar sejumlah uang atau gimana pak?saya member free,,saya ga punya duit pak,,heheheh,,,terimakasih sebelumnya,,doakan saya sukses seperti bapak,,sukses terus pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas eriyanto,

      Profilnya sdh 100% lengkap, keren. Tp saran saya jgn masukkan CV di portfolio, karena di situ ada personal contact, itu malah menjadi tidak profesional. Dimana di sini kita tidak diperbolehkan memasang alamat email ataupun no telpon, dll yg berbau personal info.

      Plus ambil Freelancer Orientation Exam, Gratis.
      Supaya lulus, silakan pelajari FAQ.

      Tentang setoran, ada penjelasan saya utk pertanyaan yg sama di halaman sebelah blog saya:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html

      Semoga membantu.
      Daniel

      Delete
    2. trimakasih pak danil..responya cepat,sangat membantu sekali..

      ok pak,,nanti saya remove potofolionya,,
      oke mas saya pelajari FAQ nya dulu,,,
      saya ada invite google talk nya pak danil danil,
      trms,,semoga ga bosan jawab pertanyaan seorang newbie seperti saya yang sangat hijau

      Delete
    3. Maaf, saya jarang sekali (tidak sempat buka GTalk). Tapi kalau baca email dan komen di blog saya rutin tiap hari.
      Jadi silakan tanyakan saja di sini.
      Dan justru saya utamakan menjawab pertanyaan newbie seperti Anda.

      Cheers,
      Daniel

      Delete
    4. oke lah pak,,apa pun itu saya mesti banyak belajar ne sama pak danil,,

      pak,kalau penawaran kita di terima itu pemberitahuanya lewat mana ya pak?

      Delete
    5. Sudah pasti pemberitahuan dikirimkan ke email kita.
      Sebagai contoh subject emailnya seperti ini di bawah ini yg saya ambil dari proyek terbaru yg telah saya kerjakan.

      "You've been awarded "Excel Model, VBA Automation" by Tabibo!"

      Dan isi emailnya seperti ini:

      Hai danielgpratidya,
      Selamat! Tabibo telah memberikan proyeknya kepada Anda "Excel Model, VBA Automation"!

      Jangan biarkan mereka menunggu! Anda mempunyai waktu 36 jam untuk menerima sebelum pemberian proyeknya ditarik secara otomatis.

      Permintaan Tanda Jadi awal Anda telah disampaikan kepada pemberi kerja. Sebuah Pembayaran Tanda Jadi melindungi Anda karena Anda bisa mulai bekerja dengan pikiran yang tenang, mengetahui bahwa dananya sudah ada di sana.
      Pada kejadian yang tidak diinginkan dimana sebuah masalah terjadi yang melibatkan proyek Anda, kami telah menyiapkan sebuah Sistem Resolusi Persengketaan yang dikhususkan untuk melindungi Anda.
      Kami sangat menyarankan Anda untuk tidak memulai pekerjaan sampai sebuah Pembayaran Tanda Jadi dibuat oleh Tabibo.

      -----------------------------------------------------
      Kalau mau lihat proyeknya di url ini:
      https://www.freelancer.com/projects/4546685.html
      -----------------------------------------------------

      Dan pemberitahuan bahwa si employer telah membuat MILESTONES seperti ini:

      "Tabibo created a Milestone Payment for "Excel Model, VBA Automation"


      Dan isi emailnya seperti ini:

      Hai danielgpratidya,

      Berita baik! Tabibo telah membuat Pembayaran Tanda Jadi sebesar$100 USD untuk "Excel Model, VBA Automation".
      Deskripsi Tanda Jadi:
      "Initial milestone request"
      Setelah Anda menyelesaikan pekerjaan mereka, Anda dapat meminta mereka untuk merilis pembayaran ini.
      Ingatlah untuk berkomunikasi dengan Tabibo secara rutin di Freelancer.com untuk memastikan proyek tersebut diselesaikan dengan cepat dan efisien.

      Kalau kita posisi login dalam situs, kita bisa lihat ada pop-up notifikasi di pojok kanan bawah layar, dan bagian paling atas yg ikon tanda seru akan berangka 1 warna merah, klik di situ utk melihat pemberitahuan.

      Delete
    6. oke,,terimakasih pak,super sekali

      Delete
  13. sy blm pernah dpt job ne d freelancer.... smoga setelah baca trit ini bs dapat job... amieenn......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiennn....
      Selamat ya Alam Maya, TOP BGT!
      Saya berdoa semoga proyek Anda terus bertambah, dan Anda pastinya termasuk orang yang telah menginspirasi teman2 di Seluruh Indonesia.

      Delete
  14. Halo pak Daniel
    saya baru sign up di freelancer.co.id jd bener2 tergolong newbie atau malah bayi :D. saya mau tanya langkah2 yang harus saya lakukan apa saja ya pak?

    trus juga saya belum memiliki kemampuan yg cukup (seadanya) di bidang keahlian yang freelancer.co.id tawarkan, apa saya harus nekat mengisinya trus nanti belajar sambil jalan?
    tolong kasih saran atau mungkin sharing pengalaman bapak dulu sewaktu pertama kali mulai di freelancer ini? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Taufik, Langkah2nya:
      1. Lengkapi profil Anda (lihat penjelasan saya atas pertanyaan yg sama di halaman sebelah:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html)

      2. Pilih Skill/Keahlian Anda, saya yakin dari 600 macam pekerjaan yg tersedia ada yg berkaitan dengan paling tidak hobi Anda.

      3. Belajar sambil jalan, memang itu yg saya lakukan dulu, banyak belajar dari si mbah Google. Silakan baca halaman blog saya di point no.1 termasuk jawaban pertanyaan atas komentar beberapa orang di sana. Sharing pengalaman saya pun lebih lengkap di sana.

      Semoga sukses.
      Daniel

      Delete
  15. Salam kenal pak daniel..
    saya freelancer baru nih..
    saya mau bertanya pak, bagaimana caranya agar kita bisa memenangkan bid? atau mungkin ada kata2 yang bisa di usulkan oleh pak daniel untuk menarik employer..

    satu lagi pak, saya masih bingung dengan waktu open project nya..
    waktu open untuk project baru biasanyakan 6 hari..
    apa memang kita harus menunggu sampai 6 hari baru kita tau di hire atau tidak?

    terimakasih sebelumnyapak daniel..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Lyaz, terima kasih atas pertanyaannya.
      Cara memenangkan bid adalah merupakan bahasan pokok dalam artikel saya di halaman ini, silakan baca di atas, termasuk kata2 yg saya gunakan untuk menarik employer jg ada di dalamnya :)

      Kata2 pertama di bid kita sangat penting, harus singkat tapi berarti luas.
      Baru penjelasan lebih dalam bisa kita kirimkan di private message. Sebisa mungkin kirim sample pekerjaan kita atau kalau employer melampirkan sample file, kita bisa bikin sample kerjaan kita dari file employer. Tapi ingat! hanya sample, bukan pekerjaan yg sdh selesai.

      Waktu Open project itu tergantung employer yg membuka proyeknya. Biasanya 1 minggu (bukan 6 hari, memang yg ada pasti terbaca 6 hari 20 jam, dst), ada juga yg 1 hari terserah si employer.

      Kalau memang employer tertarik untuk bekerja dengan kita, employer akan mengirim pesan pribadi kepada kita, jadi tidak harus sampai batas open proyek habis.

      Semoga menjadi jelas. Kalau belum, silakan tanya lagi.
      Daniel

      Delete
  16. selamat pagi mas danil
    postng yang sangat inspiratif...:)
    ,saya new freelancer,mau tanya ..
    saya baru saja mendapatkan PM dari orang yang memasang project yang saya bid,dan memberikan petunjuk disana,pekerjaannya data entry/type chaptca...apakah itu berarti saya telah memenangkan lelang atau gmn??
    mohon pencerahannya..terimakasih seelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi mas Dwi Anggara,

      BELUM!!! Anda dikatakan memenangkan proyek bila proyek di-AWARD kepada Anda dan employer membuat tanda jadi/MILESTONES. Baru dari sini, Anda ACCEPT proyek tsb, lalu mulai bekerja.

      Meskipun ada kemungkinan Anda bisa mendapatkan bayaran dari pekerjaan ini, tapi saya katakan lebih baik jangan, ini hanya buang2 waktu Anda.
      Proyek seperti itu saya pastikan FRAUD project, JANGAN ditanggapi!!!
      Dia tidak akan membayar $1 atau Rp.1 pun kepada Anda!!!
      Kalau Anda mau coba silakan, tp ini wasting time!

      Prinsipnya adalah:
      JANGAN TERIMA PROYEK SEBELUM KITA MELIHAT MILESTONES PAYMENT DIBUAT DI PROYEK YG DI-AWARD KEPADA KITA.

      Kenapa saya katakan ini penipuan?
      Karena employer pasti menyebarkan kepada para freelancer baru yang mengharapkan bayaran. Mereka menentukan harga yg murah dan bersedia membayar jika sudah mencapai sejumlah entri tertentu (misalnya: 1,000 entri).

      Padahal kenyataannya setelah kita mengerjakan 300 entri, itu akan menjadi hal yg sangat menyita waktu kita dan kebanyakan bahkan hampir semua org yg mengerjakan data entri spt ini menyerah di angka maksimum 300 entri.
      Nah disinilah employer beralasan utk tidak membayar, belum lagi alasan bahwa menurut statistik dari 300 entri yg benar hanya 200 entri, dsb...

      Katakanlah si employer dapat 10 orang yg mau mengerjakan seperti ini dan berhenti di 300 entri, si employer sudah mendapatkan 3000 entri GRATIS..TIS...TIS... tanpa membayar sedikit pun.

      Kalau mau test, silakan balas PM dengan mengatakan supaya dia harus meng-AWARD proyek ini kepada Anda dan membuat milestone sejumlah total entri yang Anda berdua setujui. Contoh: $30 utk 3000 entri.

      Dia mungkin tidak akan menjawab lagi atau kalau pun menjawab dia akan bilang "baru akan bayar setelah 3000 entri selesai melalui PayPal or Skrill secara langsung, bukan melalui milestones payment Freelancer.co.id

      Sekali lagi, Don't waste your valuable time with this kind of project, keep on bidding!

      Salam,
      Daniel

      Delete
  17. wah..wah...terimakasih banyak mas danil...
    saya juga udah curiga,,dan barusan dapat email lagi kalo project itu didelet pihak freelancer.com
    milestone itu seperti DP gitu ya mas?/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dikatakan begitu seperti DP.
      Ini adalah jumlah yg kita mintakan kepada employer pada saat kita melakukan bidding. Bisa 20%, 50%, 75%, 100% terserah kita. Saran dan arahan saya bisa dibaca di artikel saya di atas.

      Milestones adalah pembayaran yg di-set di muka sebagai tanda jadi, jadi bisa 100% full. Tapi dananya ditahan oleh pihak Freelancer.co.id dan baru dirilis oleh employer untuk dimasukkan ke akun kita setelah si employer setuju dan puas atas hasil pekerjaan kita.

      Employer yang profesional dan serius, pasti tidak akan keberatan membuat pembayaran milestones ini. Karena kalaupun ada sesuatu yg tdk diinginkan terjadi, mereka bisa mengajukan persengketaan (Dispute) utk menarik uangnya kembali.

      Dispute inipun berlaku jg utk freelancer, jadi akan ada tim dispute yg memutuskan siapa yang berhak mendapatkan milestone tsb. Tim ini memutuskan berdasarkan bukti2 yg kita serahkan.

      Tp terus terang, sampai sekarang saya tdk pernah mendispute employer ataupun didispute oleh employer, karena saya selalu mengkomunikasikan segala sesuatu dgn baik dan memastikan tidak ada salah paham ataupun salah pengertian dalam pengerjaan proyek.

      Delete
  18. Terimakasih atas penjelasannya pak daniel..

    saya mau bertanya lagi nih pak daniel..
    menurut pak daniel project seperti apa yg cocok untuk pemula seperti saya di freelancer ini?
    soalnya saya sudah bid berkali kali tapi tidak pernah di terima..
    mungkin ada project bisa di rekomendasikan pak daniel untuk saya,
    skill saya hanya sekitar excel dan word..

    Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang cocok? wah kayaknya yang paling tahu jawabannya ya Anda sendiri, sy tidak tahu apa-apa ttg Anda, maaf ya :)
      Kalau sekitar excel dan word, sampai dimana kemampuannya? apakah sudah bisa mengerjakan macro vba? apakah hanya sebatas bikin tabel perhitungan dan bikin rumus2 spt: SUMIF, VLOOKUP, MID, LEFT, COUNTA, COUNTIFS, dll?

      Fyi:
      Dulu jatah bid anggota gratis adalah 50/bulan, dan selama 3 bulan saya tdk dapat proyek, jd saya bid 150 project gak ada yg tembus, dan di bid yg 151 baru dapat dan itu pun hanya $2 per jam utk pekerjaan yg hanya 3 jam. Penghasilan pertama saya di Freelancer.co.id adalah hanya $6.

      Tapi jangan menyerah ada khabar baik nih:
      Sebentar lagi akan ada wadah/forum yg bisa menampung kebingungan2 para freelancer di Indonesia, dan mudah2an bisa menjadi tempat belajar bersama, bertukar pikiran, pengalaman, dan informasi termasuk berbagi proyek.

      Kalau besok Organisasi ini terbentuk/launching, silakan mendaftarkan diri aja.

      Good Luck ya!
      Daniel

      Delete
  19. Dear pak daniel,

    sudah saya baca semua :)
    pertanyaan muncul lagi:
    1. apa perlu saya verifikasi alat pembayaran?
    2. misalnya saya sudah bid sebuah proyek, sudah di award tetapi ternyata saya tidak bs menyelesaikan pekerjaan itu. jadinya boleh dicancel?
    3. untuk member gratis cuma bisa bid 10 aja perbulan. ex: saya sudah bid 10 trs saya hapus 2 apa bisa nambah 2 lagi?
    5. untuk free trial member basic itu jika saya klaim. bagaimana cara mencancel sebelum 30 hari? thx.
    6. untuk memberi sample pekerjaan ke employer, bukannya samplenya itu baru bisa kita beri setelah mendapat detail pekerjaan dari mereka. Kl tidak jelas detailnya nanti salah lagi sample nya pak :)

    maap pertanyaannya langsung banyak.

    thx
    Mega

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mega,

      1. ttg verifikasi pembayaran saya ulas tuntas, lengkap kembali di halaman sebelah:

      pertanyaan dari zia chyrin 26 Mei 2013 20.29:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html?showComment=1369625360172#c558413482254958255

      pertanyaan dari yohanes hari 17 April 2013 13.46 http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html?showComment=1366249483135#c2972842696570701482

      2. Proyek yg sudah kita ACCEPT berarti setuju kita selesaikan, dan HARUS kita selesaikan, kalau tidak Anda akan dispute dan reputasi Anda akan menjadi jelek, efeknya akan susah dapat proyek2 berikutnya. Milestones akan dikembalikan kepada employer, dan employer akan menuliskan di profile page Anda, bahwa Anda org yg tidak bisa dipercaya dsb. completion rate jg akan turun.
      Oleh karena itu saya sarankan pastikan Anda memahami scope proyek dan apa yg diminta employer secara jelas, tanyakan ke employer sampai Anda benar2 memahaminya. Ulang kata2 mereka dgn pemahaman Anda dari versi Anda sendiri dan minta konfirmasi bahwa pemahaman Anda sudah benar.

      3. 10 bid per bulan itu adalah max dalam 1 bulan, Freelancer.co.id jg menerapkan isi ulang bid, dimana pd waktu tertentu jml bid bisa kembali bertambah 1 kembali. wkt isi ulang / kembalinya 1 bid ini tergantung keanggotaan dan bisa dilihat di halaman Dashboard bagian sebelah kanan bawah, pada tulisan +1 BID IN, lalu dibawahnya ada jam yg menghitung mundur. Kalau jml bid msh 10 maka jam hitungan mundur akan mati dan terlihat --:--:--

      Menghapus/menarik penawaran yg sdh kita ajukan pd suatu proyek tidak mengembalikan jml penawaran kita, jd tunggu isi ulang +1 nya. Utk anggota yg FREE biasanya perlu 1 hari. Tp seiring bertambahnya review dan level (yg bs dilihat di bagian atas setiap page, di atas 2 bintang warna kuning di sebelah kiri username kita), maka wkt isi ulang ini bisa lebih cepat.

      4. habis 3 biasanya angka 4 dulu dong :) bukan 5.
      Utk meng-cancel keanggotaan bisa klik di "Profil" TAB bagian atas, dan pilih "Tingkatkan Keanggotaan", di situ akan terlihat 4 macam keanggotaan dimana di bawahnya akan ada keterangan status keanggotaan kita berada di mana "Program yang berjalan...", semakin ke kanan semakin tinggi keanggotaan, jadi kalau mau menurunkan bisa mengklik tombol "menurunkan" di tingkat keanggotaan sebelumnya.
      Jadi kalau Anda aktif di Keanggotaan Basic/Dasar, maka klik tombol "menurunkan" di Keanggotaan FREE/GRATIS. Ini bisa dilakukan kapan saja sebelum periodenya habis, tapi akan baru dieksekusi diturunkan setelah periodenya benar2 habis setelah 30 hari. Jadi habis diaktifkan keanggotaan BASIC, besoknya mau diturunkan langsung juga tidak masalah, kita bisa tetap menikmati Keanggotaan BASIC sampai full 30 hari.

      5. Sample pekerjaan itu hanya menggambarkan bahwa kita mengerti dan memahami apa yg dimau oleh employer. Dan betul sekali employer harus mendeskipsikan dengan jelas detailnya sebelum employer setuju memberikan proyeknya dan Anda setuju menerima proyeknya. Diskusi dilakukan di message system, di situ Anda atau employer bisa melampirkan/attach file2 contoh. Kalau kerjaannya belum jelas, hati2 kerjaannya melebar dan ternyata lebih banyak dari yg diceritakan awalnya, ini cara/trik employer utk mendapatkan harga murah utk pekerjaan yg banyak.

      Thanks,
      Daniel

      Delete
  20. Mas Daniel, sy mau tanya karena msh bingung soal pembayaran employer kpd kita...dari milestone sampai bentuk duit utuh di kantong kt, kira2 gimana grafisnya? Apakah sy harus punya acc paypal untuk menerima gaji? Thanks a lot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pertanyaannya mbak Sisca Kosasih.
      Setelah pekerjaan kita submit ke employer dan mungkin harus bolak-balik revisi, setelah employer benar-benar telah mendapatkan apa yang mereka mau, maka milestones dirilis oleh employer sebagai pembayaran atas kerja kita.

      Pembayaran milestones akan masuk ke saldo akun kita di Freelancer.co.id.
      Dari sini ada beberapa metode penarikkan uang di saldo kita ke rekening bank kita di Indonesia.

      1. Wire transfer (langsung ke rekening bank pribadi)
      2. Tarik ke akun Kartu Debit Freelancer (hrs apply ke Freelancer), lalu ambil duit di atm manapun berlogo VISA.
      3. Tarik ke akun Skrill kita, lalu tarik lagi ke akun rekening bank kita.
      4. Tarik ke akun PayPal, lalu tarik lagi ke akun rekening bank kita.

      Masing2 metode ada biaya penarikkan dan kurs juga berbeda-beda tergantung jalur apa yg dipilih.

      Kalau saya selama ini:
      Saldo akun Freelancer > PayPal > Bank BCA > Tarik atm > masuk kantong :)

      Cat: membuat akun PayPal verifikasinya harus pakai kartu kredit, atau ada juga yg bisa memberikan virtual kartu kredit, silakan baca di:

      http://www.facebook.com/freelancer.co.id/posts/614116721949923

      atau langsung di:
      http://akunpaypal.wordpress.com/2012/02/29/cara-mudah-membuat-akun-paypal/

      Mudah2an jelas, tapi kalo belum silakan tanya lagi.
      Daniel

      Delete
  21. keren nich..mas saya mau tanya..saya sudah mendaftar di freelancer bru melengkapi 85%..apa saya harus melengkapi profil saya sampai 100%. oh iya saya belum punya akun paypal..cara ya bagaimana untuk bisa punya akun paypal..makasih mas..maaf saya orang baru dan masih awan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Maryono,

      Profil sebaiknya dilengkapi sampai 100%, tapi 85% juga tidak masalah. Hanya saja lebih lengkap lebih bagus, karena employer kadang2 ada yg melihat detail tapi banyak juga yang tidak sempat melihat lebih detail.

      Cara memiliki akun PayPal sudah saya jelaskan persis pertanyaannya di atas/sebelum pertanyaan mas Maroyono, silakan di-scroll up.

      Daniel

      Delete
  22. Wah, Pak Daniel sepertinya sudah jago nih Pak. Pak saya ada beberapa pertanyaan mengenai hal ini, bisakah saya menghubungi bapak lewat email, Pak? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak jago ah, banyak kok yg lebih jago dari saya, tapi cuma saya aja yg mau berbagi info hehehe...
      danielgpratidya@gmail.com silakan mbak. Harap maklum kalo agak lambat jawab, tp pasti dijawab.

      Delete
  23. Dear Pak Daniel,
    Saya baru bergabung dengan freelancer.co.id dan banyak sekali pertanyaan di kepala saya hehehe
    Pertanyaan yang paling mendasar:
    Ketika saya tidak memiliki kartu kredit (dan tidak ingin menggunakan vcc) sebaiknya metode pembayaran seperti apa yang akan saya pilih? tentunya yang paling ekonomis.
    Terima Kasih Pak, nanti pasti ada pertanyaan lanjutan entah melalui email atau blog ini
    Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo fenny, terima kasih atas pertanyaannya.

      Yang dimaksud metode pembayaran di sini adalah cara kita membayar/membeli sesuatu di Freelancer.co.id.
      Takutnya ada salah pengertian dengan "cara kita dibayar".
      Sebagai freelancer, kita tdk harus memverifikasi metode pembayaran untuk menarik uang hasil kerja kita.

      Jawaban saya ttg verifikasi metode pembayaran secara lengkap ada di:

      pertanyaan dari zia chyrin 26 Mei 2013 20.29:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html?showComment=1369625360172#c558413482254958255

      Kalau ttg bagaimana kita memperoleh bayaran dari hasil kerja kita di Freelancer.co.id silakan scroll ke atas sedikit pada jawaban saya atas pertanyaan dari:
      Sisca Kosasih (Ay)7 Juni 2013 03.20

      Kalo ada pertanyaan lanjutan silakan tanya lagi.
      Daniel

      Delete
    2. Terima Kasih Pak pencerahannya. Yang saya maksud sama seperti pertanyaan dari Sisca Kosasih diatas, hanya saja yang ada di kepala saya apakah saya bisa menerima bayaran kalau tidak punya paypal? Menurut penjelasan jawaban diatas yang bisa saya pilih adalah wire transfer, karena saya hanya punya rekening tanpa kartu kredit.
      Kalau utk akun Skrill apakah sy bisa mendaftar (membuat akun tersebut) dengan keadaan saya yang tidak memiliki kartu kredit/debet?
      Terima kasih.

      Delete
  24. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya harus menghapus Iklan spam Anda.
      Tolong jangan posting iklan liar di sini, blog ini dan kontennya saya persembahkan secara tulus untuk seluruh masyarakat Indonesia.

      Mari kita pertahankan kode etik kebebasan berekspresi di dunia internet demi menghargai kepentingan orang banyak.

      Terima kasih atas pengertiannya.
      Salam-Daniel G. Pratidya

      Delete
  25. Halo, mas..salam kenal. Thanks sudah sharing. Utk tips terakhir mas, sy dulu sudah beberapa kali langsung mengerjakan proyek krn saat itu sy msh pemula dan belum punya feedback. Maksud sy waktu itu sih biar employer tahu kualitas kerja sy. Tapi akhirnya employer justru menghilang krn sudah dapat sample (gratis). Sy sih ikhlasin saja krn waktu itu sy belum mengharapkan bayaran. Sy cm ingin dpt feedback biar bisa lbh lancar utk hunting job lainnya. Sudah bbrp kali begitu sih,mas...emang agak risky sih...akhirnya sy pk strategi harga murah dan kasih sample tulisan (sy penulis) paling oke. Akhirnya sy dapat jobnya deh. Mungkin jurus paling jitu adalah kasih sampel terbaik dan harga yg masuk akal. Plus pakai bhs inggris yg sopan dan baik saat berkomunikasi...Trs update tips2nya dan bagi2 ilmunya ya,mas... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Nadia, terima kasih atas sharing pengalamannya.
      Betul banget! Dan strategi spt itu juga yg saya jalani dulu.

      Yg ingin saya sampaikan sebetulnya adalah:
      Jangan pernah menyesal karena membuat sample tapi tidak memenangkan proyek atau dibayar murah di awal karir.
      Karena sebenarnya selain itu kita telah mendapatkan ilmu baru, pembelajaran dan pengalaman yg tidak bisa kita beli dgn uang.

      Ps: Sekarang saya punya koleksi ratusan sample GAGAL yg sekarang saya jadikan database dan inspirasi ide-ide saya utk proyek2 yg saya kerjakan.

      Cheers mbak Nadia,
      Daniel

      Delete
  26. aku sebagai newbie di freelancer.co.id sangat butuh info ini...thank's buat mas daniel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas Pebriant Bp, semoga lebih sukses.

      Delete
  27. Salam kenal Pak Daniel..
    Saya sangat termotivasi dengan tulisan anda dan sangat menginspirasi saya untuk trus belajar dan bergabung di freelancer,juga menambah income tentunya,kalo boleh saya mengatakan anda adalah motivator dan mentor bagi kami semua yang masih newbie...
    Karena saya masih awam saya mau mempelajari dulu pak,nanti kalo sudah benar2 siap saya akan bergabung,dan semoga bapak selalu punya waktu untuk menjawab pertanyaan2 kami yang masih awam..
    terimakasih
    adi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Adi, Wah! dibilang motivator jadi GE ER nih saya :)
      Salam kenal mas. Monggo ditanyakan, saya selalu menyempatkan waktu menjawab setiap pertanyaan di sini sebisanya.

      Delete
  28. Halo mas Daniel. Blog yg mencerahkan nih. Saya baru di freelancer, setelah disxroll sptnya belum ada yg menanyakan ini. Tentang milestone mas, milestone itukan semacam tanda jadi (DP) bagaimana dengan sisanya, kapan kita harus meminta sisa pembayaran dan apakah harus lewat freelancer juga? Trimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Tri, terima kasih atas pertanyaannya.
      Milestones Payment, bisa 100% atau kurang, tergantung Anda ingin mengajukan berapa kepada employer pd saat bidding suatu proyek.

      Milestone Payment yg dibuat oleh Employer pd awal proyek tidaklah langsung kita terima di saldo akun kita, melainkan dana tsb di "pegang" oleh pihak Freelancer.co.id

      Setelah kita menyerahkan pekerjaan, dan employer telah senang akan pekerjaan kita karena telah memperoleh apa yg mereka inginkan, maka mereka akan MERILIS milestones tsb utk disetorkan ke dalam saldo akun kita. (Pastikan employer telah membuat milestone, sebelum Anda menerima proyek).

      Kalaupun jumlah milestones yg Anda minta/dibuat oleh employer tidak 100%, maka employer wajib memenuhi sampai 100% utk Full payment dan proyek baru bisa dianggap COMPLETE. (kalau tidak, diingatkan saja secara sopan, krn mungkin si employer jg tidak tahu/masih baru).

      Pada kasus kemungkinan adanya kesalahpahaman antara employer & freelancer, milestones ini bisa dipersengketakan, yang memutuskan siapa yg berhak adalah pihak Freelancer.co.id (kedua pihak akan diminta menyerahkan bukti-bukti yg mendukung).

      Sebetulnya pertanyaan ttg milestones jg banyak pembahasannya di halaman sebelah (postingan sy satunya) di:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html

      Semoga membantu,
      Daniel

      Delete
    2. Kalaupun jumlah milestones yg Anda minta/dibuat oleh employer tidak 100%, maka employer wajib memenuhi sampai 100% utk Full payment dan proyek baru bisa dianggap COMPLETE. (kalau tidak, diingatkan saja secara sopan, krn mungkin si employer jg tidak tahu/masih baru).



      maaf mas danil mau tanya yg mas tulis di atas itu.

      itu maksudnya kita minta employer membuat milestone yang baru / FULL 100% dan minta merilis nya untuk kita ?

      emangnya bisa mas si employe membuat milestone 2 x.
      misal pertama dia membuat 50% milestone untuk kita. setelah pekerjaan selesai dia membuat ulang lagi milestone nya yg 100%. setelah itu baru dia rilis yg 100% ke akun kita.

      itu klo di jumlahin bukan nya jadi 150% mas ?

      maaf mas kalo pertanyaan nya mendasar. maklum nubii ini saya.

      :)

      Delete
    3. Selama saya ada waktu utk menjawab maka akan saya jawab selengkap-lengkapnya :)

      Milestones Payment bisa dibuat lebih dari satu dan dirilis juga bisa satu-satu.

      Pada proyek besar Anda tidak bisa menunggu pembayaran sekaligus $2000 utk satu proyek pekerjaan yg selesai karena proyek besar biasanya memerlukan waktu yang lama. Kalau Anda tetap ingin berharap menunggu employer utk merilis sekaligus semuanya, maka pastikan si employer sudah mempunyai kepercayaan yg sangat tinggi kepada Anda (cth: sdh pernah kerja dengan dia lebih dari 3 proyek).

      Oleh karena itu paling bagus dan AMAN utk kedua pihak adalah memecah total nilai proyek tsb menjadi 3 atau 5 kali pembayaran milestones berdasarkan selesainya suatu TAHAP pekerjaan tertentu.
      Cth:
      1. Bila pekerjaan selesai 20%, milestone $300
      2. Bila pekerjaan selesai 40%, milestone $300
      3. Bila pekerjaan selesai 60%, milestone $300
      4. Bila pekerjaan selesai 80%, milestone $300
      5. Bila pekerjaan selesai 100%, milestone $800

      (jgn kaget bahwa penyelesaian pekerjaan di akhir no.5, nilai milestonenya lebih besar krn bgmpun itu adl finishing)

      Masing2 milestones dirilis setiap setelah pekerjaan tertentu selesai.
      Milestone yang dibuat setiap kalinya terserah jumlahnya berapapun (tidak harus sama dgn sebelumnya), alias customizeable.

      Pada contoh di atas, 5 milestones tsb bisa dibuat sekaligus pada awal proyek utk dirilis kemudian per tahap, atau dibuat satu demi satu segera setelah satu milestones dirilis.

      Yg jelas! proyek akan dianggap complete jika total pembayaran sudah SAMA DENGAN ATAU LEBIH BESAR dari nilai proyek yg disepakati.

      Semoga jelas - Daniel

      Delete
  29. siang pak..
    saya sering dapat tawaran di freelancer
    tapi kadang saya hanya liat2 doang, karena keterbatasan bahasa saja, mereka kan pake bahasa inggris, sedangkan saya hanya bisa pake bahasa indonesia. barangkali ada informasi tentang proyek menggunakan bahasa indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Arif, sayang kalau dapat tawaran tapi tidak diambil, sebaiknya diperdalam lagi Bahasa Inggrisnya.
      Karena orang Indonesia yg pasang proyek masih jarang, dan belum menjamur, lebih banyak peluang adalah dengan orang2 di luar sana.

      Good Luck ya,
      Daniel

      Delete
  30. halo pak Daniel
    Saya baru bergabung sekitar semingguan ini. Tp baru kemarin saya serius update profil setelah baca2 blog bpk. Tp blm dapet job nih. hehe.. id saya hadiku2dipal. Saya juga orang cikarang pak, tp th ini pindah ke depok.. Mohon bantuannya.
    Trims. Hadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar dan terus dipelajari mas Hadi, situsnya. Once sudah dapat kuncinya, maka akan berhasil.
      Ikuti Freelancer Orientation Exam (ini GRATIS), pelajari dan temukan jawabannya di FAQ (pertanyaan yang sering diajukan).

      Dan coba ikut bergabung di IFA, siapa tahu bisa sama-sama berbagi pengalaman dan proyek :) Event IFA yg pertama di akhir Bulan Juli ini.

      Delete
  31. hallo pak daniel, share dong kira2 apa yang kurang dari akun saya ya?
    saya baru join tapi masih banyak bingungnya.. hehe

    //www.freelancer.co.id/u/Ryan923.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Profilnya masih kurang kelengkapan resume, btw keahlian kok cuma pilih satu "Data Entri"? karena pastinya para employer ingin melihat calon pekerjanya bisa apa saja, dan punya pengalaman apa saja, sudah punya karya apa saja, dll...
      Upload gambar portofolio, dan
      Ikuti Freelancer Orientation Exam, Gratis!

      Kalau bingung, silakan dibaca lagi pelan2 mas febrian di seluruh tanya-jawab blog ini, pasti ada semua jawabannya, nah... kalo ada pertanyaan yg belum pernah ada, silakan postingkan pertanyaan baru.

      Sukses ya,
      Daniel

      Delete
  32. Siang Pak Daniel... salam kenal yach... :-)
    Saya juga karyawan pabrik (masih) di Cikarang nih he he
    Tertarik dengan freelancer.. baru bbrp minggu register.. namun belum aktif ngebid.
    Semalam bid2 saya direspon oleh 2 project owner dari 2 project yg berbeda dan 2 negara yg berbeda.... mereka anehnya kasih saya link yang sama... kasih nama team name dan user name ... tp untungnya ga bisa akses... setelah org kedua memberi link yg sama sy jadi curiga itu scammer... Ketika saya baca2 di fanpage freelancer.com ternyata memang suka ada yaach project2 palsu dari scammer gitu.
    Apakah Pak Daniel pernah mengalami / mengerjakan project dari scammer secara ga sengaja? :D
    Apakah Pak Daniel pernah ada masalah legal/dispute selama ini? :)
    Mohon berbagi kisah.

    Terima kasih untuk sharingnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak, terima kasih pertanyaan dan sharingnya.

      Betul! banyak juga yang seperti itu, namanya juga dunia maya, oleh karena itu yang prinsip yang harus kita pegang adalah:
      ...mohon maaf saya menuliskan huruf besar semua agar semua orang bisa membaca walaupun hanya sekilas melihatnya :) ..

      "JANGAN TERIMA/ACCEPT PROJECT SEBELUM ADA MILESTONES"

      Untungnya saya belum pernah terjebak project yang seperti itu, karena prinsip saya di atas.
      Silakan baca jawaban saya atas pertanyaan yang serupa oleh:

      dwi anggara2 Juni 2013 18.59


      Dan untuk Dispute, saya jg belum pernah melakukannya (over more than 200 projects), karena saya selalu berusaha memahami dan memastikan bahwa saya mampu mengerjakan suatu proyek sampai tuntas kepada employer. Dan memastikan bahwa employer juga paham akan apa yang akan saya berikan sebagai hasil akhirnya.

      Fyi, kebanyakan kasus Dispute adalah kesalahpahaman antara employer dan freelancer.

      Daniel

      Delete
  33. wah ini advice bagus, thanks banget Mas Daniel, saya mau bertanya ceritanya saya sudah accept project walau milestone belum dibayar terlebih dahulu, jumlah kredit di keuangan saya langsung di kurangi komisi oleh freelance.com, wah kalau project dibatalkan employer bagaimana ya? thanks in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat untuk proyeknya mas.
      Sewaktu kita menerima proyek, akun kita langsung dipotong freelancer fee memang.
      Kalau seorang freelancer sdh Accept suatu proyek, maka Employer tidak bisa lagi membatalkan proyek, jadi... tenang aja.

      Namun, masalahnya kalo si employer tdk jadi-jadi bikin milestones sampai timeframe nya habis, nah... ini yg berabe :)
      Karena sarannya adalah jgn memulai pekerjaan sebelum ada milestones! Meskipun kita bisa adukan ke support@freelancer.com supaya potongan fee freelancer bisa kembali lagi, tapi completion rate kita tetap akan diperhitungkan sbg 'incomplete proyek', meskipun bukan salah kita.

      Mudah2an enggak kayak gitu deh mas, semoga lancar! dan ingatkan dengan tetap sopan spy employer membuat milestonesnya, supaya Anda bisa memulai pekerjaan.

      Tapi Lain kali: lihat MILESTONES dulu, baru ACCEPT.

      Good luck ya,
      Daniel

      Delete
  34. oh gitu ya pak daniel, freelancer hanya untuk yang punya keahlian ya..
    awalnya saya ingin mencoba pak, tapi mungkin kemampuan saya kurang..

    thx ya..

    ReplyDelete
  35. sangat berguna sekali infonya buat pemula seperti saya, sebenernya udah lama join di freelancer.co.id, tapi karena masih bingung, jadinya gak pernah dibuka berbulan2, sampai saya menemukan blog bapak ini, saya jadi terpacu kembali untuk berfreelancer online. menurut bapak apa saya perlu buat akun baru lagi, karena akun ini tidak terurus begitu lama dikhawatirkan akan dilihat buruk oleh employer, sudah berbulan2 sejak join belum pernah mendapatkan job.
    kemudian mengenai pembayaran, sewaktu kita mendapatkan proyek, akun kita kan langsung dipotong freelancer fee, trus gimana kalau di akun kita gak terisi dana alias gak punya modal?
    apa mesti setor dana dulu baru bisa kerja di freelancer?

    terima kasih sebelumnya pak daniel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Dicky, Smart Question! Terima kasih atas pertanyaannya.

      1. Tidak perlu bikin baru, pakai yg lama saja. Sy pertama kali dulu setelah 3 bulan baru dpt 1 dan itu hanya $2 per jam

      2. Kalau saldo kita nol, dan metode pembayaran blm terverifikasi dgn PayPal/kartu kredit, maka saldonya akan minus. Makanya pastikan sebelum menerima proyek (ACCEPT), employer sudah membuat milestones, agar ada jaminan saldo kita nanti benar2 bisa plus lagi setelah kita menyelesaikan pekerjaan dan employer merilis milestonenya utk disetorkan ke dalam saldo akun kita.

      (note: kalau dlm sebulan saldo kita minus, maka akan ada warning, lalu setelahnya akun akan disuspend).

      3. Tidak perlu setor dana untuk bekerja, kecuali ingin ikut ujian yg berbayar, memasang sponsor bid, memasang highlight bid, dll.

      Delete
  36. nah Mas Daniel.. employer setelah membuat milestone ternyata saldo mengapa masih minus ya?
    di dashboard keuangan saya padahal tanda jadinya sudah masuk, oh ya saya juga belum membuat verifikasi pembayaran. rilis Pembayaran Tanda Jadi gunanya untuk apa ya? thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanda jadi = Milestones.

      Saldonya akan bertambah apabila milestones dirilis oleh employer, yaitu pada saat pekerjaan Anda diperiksa oleh employer dan dimintakan perbaikan (mungkin sampe bolak-balik, tp mudah2an enggak :)), lalu....

      Setelah employer sdh benar2 mendapatkan apa yg mereka mau, maka milestones dirilis dan akan disetorkan masuk ke saldo akun kita.

      Verifikasi pembayaran dan Pembayaran Tanda Jadi itu apabila Anda yang menjadi Employernya.

      Delete
  37. terima kasih mas Daniel.., kalau gak punya rekening paypal gak bisa tarik uang ya? atau kalau hanya verifikasi pembayaran dengan kartu kredit nariknya bagaimana?
    maafin saya yang bodoh ini bertanya terus ya....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihan Metode Penarikkan uang kita bisa dilihat di sini:
      https://www.freelancer.com/payments/withdraw.php

      Narik uang saldo kita di Akun Freelancer.co.id dengan Kartu Kredit tidak bisa.
      Bisanya dengan Kartu Debit Freelancer.com, kalau mau silakan diajukan di link yg saya berikan di atas.

      Kalau Anda menganggap Anda bodoh, berarti saya juga bodoh karena menanggapi Anda terus.... :)
      Tanya lagi aja mas, gak pa pa, tapi kalo bisa jangan pertanyaan yang udah pernah saya jawab.

      Delete
  38. Salam kenal pak daniel,. Artikel'y sangat bermanfaat, bagi saya yg udah lumayan lama gbung d freelance, tapi masih bingung cara kerjanya, padahal tiap hari dapat e-mail dr freelance,. oy mau naya juga,. pa klo mau ngmbil exam yg gratis ada k y,,. terimakasih sebelumya,. salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Sri, exam yang gratis ya hanya "Freelancer Orientation Exam" dan "Employer Orientation Exam".
      Tujuan kedua exam ini adalah agar kita lebih mendalami pemahaman tentang cara kerja/peraturan/garis besar Freelancer.co.id. Kalau yang lain berbayar :)

      Salam sukses - Daniel

      Delete
    2. owh , begitu,. terimakasih pak,. mau nanya lagi,. saya kok sering dapat e-mail dr pihak freelance..y. ttang proyek yang co2k dg keahlian sy,. apa mesti d angggapi,. terimakasih banyak sebelumnya

      Delete
    3. Email-email tsb adalah merupakan pemberitahuan kepada mbak akan proyek2 terbaru yang dipasang oleh para employer di di seluruh dunia. Informasi untuk mbak sri, kalau ada yang tertarik ya silakan dibuka linknya dan di-bid.

      Tidak mesti ditanggapi, bahkan frekuensi masuknya email-email yg seperti ini bisa kita atur di pengaturan akun.

      Delete
  39. wah iya... baru baca2 dari atas... beberapa pertanyaan sudah diajukan sebelumnya hahaha maaf ya...ada satu lagi nih : kalau kita sudah selesaikan proyek seperti yang diminta, file sudah dikirim... namun employer tidak juga merilis tanda jadi.. bahkan pelunasan.. bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good Questions! terima kasih
      Di sini kita harus tetap positif thinking, sabar dan kirimlah pesan mengingatkan/menanyakan selalu dengan sopan, karena mungkin:

      1. employer masih perlu waktu memeriksa,
      2. perlu pembahasan dgn pihak lain, atau
      3. mungkin sebenarnya dia harus tunggu keputusan dari bosnya
      4. mungkin dia tidak tahu cara merilis tanda jadi (karena msh baru)....yg ini paling srng terjadi.

      Ingatkan mereka utk merilis milestones, contoh pesan:

      "Hello, I was wondering whether you already review my last file? Please let me know if you need any further change/fix so I could help you immediately. I need to keep my work performance in good condition and on time as I bid and as this is already close to the date line, if there's no further issues, could you please consider to release the milestones so we can close this project properly, Cheers".

      Ingatkan lagi kalau sudah lewat date line dan msh jg belum dirilis, tambahkan kata: "Please Help me! the date line is already pass due 1 hour ago"

      Terus terang, jarang sekali kasus bahwa employer tidak merilis milestones kalau memang pekerjaan yang kita serahkan sesuai dengan yang diinginkan dan sesuai dgn scope pembahasan dan pemahaman sebelum proyek dimulai. Oleh karena itu, PENTING sekali pemahaman antara freelancer vs employer di awal proyek. Pastikan employer sudah mengerti apa yg akan kita berikan kepadanya di akhir proyek, jadi tidak akan ada unexpected surprise in the end.

      Semoga Berhasil!
      Daniel

      Delete
  40. tambahan : padahal dia sudah membuat tanda jadi (milestone) cuma belum masuk ke saldo

    ReplyDelete
  41. thanks atas jawabannya yang detail..sangat membantu.. sayang sekali sebelum membaca ini. saya sudah terlanjur memencet tombol "Request release milestone" yang bahasa indonesianya minta rilis milestone... saya pikir ini meminta employer untuk melunasi milestonenya supaya masuk saldo kita... apa bener ya? hehe sama seperti Yohanes dari blog mas Daniel lainnya.. saya sebagai freelancer baru juga dag dig dug gak dibayar hehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good move! Gak pa pa mas, itu juga bisa. Dengan mengklik tombol "Request milestones", maka Freelancer.co.id akan mengirimkan pesan kepada employer yang mengingatkan untuk merilis milestones.

      Kalau Menurut Pendapat Saya:
      ----------------------------
      Hanya saja itu terlalu kaku, dan tidak ada komunikasi pelayanan dari Anda selaku penyedia jasa dan bagaimana kalau ternyata hasil pekerjaan Anda masih dianggap belum sesuai dgn permintaan employer? Maka si employer tentu blm mau merilis milestone nya (tp mudah2an enggak lah). Dan kalaupun dia merilis milestone, dia belum tentu dengan ikhlas memberikan feedback yang super kepada Anda (wkwkwk..jadi nakut-nakutin nih saya).

      Bagi saya Feedback adalah nomor satu, nomor dua baru uangnya. Percuma kita dapat uangnya tapi tdk dapat feedback review yg super, karena ini adalah senjata no.1 dan modal kita untuk berburu proyek2 berikutnya. Apalagi kalo kita dapat uangnya tapi terus feedback nilainya jelek, komentarnya menjelek2kan performance kerja kita...waduh..saya mah lebih ngeri yang begini daripada kehilangan uang.

      Makanya sampai saat ini saya selalu di rate 5 star setiap kali oleh para employer saya. Dan waktu bid di proyek yg lain pun penawaran saya bisa di jajaran atas/sering paling atas.

      Delete
  42. trimaksih buat info n' saran nya pak ..
    pak kbetulan saya masih newbie di freelancer ..
    mohon bantuan nya pak ??

    saya dapat project entry data ..
    dalam hitungan per 1000 entry $20 .
    nmun, saya jadi masalah adalah employer pemberi projectnya .
    krna di acc profilnya pun kosong bhkan fotonya pun belum ada .

    tpi, saya sudah di kasih link pengerjaannya dan id untuk masuk
    yg jadi masalah buat saya di proses pembayrannya ??
    gmna pak . mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn dikerjakan yang spt ini mas, ini penipuan!!!
      Baca jawaban saya di atas (scroll pada pertanyaan oleh:

      dwi anggara2 Juni 2013 18.59

      atau di link ini:
      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html?showComment=1370224795165#c8265345535899286865

      Delete
  43. oia pak trimaksih,
    atas jawabannya, soalnya saya jga memang msih baru jadi cepat tergiur .

    pak, maf saya mau tanya lagi klo kita udh pake sponsored bid di waktu penawaran, tpi project nya tidak kita dapat ?? apakah pembiayaan $1.5 nya msih dikenakan .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Excellent Question! terima kasih.
      Kalau kita pasang sponsor bid:
      1. Kalau proyek dapat, uang kembali,
      2. Kalau penawaran kita terlempar dari posisi 1-10 yang di sponsori, uang kembali,
      3. Kalau proyek dibatalkan/ditutup, uang kembali,
      4. Kalau proyek expired, uang juga kembali.

      Tapi kalau ternyata proyek dimenangkan orang lain, UANG TIDAK KEMBALI. Oleh karena itu pastikan:

      1. Kita mempergunakan kesempatan waktu kita di atas, dgn menarik perhatian employer dan meyakinkan bahwa kita sanggup menyelesaikan proyeknya sesuai keinginan employer (akan lebih kuat bila menyertakan sample).

      2. Sebelum memutuskan memasang sponsor bid, cek review employer dgn melihat-lihat historinya (kalau dia sudah punya review, click di xx review dibawah usernamenya). Dan pastikan dia tidak ternyata sudah "janjian" dgn freelancer lain yg sudah pernah bekerja dgn dia. Ini bisa dilihat di review histori employer tsb.

      Salam - Daniel

      Delete
  44. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  45. assalamu'alaikum
    mas saya kurang faham untuk memverifikasi nya, padahal saya sudah masukkan no yng ada di card bca saya, tpi slalu saja gagal.
    malah ada keterangan bahwa card saya sudah terblokir... padahal kalo saya cek di ATM masi bisa digunakan, itu knpa ya mas? apa harus diganti card nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam,
      Sayangnya Anda tidak menyebutkan "Card BCA" itu Kartu Kredit atau Kartu Debit/ATM?

      Kalau Kartu ATM, tidak bisa digunakan untuk verifikasi, kalau kartu kredit harusnya bisa, dgn memasukkan nomor kartu dan kode 3 angka dibelakang kartu.

      Kalau masih tidak bisa, mungkin akses pemakaian untuk belanja online (worldwide) pada kartu kredit Anda dibatasi atau di-blok oleh BCA, hanya bisa dipakai lokal.
      Silakan tanyakan dan hubungi pihak BCA untuk itu.

      Delete
  46. Pencerahannya bagus mas dhani,cuman ada yg saya masih gk ngerti.Masalah payment.Kan ada pilihan paypal,Untuk sementara ini paypal sudah terverifikasi cuman balance di paypal masih nol,Tapi kenapa setelah login ke paypal kelanjutannya meminta nomer Credit card,sedangkan saya blm punya Credit card,Trus bagaimana kalau menggunakan Payoner card?saya sudah dapat payoner card,namun apakah bisa digunakan langsung?apakah payoner saya sudah ada balance nya apa harus di load?kalau harus di load harus darimana
    Terimakasih mas Daniel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pertanyaannya.
      Akun PayPal akan dibatasi pemakaiannya mengirim/menerima dollar sampai $100. Untuk melepas pembatasan itu PayPal mengharuskan verifikasi kartu kredit.

      Kalau Anda ingin melakukan pembayaran menggunakan PayPal ya tentunya saldo di PayPal harus > 0, kalau tidak maka PayPal akan menagihkannya ke rekening kartu kredit. Dan kalau tidak ada kartu kredit yg terverifikasi dan terkait dgn akun PayPal Anda, darimana PayPal bisa mengambil uang?
      Transaksi/verifikasi Anda pasti akan gagal.

      Payoneer Card Anda bisa digunakan sebagai KARTU DEBIT FREELANCER.COM untuk membuat pembayaran ataupun menarik uang saldo di akun Freelancer.com tapi harus terlebih dahulu dikoneksikan dengan akun Anda di Freelancer.com.
      Silakan login dan buka halaman penarikkan dgn Kartu Debit Freelancer.com:

      https://www.freelancer.com/payments/withdraw/withdraw.php?method=withdraw.payoneer

      Tergantung keperluan Anda apa? ingin melakukan pembayaran atau ingin menarik saldo hasil bekerja?
      Kalau hanya dipakai untuk menarik uang, tidak perlu ada balance harusnya.
      Kalau ingin dipakai utk membayar ya harusnya balancenya harus ada. Dan untuk bagaimana caranya mengisi balance kartu payoneer Anda, silakan tanyakan ke customer support kartu payoneer Anda karena saya sendiri tidak punya dan belum tahu caranya :)

      Daniel

      Delete
    2. Thanks mas atas pencerahannya

      Delete
  47. Saya setuju mas Daniel feedback adalah nomor satu, dan nomor 2 adalah uangnya, beruntung saya juga copy paste jurus2 mas Daniel..(hehe) dan tagihan2 saya juga sudah dilunasi employer, saya dapat feedback bintang 5 juga nihh thank you ya....
    nah ini ada pertanyaan lagi, ada beberapa project saya berikan sample.. di PMB calon employer bilang mau memilih salah satu dari freelancer, tapi status project setelah lewat waktu (expired) adalah "DITUTUP", apakah dalam status ini sudah ada bidder yang terpilih atau project masih 'ngambang'? soalnya sudah lama sekali. thank you....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar Biasa! Hebat hebat...Selamat ya mas atas feedback 5 bintangnya. You are welcome.
      Saya yakin Anda akan jadi lebih hebat dari saya :) Amin.

      Untuk proyek yang statusnya DITUTUP, berarti proyek belum di-AWARD kepada salah satu bidder, tapi sudah tidak bisa lagi terima bid yang baru. Dan untuk bid yang sudah masuk, employer masih bisa memilih salah satu bidder yg ada.

      Kalau sdh lama sekali kemungkinannya adalah:
      1. Employer sudah mendapatkan apa yg dia mau (employer kurang ajar, cuma minta sample), oleh karena itu pastikan waktu mengirim sample, dikunci pake expiry date kalau berupa program atau koding, pada project desain jgn berikan source filenya, tutupi desain dengan watermark, pada proyek penulisan atau translation jgn nulis/translate banyak-banyak.

      2. Bisa jg si Employer sdh deal dgn Salah satu freelancer dan membuka proyek lain.

      3. Employernya memang belum sempat login lagi, atau sudah lupa pernah buka proyek.

      Saran saya, coba kirim pesan utk menanyakan kejelasannya sekali lagi, bagaimana responnya, kalau tidak direspon lupakan saja proyek tsb, cari yang lain.

      Semoga membantu, Salam.
      Daniel

      Delete
  48. Makasih Mas Daniel buat tips nya nih,,
    Saya mau tanya,berhubung saya baru 2 hari di freelancer. Cara mencari proyek di freelancer gmna ya?makasih

    ReplyDelete
  49. Makasih pak daniel sebelumnya

    Sya mau tanya pak .. saya baru di freelancer.com.. pak untuk membuat akun paypalnya itu caranya gmana ya pak.. apakah harus sedia uang dulu ..THank's pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas, tutorial membuat akun PayPal banyak sekali di internet silakan googling saja, mudah kok. Yang jelas tidak perlu sedia uang dulu. Tapi untuk membuka batasan limit perlu verifikasi kartu kredit.
      Jadi kalau gak punya kartu kredit, gak bisa.

      Delete
  50. selamat malam pak daniel

    pak saya mau tanya,saya ngebid project ,dan si pemberi kerja mesej ke saya agar mendownload sample file,namun pas sya lihat profil akunnya si pemberi kerja,di profilnya tertera acount closed.
    pertanyaan saya,apakah kesepakatan sya tetap kkerjakan?,dan satu pertanyaan lagi.
    sya belum punya verifikasi pembayaran yang valid,apakah bisa,kita tetap melakukan pekerjaan atau bid kerjaan sebelum mempunyai alat pembayaran yang valid?
    terimakasih atas semua informasinya pak.
    pak,jika berkenan konfirmasi fb saya y,yang atas nama kaka anwar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam mas kaka,
      Kalau ternyata akun si pemberi kerja di closed, berarti ada yang tidak beres. Bisa jadi dia dicurigai sebagai spam, scammer, dll... hati-hati. Lebih baik jgn diteruskan berkomunikasi dgn dia maupun mendownload file yg diberikan olehnya, bisa jadi itu virus.

      Ttg verifikasi pembayaran, masih tetap bisa Bid dan mengerjakan proyek, saldo Anda akan sementara minus bila menerima (ACCEPT) sebuah proyek, tp setelah selesai dan si pemberi kerja merilis pembayaran milestones (tanda jadi), maka saldo tentunya akan kembali positif. Oleh karena itu sebelum menerima proyek penting sekali memperhatikan bahwa employer sdh membuat pembayaran milestones pd proyek itu atau belum dan memastikan Anda bisa menyelesaikan proyek itu sesuai permintaan si pemberi kerja.
      Kalau belum ada milestones, jgn Accept dulu, minta/ingatkan pemberi kerja dgn tetap sopan (mereka blm tentu jg mengerti sistemnya harus bgm).

      Lebih jelas lagi bisa baca jawaban saya di:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html?showComment=1369625360172#c558413482254958255

      Salam,
      Daniel

      Delete
  51. terimakasih pak danil atas jawaban yang sangat lengkap.
    salam freelancer :)

    ReplyDelete
  52. malam mas daniel, salam kenal dari newbie di freelancer :)
    saya mau bertanya mas, saya baru daftar, apa memang member freelancer itu diwajibkan memasukkan portofolio yah, maaf mas saya kurang tau portofolioan hehe newbie banget soalnya, ditambah lagi belum tau jelas tentang skill saya, tapi saya sering sih translate film bersub inggris ke indonesia itu pun pake bantuan google translate tapi gak semua saya ambil dari google translate :D

    kalo diperkenankan bisa diliat nih profil saya mas daniel, kira kira apa yang kurang yah...
    http://www.freelancer.com/u/andhy27.html

    thanks mas daniel

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambahan, saya daritadi gak bisa add subheading, summary dan tarifr perjam juga om daniel.. knapa nih

      Delete
    2. Malam mas Andhy, terima kasih atas pertanyaannya,
      Portofolio itu tidak wajib, sama halnya dengan foto profil, tarif per jam, lulus ujian sertifikasi dll...
      Tetapi itu semua adalah fasilitas yang disediakan oleh Freelancer.co.id memberikan kesempatan kepada kita untuk menunjukkan bakat, keahlian dan kemampuan kita agar para calon employer yg membaca profil page kita tertarik utk mempekerjakan kita.

      Jadi ya tergantung kita sendiri, semakin jelas kita memamerkan kemampuan, hasil karya, dan keahlian kita maka semakin besar peluang kita memperoleh proyek dari para calon employer.

      Utk mengetahui skill, paling mudah adalah dari hobi Anda. Proyek translating bahasa jg banyak kok. Tapi mungkin tidak bisa mengandalkan google translate.

      Profil:
      Subheading sdh ada tuh: life is challenge.
      Kemungkinan hanya masalah sementara, coba logout dan buka server international wwww.freelancer.com atau www.freelancer.com.au (pusatnya langsung di Australia).

      Kalau masih gak bisa, mungkin memang ada masalah semuanya atau ada maintenance, paling besok sdh bisa lagi :)

      Delete
    3. iya juga sih om daniel, kayaknya gak ada proyek yang cocok dengan skill saya deh!!
      mana juga ujian gagal mulu, cari cari di faq tapi gak dapet juga jawabannya

      Delete
  53. Selamat Pagi, Salut Buat Mas Daniel P, Numpang tanya nih, saya bener bener masih baru / pemula , untuk pemula seperti saya bingung mana yang akan saya kerjakan, takut kalau tidak bisa selesai, Mas bisa beri contoh untuk proyek berbasis Excel ( contoh kerjaan dikit aja, bentuk pdf juga gak apa apa ) biar tahu seperti out putnya. terima kasih, matur nuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kangmas surip, terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.
      Contoh proyek Excel adalah sbb:
      http://www.freelancer.com/projects/Excel/Amending-macro.html

      http://www.freelancer.com/projects/Data-Entry-Excel/Daily-Web-Data-Gathering.html

      dan banyak lagi, hampir semua proyek yang saya kerjakan di Freelancer.co.id adalah proyek berbasis excel silakan lihat-lihat dari profil page saya:

      http://www.freelancer.com/u/danielgpratidya.html

      Delete
  54. Mas Daniel,
    sama seperti salah satu teman di atas, saya tidak sengaja me'accept' sebuah project yang ditawarkan ke saya. Saya mengerti kalau saya seharusnya melihat milestone lebih dulu. Saya menekan accept button dari email untuk melihat project. :(

    Saya sudah meminta mereka untuk membuat milestone payment, dan kalau kemungkinan terburuk, ternyata mereka tidak terlihat punya niatan baik untuk membuat milestone, apakah ada jalan untuk 'mutual agreement' dengan mereka (mungkin cancel project tanpa meninggalkan negative review)? Atau satu2nya pilihan adalah saya menyelesaikan project ini? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Agung, terima kasih atas pertanyaannya.
      Sekarang tinggal dua kemungkinan:

      1. Kalau Anda hanya menekan link button yang di email, seharusnya Anda hanya diarahkan membuka browser untuk ke halaman proyek dimana Anda harus menekan lagi 'Terima' or 'tolak' (maksud saya seharusnya tidak otomatis Accept), silakan lihat di halaman proyek tersebut apakah status proyeknya baru "AWARDED"/"DIBERIKAN" atau sudah "ON PROGRESS"/"BERLANGSUNG".

      2. Kalau ternyata "BERLANGSUNG" berarti benar Anda telah menekan tombol ACCEPT dan bila nanti si employer Anda tidak mau membuat milestones payment, coba membatalkan proyek dengan meninggalkan alasan "The employer has not created any milestones" atau kirimkan email ke support@freelancer.com bahwa Anda minta bantuan supaya employernya membuat milestones dan berkomunikasi dengan Anda untuk penyelesaian proyek yang lebih jelas.
      Kalau tetap si employer tidak merespon dan tidak membuat milestones, terpaksa Anda minta ke support untuk membatalkan proyek tersebut dan katakan Anda tidak mau proyek tersebut merusak reputasi Anda, karena ini bukan kesalahan Anda.

      Kalau milestone belum ada, maka jika proyek dibatalkan seharusnya tidak akan ada yang mempostingkan review/feedback, karena dianggap proyek belum berlangsung. Bagaimanapun aturannya adalah seorang freelancer akan memulai suatu pekerjaan apabila milestones sudah dipasang. Bila tidak ada milestone, tidak ada kewajiban untuk memulai. Tapi sayangnya, sepertinya ini tetap akan dihitung sebagai proyek Anda yang telah gagal.

      Saya doakan dan mudah2an si employer mengikuti membuat milestones dan berkomunikasi lebih lanjut dengan Anda agar dapat menyelesaikan proyek dengan baik dan mendapat review positive.

      Good luck ya mas Agung,
      Daniel

      Delete
    2. Wah, makasih respon cepatnya mas Daniel! :) OKeh mas, saya akan tunggu dulu. Mungkin mereka lagi sibuk acara weekend. He.. Semoga besok milestone-nya dibuat. Thanks again!

      Delete
  55. Mas danil saya baru di freelancer.
    Saya mau tanya.

    Saya melihat suatu proyek seprti ini
    Anggaran Proyek :10 $ - 20 $ perjam.
    Durasi Proyek : 1-4 Minggu

    Yang saya mau tanyakan.
    Jika saya bid nya 10$ per jam. Itu si employe nya bayar saya berapa mas ?

    1. Apa saya dibayar sesuai waktu yang saya perlukan untuk mengerjakan proyek tersebut.
    misal saya sudah menyelesaikannya dalam waktu 3 jam.
    jadi si employe nya bkal bayar saya 30 $ gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Bayu, terima kasih atas pertanyaannya.
      Dalam proyek per jam, bayaran akan dihitung berdasarkan jam kerja kita. Jadi betul dalam contoh Anda bahwa $10 x 3 jam adalah $30.

      Dalam menghitung jam kerja ada 2 cara:
      1. Mengajukan estimasi kita ke employer berapa jam kita memerlukan waktu utk menyelesaikan proyek (tentukan jumlah jam kerja pada waktu bidding).

      2. Menggunakan aplikasi TimeTracker (download dari Freelancer.co.id) yang bisa ditemukan download link nya setelah kita di-Award dan kita Accept proyek tersebut. Aplikasi ini adalah program independen under windows yg kita gunakan utk mencatatkan waktu secara otomatis dan ini akan mengambil gambar desktop Anda dalam interval waktu tertentu utk diupload ke proyek tersebut utk diperiksa oleh employer. Jadi kalau menggunakan ini, PASTIKAN! bahwa Anda sudah menjalankan program ini sewaktu mengerjakan proyek itu, dan hanya proyek tersebut ataupun yg berkaitan dengan itu yang Anda buka/kerjakan di komputer Anda. Kalau ingin istirahat/sementara buka program/aplikasi/halaman WEB lain yg tdk berkaitan TimeTracker harus di Pause.

      Dalam proyek per jam, agar bisa mendapatkan review/feedback dari employer dan menyelesaikan proyek secara komplit kita harus CREATE dan mengajukan Invoice (ini mudah, tinggal 1 kali klik di Invoice Tab). Di situ sudah ada otomatis jumlah jam kerja kita dikalikan tarif yg kita bid kalau menggunakan TimeTracker, kalau tdk pakai TimeTracker, maka jml jam kerja akan tertera by default jam yg kita ajukan pada saat bidding (bisa kita ubah lebih/kurang) however utk menyelesaikan proyek jam kerja harus sama atau lebih dari jml jam yg kita ajukan pd saat bidding.

      Setelah employer setuju dan membayar tagihan invoice tersebut, maka kedua pihak bisa saling mempostingkan review/feedback dan menilai 1-5 bintang.

      Setelah itu, employer harus menutup proyek (bila tdk berlanjut) dengan mengklik MARK AS COMPLETE. dan kalau dia tdk melakukan itu, maka akan dianggap proyek msh berlanjut dan masih tercantum dalam on going project di profile page Anda. Anda bisa mengirimkan pesan kepada employer utk melakukan hal ini agar proyek dianggap benar-benar COMPLETE.

      Semoga jelas dan membantu.
      Salam - Daniel

      Delete
  56. makasih mas atas jawabannya.

    begini mas.
    saya dapet email dari employer untuk mengerjakan proyek nya. Data entri sih mas ke web online gitu.

    masalahnya saya dapet 2 email dengan tugas yang sama tapi ID nya berbeda.
    dia juga belum membuat milestone nya mas.

    kata nya pembayaran akan dilakukan setelah saya menyelesaikan 7000 entri.
    per 1000 entry = 10$

    saya sudah suruh membuat milestone payment terlebih dahulu tapi belum ada jawabannya.

    itu bagaimana mas ?
    apa saya tidak usah mengerjakn proyek nya saja?
    abis takut tak dibayar nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Bayu, ini sdh sering ditanyakan dan jawabannya ada di atas, pertanyaan oleh dwi anggara2 Juni 2013 18.59

      Tekan Ctrl+f utk mencari kata kunci "data entry"

      atau buka link di bawah ini:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2012/11/bagaimana-memenangkan-lelang.html?showComment=1370228085373#c7435292997365776554

      Delete
    2. ohh iaaaa,,
      siip mas saya mengerti.
      makasih mas atas jawabanya.

      semoga bisa ikut sukses juga nih kaya mas daniel..
      heheheheee..

      Delete
  57. Mas daniel nanya lagi dong saya.
    Saya masih bingung nih mengenai urutan prosedur di freelancer yang benar.
    Begini bukan mas :

    1.Biding proyek dan tentukan Harga BID dan Milestone nya ( Misal Bid 100$ milestone 50% ).
    2. Proyek di award ke kita.
    3. Kita berikan contoh sample jika diminta.
    4. Setelah sesuai dengan harapan employe, Kita minta employe membuat milestone payment 50 %.
    5. Kita Accept proyek tersebut lalu Kita kerjakan proyek.
    6. Setelah proyek selesai, kita kasih ke employe untuk di chek.
    7. Jika employe puas, kita minta si employe mebuat ulang milestone menjadi 100 % dan menyuruhnya merilis ke akun kita.

    Benar begini bukan mas urutannya ?

    Oohh iaa mas satu pertanyaan lagi.
    Kalo untuk metode verifikasi pembayaran itu kan digunakan untuk kita membeli sesuatu di freelancer.com.
    Apakah si employe harus sudah memverifikasi metode pembayarannya?
    Apakah kita tidak usah terima proyek dari employe yang belum memferivikasi metode pembayarannya ?

    Mohon jawabannya mas.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Urutan yang lebih tepatnya silakan baca jawaban saya di sini:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/01/freelancercoid-telah-mengubah-hidup-saya.html?showComment=1372593667815#c5746952287204142153

      Seorang Employer harus memverifikasi metode pembayarannya untuk bisa membayar si freelancer (kita).
      Lebih baik menerima proyek utk employer yg sudah terverifikasi metode pembayarannya (ini membuktikan dia sdh pasti bisa membayar).

      Tapi utk EMPLOYER yg baru, kemungkinan dia belum sempat memverifikasi pembayarannya, karena dia pun orang baru dan tidak tahu harus bagaimana. Lebih baik kalau Anda juga masih newbie, jangan dulu deal dgn employer yg juga newbie, resikonya akan terjadi SALAH PAHAM!
      Sedangkan utk freelancer yg sdh berpengalaman menang proyek dan menyelesaikan proyek serta dibayar, tidak akan jadi masalah, karena biasanya dia bisa memberikan saran dan tuntunan kepada employer yg baru tsb utk menyelesaikan pembayaran berdasarkan pengalamannya.

      EMPLOYER BARU + FREELANCER BARU = FAIL PROJECTS!

      Salam,
      Daniel

      Delete
  58. ok mas saya paham.

    oiaa mas danil. kalo cara kirim sample gimana iaa,,?
    sample saya bntuk nya word.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Bayu, kirim sample bisa di attach di private message, tapi setelah bid kita pasang.
      Tapi kalau employer belum membuka/mengawali/mereply private message ke kita, maka kita belum bisa membalas dan attach sample.

      Tips dari saya:
      Saya menggunakan dropbox (www.dropbox.com) utk mengupload file sample saya dan kemudian memberikan link file ini kepada calon employer saya di private message (Jangan di Bid message, krn akan terlihat oleh bidder lainnya).

      Semoga membantu!
      Daniel

      Delete
  59. Pak Daniel, saya ada pertanyaan:

    1. Dari penjelasan di potin 6 yang saya tangkap begini:
    Kita cari proyek >> lihat dan baca proyek >> kerjakan 50% dari total penyelesaian proyek yang seharusnya (utk dijadikan sample) < di possisi ini kita belum melakukan komunikasi apapun dengan employer ataukah sebaiknya kita sambil tanya2 ke employer, pak?

    setelah sample selesai, sebaiknya kirim sample ke employer dulu atau bid dulu, pak? atau bid sekalian kirim sample?

    Nah, selama kita mengerjakan sample, kemungkinan kan penawaran terus berjalan, sementara pengerjaan sample (khususnya bagi newbie)biasanya kan makan waktu lama, begitu selesai sample lalu kita buka proyek eh ternyata proyek sudah dijemput penawar lain, inikah yang pak Daniel sebut pengorbanan?

    Maaf, kadang harus membahasakannya sendiri baru bisa memahami :D

    2. Pak Daniel memberikan link contoh hasil karya pak Daniel, tapi setelah saya buka, yang saya dapati adl laman profil pak Daniel, deskripsi proyek, komentar orang2 yang menawarkan diri untuk mengerjakan proyek , etc. Tp saya bingung gambaran proyek pak Daniel sebelah mana?

    3. Mohon masukan untuk memasang tarif di profil bagi pemula berapa pak?

    4. Sistem borongan dan tarif per jam, manakah yang lebih baik?

    5. Mohon dishare bagaimana cara bapak berkomunikasi dengan employer mengenai proyek, juga proyek pertama pak Daniel

    6. O ya, sample yang dikirim or dipost di portofolio selalu dalam bentuk screenshot (gambar) ya pak?

    Sementara itu dulu, pak. Terima kasih atas kesabarannya meladeni "rengek-an" kami para newbie ^_^

    ReplyDelete
  60. Wuihh...lengkap bener pertanyaannya bisa bikin buku nih dari penjelasan-penjelasan saya :)

    1. Dalam membuat sample, berarti kita sdh paham betul dari project description. Utk hal-hal yg hilang (mislink) atau belum kita mengerti, di sinilah kita harus selalu "Out of the Box", berkreasi dan membayangkan sendiri, atau membuat asumsi sendiri. Bisa jg ajukan pertanyaan lagi ke employer, tapi saya tidak! karena spt yg saya sebutkan, bahwa kita dealing with a very busy person an very fast movement environment krn ini International! Karena itu saya langsung tembak! ini yg membuat employer sangat impresive dengan pemahaman saya atas proyeknya dan tertarik utk memberikan proyeknya kpd saya tanpa pikir panjang lebar lagi. Kalaupun msh salah, kalau dia tertarik, maka dia akan memberikan feedbacknya utk saya perbaiki.
    Utk Kirim sample: Bid sekalian kirim sample! jawaban saya persis di atas thread ini pertanyaan dari
    bayu19 Agustus 2013 17.52

    Betul ini perlu effort lebih, dan memang bisa jadi proyeknya sdh diaward ke org lain. Dan sering sekali saya mengalami ini, tapi positif nya saya sekarang punya koleksi dari proyek2 gagal yang bisa saya jadikan referensi utk membuat sample atau pekerjaan yang lebih cepat! Jadi terserah masing-masing orang, karena sebetulnya saya tidak pintar-pintar amat dan genius, hanya saja saya tekun dan rajin :) *muji diri sendiri atau merendah nih...* hehe

    2. Hasil karya saya bisa dilihat di portofolio saya disitu juga ada keterangannya. Hasil karya saya download di sini:
    https://dl.dropboxusercontent.com/u/63939243/Sample_XL2010_App.xlsm
    Click enabled edit terus click enabled macro/content dengan Excel 2010 or later.

    3. Tarif itu tergantung bidang pekerjaannya apa? Kalau menurut pengalaman saya (tp ini pendapat saya loh ya), sbg contoh:
    -Data entry = $2-$3 per hour
    -Coder (vb, vba, html, php,dll) = $15-$20 per hour
    -Translator = $8-$10 per hour
    -Writer = $5 per hour dgn asumsi pengetikan 500 word per page dan utk itu perlu waktu 1 jam dengan tarif $0.03 per word.

    Waktu membuat bid utk data entri biasanya secara total (borongan) karena tergantung tingkat kesulitan utk membuat 1 entri, jadi lakukan trial utk 10-15 entri perlu berapa lama lalu konversikan ke USD per entri dan kalikan menjadi Total Bid based on how many entry they will need...harus ditanyakan berapa banyak entri yang akan dikerjakan di awal diskusi, jika tidak, nanti salah paham diakhir.

    berlanjut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ...lanjutan

      4. Borongan atau per jam itu tergantung model pekerjaannya. Apa yg akan dikerjakan dan tergantung kita menilai pekerjaan itu.
      Contoh:
      - Saya akan menyarankan employer proyek borongan bila project description sudah sangat jelas dan employer sudah tahu benar-benar apa yang mereka inginkan, jadi sangat sedikit kemungkinan ada perubahan setelah proyek kita selesaikan. Di sini kita bisa pasang harga langsung utk pekerjaan yg complete.

      - Untuk proyek yg employernya sendiri masih dalam pengembangan, artinya langkah selanjutnya akan ditentukan setelah melihat hasil yg pertama. Contoh dalam pengembangan software baru, web site baru, aplikasi baru, dll. Ini tentunya sulit menentukan pekerjaannya sampai mana selesainya, oleh karena
      perlu ada kejelasan bagi kedua pihak agar tidak ada salah paham bahwa proyek akan dibayar perjam. Setiap kita akan mengerjakan tahap tertentu lebih baik minta persetujuan akan estimasi jam kerja yg akan kita butuhkan utk itu dan kalikan tarif per jam Anda. Kalau employer setuju, employer create milestone baru, dan Anda mulai kerjakan. Begitu seterusnya sampai proyek selesai.
      Setiap selesai 1 pekerjaan, buat Invoice (di Invoice Tab) dan kirimkan utk employer agar membayar.
      Bisa juga menggunakan TimeTracker app yg baru utk mencatatkan jam kerja kita secara otomatis.

      5. Cara berkomunikasi? ya dengan mengirim pesan via message system yg disediakan Freelancer.co.id
      Tapi kalau maksudnya cara komunikasi spy menarik perhatian employer, rasanya tidak cukup dijelaskan di sini. IFA punya event-event yg membahas ini, seperti yg terakhir bulan Juli 2013 kemarin saya mempresentasikan "10 Bigest Mistakes Freelancer made", silakan baca beritanya di www.indofreelancer.org dan dalam wkt dekat akan ada event lagi ttg topik "Bagaimana membuat portofolio yang menarik".

      6. Iya betul selalu dalam bentuk gambar, dalam 1 slot bisa beberapa gambar utk di slide.

      Selama saya ada waktu utk menjawab, pasti akan saya jawab selengkap-lengkapnya. Semoga berguna dan jadi inspirasi baru.

      Salam,
      Daniel

      Delete
    2. Oh iya proyek pertama yg saya menangkan adalah:

      http://www.freelancer.com/projects/Data-Entry-Excel/Daily-Web-Data-Gathering.html

      di situ ada file screenshot petunjuk dari employernya utk mengerjakan proyek msh bisa didownload meskipun itu proyek Desember 2011.

      Delete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk profilnya:
      "May be I'm not an expert but I'm a good learner. Give me chance and I'll try my best.

      Kurang nendang karena tidak sesuai dengan ! Usahakan tidak menggunakan kalimat negative dan tutupi kelemahan Anda.

      Cth: "I am willing to work hard and have a good understanding of any project regarding pdf, word, excel and article writing. You'll get the best of my service".

      List keahliannya justru masih kurang.
      Ikuti Freelancer Orientation Exam, jawabannya semua bs dipelajari di "Pertanyaan yang sering diajukan / FAQ"
      Portofolio belum dipasang.

      Pengolahan Pola? mungkin maksudnya "Pattern Making" tp sy kurang tahu jg ttg apa, sorry.
      Tips utk pemula: karena dibatasi pemilihan keahliannya sgt dikit, lbh baik browsing proyek dulu aja dan bila mau bid proyek tertentu baru skillnya ditambahkan/diedit, krn kita hanya bs bid bila kita memiliki salah satu keahlian yg disebutkan dlm proyek tsb.

      contoh-contoh berkomunikasi dengan employer rencananya akan saya share dalam bentuk file, mudah2an sy ada waktu buat bikin rangkumannya spy bisa didownload teman-teman :)

      Delete
    2. Copas ini ya, pak >>> I am willing to work hard and have a good understanding of any project regarding pdf, word, excel and article writing. You'll get the best of my service.

      Domo arigatou gozaimasu, semoga tidak bosan.

      Delete
    3. Monggo, memang itu khusus saya usulkan untuk profil Anda.

      Delete
  62. Mas, itu gpp kan tanda jadinya saya minta rilis duluan kalo kerjaanny belum siap?

    terakhir mas, bisakan paypal transfer ke debet, soalny ga ada kartu kredit, rencananya pake kartu bca sih...

    lumayan mas, dr freelancer dapat pounds sama dollar hahaha
    thx ya mas

    ReplyDelete
  63. mengenai minta rilis tsb, saya barusan minta initial milestone dan dia menyanggupinya setelah itu keluar tanda jadi dan saya mengklik tindakan mnta rilis, setelah itu status menjadi rilis diminta. gpp kan mas itu? ato klo ada penjelasan tolong dijelaskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh! kok kerjaan blm selesai udah minta rilis? ya gak bakalan dirilis sama employernya, kecuali dia gak tahu dan lbh baik secara profesional Anda kirim pesan ke employernya bahwa itu salah klik dan pastikan di akhir pesan Anda mengatakan "you can release the milestones if you think my work is already done perfectly, if not please give me further feedback to improve it, I will send you my work as soon as it's finished"

      Karena sebenarnya feature "minta rilis" / "Request to Release" itu disediakan apabila kita sdh benar2 menyelesaikan dan mengirimkan pekerjaan, tapi employernya belum jg membalas/memberikan feedback apakah sdh betul atau msh perlu perbaikan.

      PayPal bisa tarik dollar ke rekening rupiah kita di bca, yg perlu diperhatikan nama pd akun PayPal harus sama dgn nama di rekening bank. Namun, akun PayPal harus diverifikasi dgn kartu kredit utk membuka limit dalam mengirim/menerima/menarik uang.

      Delete
  64. oooo gitu toh mas, jadi mas,
    1.tpi bukannya klo kita minta rilis, pihak employernya harus menyetujui lagi bukan ya?

    soalnya blum dapat balasan sih, dana da cair. Pekerjaan yg dikasi employer kemaren hanya mengetes aplikasi dan pekerjaanya dikasi 2, pertama kita yg mentes, kedua orang lain. nah pekerjaan pertama sudah siap, tinggal nunggu yang org lain mencoba, itu aja sih mas soal kerjaanya.

    2. tpi masi bsa kan mas kita ingatkan untuk mentransfer milestonenya? ato ada penjelasan mengenai reminder ke employernya walaupun initial milestonenya uda terlanjur dimintain rilis.

    3. Jadi ketika kita merilis initial yang diberikan, feature "minta rilis" dipakai saat proyek kita da bener2 acomplished kan?

    4. Trakhir mas, maksudny feature "minta tanda jadi" yang diatas "tanda jadi", "deskripsi", "jumlah", "status", dan "tindakan" itu apaan ya? Thx ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Meskipun milestones dimintakan rilis ke employer, si employer tetap punya hak utk merilis atau tidak. Itu hanya utk mengingatkan. Tapi kalau memang pekerjaannya sdh selesai, ya gak masalah, dia pasti tdk keberatan rilis. Minta rilis hanya sebagai pengingat spu employernya membaca pesan itu yg dikirimkan oleh Freelancer.co.id / .com

      2. Kalau sdh terlanjur klik minta rilis, paling kita bisa mengirimkan pesan ke employer spt yg sy jelaskan sebelumnya. Hrs diingat bhw ada kemungkinan emloyernya jg tdk paham cara kerjanya.

      3. Betul. tp selama jd freelancer, sy hanya sekali menggunakan fitur itu utk mengingatkan employer yg tdk merespon permintaan sy via pesan. Biasanya hanya diingatkan via pesan sj mereka sdh mengerti bhw mereka harus merilis milestones bila pekerjaan sdh sesuai dgn keinginannya.

      4.
      tanda jadi = milestones,

      deskripsi tanda jadi adalah keterangan utk apa milestones tsb (cth: pekerjaan 1 selesai, pekerjaan tahap 2 selesai, atau 100 % complete project) terserah si employer mau kasih keterangan apa.

      jumlah, berapa besarnya milestones

      status, cth: sedang berlangsung, minta rilis, dirilis.

      tindakan, sth: milestone bisa dibatalkan, dimintakan rilis

      Delete
  65. wah bener2 terbuka pikiran saya, makasi ya mas Dan. Success Good luck buat jd freelancernya hehehe

    klo ada kerjaan translation kasi aku ya ke dennyjeremia3112 hahaha just kidding. Thx mas skli lgi. God bless.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lihat ada jalan proyek per jam ya, Selamat!
      Perhatikan dalam proyek per jam bahwa:
      1. Utk bisa memperoleh review dari employer dan sebaliknya, Anda harus membuat INVOICE (gunakan Tab Invoice utk membuatnya).

      2. Employer harus membayar Invoice Anda tersebut dengan cara merilis milestones yg sdh di-set atau kalau ternyata jml jam kerja Anda sdh lebih dari jml milestones, maka tambahannya employer tsb harus membayar kekurangannya dgn membayarnya langsung (tp ini urusan employernya).

      3. Setelah itu baru Anda dan dia bs saling mempostingkan feedback, kalau hanya dgn merilis milestone TANPA pembayaran against your INVOICE, tdk akan bs dpt feedback.

      4. Terakhir kalau memang sdh tidak ada kerjaan lanjutan lagi, maka Anda hrs meminta ke employer utk menandakan proyek tsb sudah selesai dengan mengeklik "MARK AS COMPLETE", jika tidak maka Freelancer.com akan menganggap proyek tsb msh berlanjut dan akan ada seterusnya di Tab work in progress Anda, yahh... gak masalah juga sih, tp kalau saya agak risih aja :) kelihatan msh ada kerjaan yg belum beres.

      Delete
  66. selamat sore mas daniel , saya ini awam bgt baru tau ttg freelancer.co.id , saya ingin mengetahui secara keseluruhan mengenai ini , saya berniat untuk serius dalam kerjaan ini , soalnya saya tertarik ,saya rasa ini berbeda dengan yang lainnya , saya ingin minta penjelasan sesingkat mungkin ttg ini mas , juga saya meminta fb atau web yg memperjelas ttg smua ini , trus cara kita di bayar bisa gk melalui bank lokal ? jika tidak keberatan , saya minta nomer mas , nomer mas bisa di smskan ke nomor saya mas di 0878 2313 4331 , nanti saya akan tlp mas , terimakasih mas daniel . salam sukses . gilang di bandung .

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Gilang langgeng, secara keseluruhan bisa dipelajari di websitenya di beberapa artikel di dalamnya.
      Tapi di blog saya ini sebenarnya sdh banyak sekali pertanyaan2 yg sy jawab secara lengkap, termasuk tips & trick.

      Silakan telusuri tanya-jawab di komen2 di sini ataupun di postingan2 artikel saya yg lain dalam blog ini (SANGAT LENGKAP mengenai bebagai pertanyaan).
      Kalau ada pertanyaan lain, silakan dipostingkan saja di sini, spy jawaban sy jg bisa dibaca oleh teman2 yg ingin mempelajari lbh dalam ttg freelancer.co.id

      Kita punya IFA website: www.indofreelancer.org
      Facebook page: www.facebook.com/Indofreelancers
      Twitter: @indofreelancer

      Utk Freelancer.co.id
      Facebook page: www.facebook.com/freelancer.co.id
      Twitter: @freelancercoid

      Salam,
      Daniel

      Delete
  67. assalamualaikum gan mau nanya cara narik dana freelancer.com ke payooner gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda bisa mengajukan permohonan Kartu Debit Freelancer.com yang adalah kerjasama dengan Payoneer, jd kalau sudah punya kartu payoneer tinggal dikoneksikan saja dengan akun Freelancer Anda.

      Silakan search (ctrl+f) kata kunci "Payoneer" di halaman ini utk penjelasan lebih lanjut.

      Delete
  68. assalamu'alaikum ..
    gan mau tanya nih, setiap kita menawarkan diri pada bidang tertentu, kita harus mengikuti ujian minimal lvl 1 dulu atau kalo kita ngg ikut ujian masih bisa menawarkan diri pada suatu job tertentu ?
    untuk mengisi komisi /hour ... kenapa saya selalu error, apakah itu karena saya belum pernah mengikuti satu job pun ?
    mohon info, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam mas Arif,

      Ujian itu adalah untuk sertifikasi keahlian kita, kalau kita lulus akan lebih bernilai penawaran yg kita ajukan dalam sebuah proyek, karena ada LENCANA nya di profil kita yg menandakan kita ini qualified.

      Tapi ini tidak harus diikuti. Kita tetap bisa mengajukan bidding (penawaran) pada suatu job/proyek tertentu, KECUALI disebutkan dlm proyek tsb bahwa yang bisa bid hanya freelancer yg telah lulus ujian tertentu (disebutkan dalam deskripsi proyek apa saja ujiannya).

      Tarif/hour Error??? hmmm... sy kok gak pernah mengalami begitu yah? coba ganti browser lain atau Clear Cache Browsernya.
      Tidak diperlukan syarat apapun dlm menentukan tarif per jam Anda, seharusnya tidak ada masalah.

      Salam - Daniel

      Delete
    2. oke, saya sudah paham akan itu... dan saya sudah mulai bertransaksi sesuai bidang saya pahami..
      untuk pertanyaan saya selanjutnya, apakah pada saat kita melakukan job (sedang berlangsung), saldo kita menjadi kurang dulu ? dan pada saat masa kontrak sudah selesai, kita akan di bayar sesuai perjanjian ?

      Delete
    3. Segera setelah kita menerima (Accept) sebuah proyek, biaya proyek akan langsung dikurangi dari saldo ataupun kalau saldonya kurang, maka akan menagih ke metode pembayaran Anda yg telah terverifikasi (mis: akun PayPal, rekening kartu kredit Anda).

      Kalau Anda blm memverifikasi metode pembayaran Anda, dan saldonya nol, maka saldo akan jadi minus (font merah).

      Oleh karena itu PASTIKAN employernya membuat MILESTONE sebelum Anda menerima sebuah proyek! Agar bisa dipastikan akan ada pembayaran yang akan masuk ke saldo Anda setelah proyek selesai. Milestone tsb harus dirilis oleh employer utk bisa masuk ke saldo kita yang membuat saldo kita kembali positif.

      Kalo saldo dlm keadaan minus lebih dari sebulan, maka Akun Anda akan diperingati oleh admin dan kemungkinan akan disuspend sampai saldonya kembali positif.

      Silakan search (ctrl+f) kata kunci MILESTONE di halaman ini utk mempelajari tanya-jawab dan pembahasan lebih lanjut.

      Salam,
      Daniel

      Delete
  69. Dear Pak Daniel,
    Mohon advise pak, bagaimana jika employer minta untuk komunikasi via skype untuk instruksi next stepnya. tetapi dengan kondisi beliau belum ada set milestone.
    Thanks sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas,

      Sebelum proyek di-award, create milestone dan mas Hidayat Accept projectnya......Sangat tidak disarankan utk berkomunikasi dan bertransaksi di luar situs Freelancer.
      Kecuali mas Hidayat sudah tahu/sudah kenal/sudah bekerja sama dgn si employer lebih dari 3-5 kali (tergantung orangnya), sebaiknya JANGAN!

      Sementara itu, kita bisa menggunakan fitur chat yang ada di message system.
      Hati-hati, ini dunia maya dan kita belum tahu siapa lawan bicara kita.

      Memang lebih mudah komunikasi via skype, tapi utk employer yg baru kenal sebaiknya jangan dan lagipula dilarang mencantumkan user id IM: ym! no telp, skype, Gtalk, email, dll SEBELUM proyek di-Accept (dimana saldo kita akan terpotong sebesar biaya proyek).

      Delete
  70. halo mas daniel. saya mau bertanya, kenapa pada saat saya menawar pekerjaan,terkadang ada pesan, "anda idak dapat menawar dalam proyek ini"
    satu pertanyaan lagi mas daniel, bagaimana cara mengirim pesan pada "Papan Klarifikasi Publik".?
    mohon pencerahannya mas daniel. thanks before.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Imam, silakan baca postingan saya di:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/10/kenapa-tidak-dapat-menawar-dalam-proyek.html

      Semoga membantu,
      Daniel

      Delete
  71. salam kenal mas daniel.
    untuk letak bid pada sebuah proyek ternyata disistem freelancer meminta fee. dan fee itu wajib dideposit dlu oleh freelancer melalui paypal,skrill ato wiretransfer.
    saya py saldo $5.43 di paipal, trus freelancer system minta $5.
    apa benar freelancer system meminta sgini utk 1 project Mas daniel?

    kalo iya wah ilang dah usaha iseng2 saya slama 1tahun, krn itu dolar hasil hunting lwt PTC slma 2tahun.

    memang ada baiknya bisa luangkan waktu utk membuat tutorial lenkap pdf buat pemula mengenai sistem freelancer.step-by-step berikut contoh kasusnya dan tata bahasa komunikasi inggris yg baik dan menarik itu bagaimana.
    jangan lupa sertakan link2 utk belajar2 dasar yg dibutuhkan bt para freelancer nubie agar bisa belajar mandiri dan otodidak.

    namun saya coba mngusulkan bagaimana utk membuat ruang conference virtual
    dg program voip spt teamspeak ato axon dlby dn jam berapa bisa kumpul bareng utk share pengalaman.kurasa ini bisa menghemat waktu dan hasil share bisa dituangkan lewat forum. nantinya akan berguna utk membentuk komunitas yg lebih erat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas, salam kenal.

      Kalau hanya memasang BID, tidak akan ada fee! Selalu Gratis.
      $5 utk bidding? sepengetahuan saya tidak ada yang seperti itu.
      Coba cek 3 kemungkinan di bawah ini:

      1. Anda memasang Sponsor Bid $5 (utk mendanai penawaran Anda agar bisa berada di paling atas dari daftar org2 yg mem-bid).

      2. Pada proyek-proyek tertentu, ada yang bersyarat lulus EXAM (ujian), sebagai contoh US English Exam Level 1.
      Kalau Anda belum lulus ujian ini, maka TIDAK bisa ikutan bidding.
      Di bawah deskripsi proyek tsb akan ada link yang kalau diklik menghantarkan Anda utk mengikuti Ujian ini (biayanya $5), tapi itu pun akan minta konfirmasi Anda dulu, betul ingin beli ujian tsb atau tidak.

      3. Anda sudah di-AWARD proyek tsb, dan Anda sdh meng-Accept. Maka berarti yg $5 tsb adalah biaya proyek 10% dari nilai bid Anda. Memang ini dipotong langsung ketika kita terima proyek, tapi setelah proyek selesai dan employer merilis pembayaran milestones, maka saldo kita akan bertambah lagi.

      Dan terima kasih atas usulannya mas, hanya memang saya belum sempet nulis buku lengkap :)
      Sementara ini, saya khan ada beberapa tutorial utk para newbie yg bisa didownload utk baca-baca di pojok kanan-atas.
      Juga bisa nonton video tutorial singkat saya di youtube:

      https://www.youtube.com/watch?v=Rcs9S0SXDqw

      Semoga membantu,
      Daniel

      Delete
    2. oh begitu ya mas daniel. kmarin wkt saya edit profil saya terlanjur klik pilihan yg ada hire and worker. apa itu mempengaruhi pada daftar bid saya, krn saya trmasuk employer jg?padahl niat awal saya cm sbg worker.
      mudah2an sangat berharga saat saya pertaruhkan $5 utk pass exam english.
      terimakasih atas petunjuknya mas daniel.
      salam. Agus.

      Delete
    3. Ujian sertifikasi keahlian hanya bisa diikuti oleh freelancer/worker, bukan oleh employer dan tidak masalah kalaupun Anda pilih keduanya (saya pun pilih sebagai keduanya). Settingan ini bisa kita ubah kapanpun di Tab Profil lalu pilih Pengaturan, lalu pilih Tab Pengaturan Akun, scroll ke paling bawah.

      Kalau Anda sudah lulus exam english level 1 tsb, tandanya Anda akan mendapatkan lencana (badge) lulus ujian dan itu akan tiket Anda utk bisa bid di proyek2 lainnya yang mensyaratkan sertifikasi english exam. Lencana ini akan selalu ditempelkan di setiap bid Anda, sehingga employer suatu proyek akan mengetahui bahwa Anda punya kelebihan daripada bidder lainnya.

      Salam Sukses,
      Daniel

      Delete
  72. Malam pak Daniel, pak minta pencerahan dan langkah2 awal jadi freelancer yang sukses dong pak.. Saya awam sekali pak tentang freelancer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam mas Ario, silakan download tutorial2 dasar di bagian kanan-atas utk mulai mendaftar, melengkapi profil, dan mulai memasang penawaran pada sebuah proyek dan juga ada bacaan 10 biggest mistakes freelancers made yg mungkin bisa menginspirasi Anda utk memulai menjadi Freelancer yg sukses.

      Ada juga video ttg cara melengkapi profil, menentukan skill Anda sendiri dan membuat bid pada proyek di:
      https://www.youtube.com/watch?v=Rcs9S0SXDqw

      Semoga membantu,
      Daniel

      Delete
  73. Siang Pak Daniel, pd waktu bidding, bagaimana cara kita mengirim sampel ke employer? Apakah melalui "Papan Klarifikasi Publik"?
    Dulu di vWorker (sebelum dimerger Freelancer) kirim file sampel ada tombol langsung ke pmb employer... Makasih sebelumnya. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore mas yori,

      Papan Klarifikasi Publik adalah utk publik, dan bisa dilihat semua user termasuk yg tidak mem-bid.

      Dulu memang bisa mengirim sample melalui pmb, tapi sekarang kita harus tunggu employer membalas/mengirim pesan kepada kita, ATAU kalau employer menggunakan HIRE ME / REKRUT SAYA utk menghubungi kita laangsung, Selain itu tidak bisa.

      Untuk mengatasi ini saya biasanya menggunakan dropbox, dimana dalam pesan bid saya cantumkan link spy mereka bisa mendownload sample saya.

      Semoga membantu,
      Daniel

      Delete
  74. Selamat malam, Pak Daniel. Saya baru menjadi member freelancer beberapa hari yang lalu. Saya adalah seorang mahasiswi jurusan psikologi semester awal. Saya ingin mencoba menjadi freelancer di bidang writing. Saya belum berani melakukan verifikasi dan masih bingung melakukan bidding. Saya sudah mencoba beberapa tips yang bapak post di blog ini. Saya kehabisan kuota bid dan masih ingin mencoba mendapatkan proyek. Apa yang harus saya tingkatkan sebagai newbie di freelancer dan bagaimana cara menentukan penawaran bagi pemula yang pantas dan tidak terkesan terlalu tinggi? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Rizka,
      Terima kasih atas kunjungannya dan pertanyaannya :)
      Utk sementara kita tinggalkan saja dulu masalah verifikasi (utk metode pembayaran yg maksudnya sebenarnya adalah cara kita melakukan pembayaran2 di Freelancer.co.id).

      Utk pemula, saya tidak menyarankan meningkatkan keanggotaan utk memperoleh kuota bid yg lbh banyak. Konsentrasi kita sebagai pemula adalah spy bid kita bisa memenangkan sebuah proyek dan terpilih (awarded) oleh employernya, menyelesaikan proyeknya dan memperoleh bayaran yg akan masuk ke saldo akun freelancer kita.

      Kalau kuota bid habis, utk Free member sebaiknya bersabar menunggu esok harinya lagi sampai 1 bid bertambah lagi utk kita pakai. Sgt penting utk benar2 menggunakan jatah bid pada jml kuota yg terbatas.

      Yg harus ditingkatkan adalah profil page Anda, buat agar "nendang" shg employer tertarik, oleh karena itu buatlah selengkap dan seprofesional mungkin. Dan juga kata-kata dalam proposal kita buat mereka "curious" penasaran akan kemampuan kita dan ingin melihat lebih lanjut (sampaikan sample pekerjaan yg tidak lengkap), mungkin kalau bidang penulisan hanya 1 or 2 paragraph yg menunjukkan ide2 Anda yg luar biasa dan menarik employer utk tertarik melihat lebih banyak ide2 Anda.

      Menentukan penawaran utk pemula memang harus paling rendah dulu (paling tdk ini terbukti berdasarkan pengalaman saya), setelah kita punya reputasi dgn menyelesaikan beberapa proyek dan ada review/kesaksian2 dari para employer terdahulu kita, maka kita bisa mulai menaikkan harga bid kita.

      Memang perlu pengorbanan dulu di awalnya, utk menarik perhatian para employer, tapi berikutnya setelah mereka melihat kualitas pekerjaan kita, maka mereka biasanya tidak akan segan2 menyetujui proposal penawaran harga yg lebih tinggi.

      Kalau ada waktu baca-baca, silakan download presentasi saya di pojok kanan atas blog ini ttg "10 biggest mistakes freelancer make".

      Semoga membantu,
      Daniel

      Delete
    2. Terima kasih, Pak Daniel atas responnya :) baru saja saya membuka akun freelancer saya. Disitu saya menerima pesan dari employer yang meminta saya mengirimkan ringkasan artikel dan mengirimkannya ke sebuah web milik employer tersebut. Saya akan mencoba tips yang bapak berikan. Semoga ini jalan bagi saya. Terima kasih banyak, Pak :)

      Delete
    3. Wuih... cepat sekali :) hebat...Good Luck ya mbak.

      Delete
    4. Terima kasih, Pak :) tapi saya harus terus belajar dan meningkatkan skill karena saya baru di sini, maka dari itu mungkin saya akan bertanya-tanya lagi kepada bapak. Maaf kalau saya mengganggu bapak :)

      Delete
    5. No worries mbak, feel free to ask any questions, saya akan jawab sebisa mungkin dan selengkap mungkin selama ada waktu :)

      Sebetulnya tanya-jawab di blog ini sudah banyak sekali dan lengkap, coba cari dulu jawabannya di sini (total ada 5 postingan artikel di blog saya dan ada tanya-jawab lengkap di bawahnya masing-masing) mungkin beberapa pertanyaan mbak Rikza ada yang sama dan sudah pernah saya jawab.

      Tapi kalau belum nemu jawabannya silakan ditanyakan.

      Delete
    6. Selamat malam, Pak Daniel. Maaf menganggu lagi :) Saya memiliki pertanyaan yang tidak umum disini. Menurut bapak, apakah umumnya untuk membuat 100 ringkasan artikel dalam waktu 1 bulan itu merupakan sesuatu yang wajar dan memungkinkan untuk dilakukan oleh saya seorang mahasiswa yang baru memasuki dunia freelancer? , Karena jujur saja saya tertarik untuk melakukannya. Terima kasih, Pak. Mohon bimbingannya :)

      Delete
    7. Wuihh ordernya banyak loh, sip tuh mbak, jangan menyerah, harus berani terima tantangan. Tidak ada yang tidak bisa, semuanya ada jalan.
      Sebagai contoh: Kalau Anda pikir tidak akan selesai pada waktunya, siapkan backup, yaitu teman lain yg bisa membantu Anda.

      Tapi sebaiknya hitung dulu dgn akurat waktu Anda sendiri dalam menyelesaikan 3 artikel ringkasan dan extrapolasikan ke 100, totalnya perlu berapa lama utk kerjaan 1 orang.
      Kalau lewat 1 bulan, berarti harus tambah orang.

      Good Luck ya mbak, saya doakan berhasil!
      Jangan menyerah, awal menjalani memang kelihatan susah, setelah masuk pasti akan lebih mudah.

      Salam,
      Daniel

      Delete
    8. Terima kasih, Pak Daniel atas masukkannya ini :) sungguh bermanfaat.. kalau saya mematok $2-$4/artikel apakah pantas sebagai awalnya,Pak? Karena employer saya meminta saya mematok harga dan saya bingung apakah sesuai atau tidak. Maaf kalau saya banyak bertanya :)

      Delete
    9. Bisa! dengan harapan mbak Rikza bisa mengerjakan 1 artikel dalam 1 jam. Artinya artikel final yg sudah diperiksa kembali, di-edit lagi, dipertimbangkan lagi.

      Itu sudah Ok utk pemula seperti Anda, $2 per jam adalah yg termurah di Freelancer, jd kalau employer memaksa Anda utk itu pun, tidak masalah utk sekarang. Ini kesempatan Anda memberikan kesan WOW! kepada employer. Nanti kalau berikut2nya ada job lagi, Anda bisa naikkan tarifnya.

      Memang betul Anda harus menentukan harga Anda dan itulah seorang profesional! Semuanya harus jelas sebelum pekerjaan dimulai agar tidak ada kesalahpahaman di tengah or di akhir proyek.

      Dan jangan lupa mbak, sebelum mulai, minta employer membuat milestones, bisa 50% (contoh: dari 100 x $2 = $200 * 50% = $100) atau kalau Anda yakin dan employer setuju, bisa minta $200 (100%) langsung. Lagipula milestones ditahan di akun Freelancer.co.id dan baru bisa masuk ke saldo akun mbak Rikza setelah employer mereview pekerjaan dan puas 100% atas pekerjaan yg diserahkan, lalu merilis milestones tsb.

      Kalau dia tdk mau buat milestones, pikir2 lagi utk kerja sama dia, tp saya yakin, kalau employer mbak seorang yg profesional dan tdk akan keberatan membuat milestones payment.

      Delete
    10. Baik, Pak. Terima kasih atas sarannya :) mohon doa agar diberi kelancaran ya, Pak :) Semoga bapak juga sukses selalu :)

      Delete
  75. Makasih Gan Infonya >> http://goo.gl/2ifKnZ | http://goo.gl/9L8Kbe | http://goo.gl/jUkPyh | http://goo.gl/UHfpvO

    ReplyDelete
  76. Selamat pagi pak

    bolehkah saya minta alamat email bapak
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alamat email saya sekarang bisa dilihat di profil google plus saya

      Delete
  77. Selamat apgi pak daniel,

    Pak daniel tolong donk share contoh proposal saat bidding. hehe..., saya masih bngung dengan hal seperti itu pak soalnya, maklum saya adalah member baru di freelancer.co.id. terima kasih. Salam super buat pak daniel. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Dimas,

      Rencananya akan saya postingkan artikel baru lagi dan sharing beberapa transkrip conversation mulai dari proposal sampai dapat proyeknya. Sabar dulu ya mas :) waktunya blm ada nih, lagi ada 3 proyek besar. Mudah2an maksimal minggu depan dah bisa dibaca di blog saya ini.

      Regards,
      Daniel

      Delete
    2. Terima kasih banyak pak. ditunggu posting barunya :) Kalo boleh, bisa minta alamat emailnya pak? saya pengen belajar banyak dari pak daniel. :) Trima kasih.

      Delete
  78. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  79. Pagi Pak Daniel, mohon pencerahannya pak, apakah untuk menjadi seorang frelancer harus terlebih dulu mempunyai kartu kredit pak, saya masih bingung mengenai pembayarannya. Saya sudah mendaftarkan akun paypal namun masih belum terverifikasi karena saya belum mempunyai kartu kredit, mohon jawabannya ya Pak. Terimakasih sebelumnya. Salam sukses buat Pak Daniel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga! tapi akan jauh lebih mudah jika punya kartu kredit.
      Monggo dilihat jawaban lengkapnya di:

      http://danielgpratidya.blogspot.com/2013/11/metode-pembayaran-vs-metode-penarikan.html

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Matur tengkiu Pak Daniel atas jawabannya, salam sukses.

      Delete
  80. pak daniel, saya free lancer baru.
    saya ingin tanya di mana kita bisa melihat proyek yang sudah kita "bid"?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ahmad, proyek-proyek yg kita bid bisa klik tab "Proyek Saya" di bagian atas. Kalau diklik setelah halaman berikutnya terbuka, pilih opsi 'Tampilan Freelancer', lalu klik Tab 'Penawaran Aktif'.

      Delete
  81. "Mohon pencerahan pak Daniel"
    Saya baru saja gabung dan mulai belajar apa itu freelancer, dan melalui blog bapak saya sangat terbantu sekali...trimakasih. Kalo sempat mohon profil saya di riview pak, monggo linknya..http://www.freelancer.co.id/u/Aguslash.html. apa yang perlu saya 'make over' supaya bisa 'Nendang' seperti yang sering bapak ulas. selanjutnya saya kurang 'pede' saat ngeBid karena saya sendiri yang belum banyak bintang n reviewnya, apakah ada trik lain selain lebih 'memurahkan' penawaran kita n via sponsor. Maturnuwun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuihh... keren mas Agus, dah komplit tuh.
      Dah "Nendang" juga kayaknya... sip banget, tinggal bikin Gol dengan mencari-cari selahnya dalam bidding proyek. Sebisa mungkin login tiap hari dan sesering mungkin, lalu sambil dipraktekkan tip-tip di 6 artikel saya ttg Freelancing dalam blog ini.

      Bisa juga download presentasi '10 biggest mistake Freelancer make' di pojok kanan atas blog ini, monggo di baca-baca dan diserap ilmunya.

      Tapi memang seperti yg saya bilang diawal, tidak juga begitu mudah, tapi asal telaten, musti kelakon dadi wong sukses hehehe...

      Tanya-jawab dalam blog ini di setiap 6 postingannya sangat lengkap dan berguna utk menambah jurus trik dan pengetahuan kita, silakan diubek-ubek. Kalau masih ada pertanyaan mas Agus yg belum ada jawabannya, monggo ditanyakan di sini.

      Good Luck,
      Daniel

      Delete
  82. Maturnuwun sanget mas Daniel...jadi lebih termotivasi neh abis di intip ma 'Suhu' freelancer...saya sebenarnya lebih pro dibidang penulisan utamanya berita/artikel karena basic job saya redaktur berita online saat ini, cuman gak pede kemampuan penulisan sy khususnya 'english news or article'. mosok ya pake google translate terus...hehe. saat inipun sy ndak berani nambahin keahlian jurnalistik. mungkin ada advice romo prabu? oiya next time ajakin proyeknya ya...hihihi #ngarep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami-sami mas Agus, lha nambahin jurnalistik untuk liat-liat proyek aja khan ya ndak pa pa tho mas, lha siapa tau ada yang nyangkut.
      Kita punya kesempatan mengubah-ubah keahlian dalam sebulan 5 kali, jd yen gak sreg ya bisa diganti lagi kok :)

      Kalau saya bidangnya vba excel macro (sedikit menjurus ke pemrograman) ndak ngerti jurnalistik dan article writing.

      Yang saya tahu proyek penulisan artikel buannyaak bgt, tapi ya kebanyakan bahasa inggris memang, nekad juga ndak dilarang asal ndak ngawur-ngawuran hehehe...
      Khan orang takut kalahnya sama orang berani, lah orang berani kalahnya sama orang nekad, dan orang nekad yg pakai sedikit perhitungan lama-lama akan jadi orang beruntung hahaha...
      Mugi-mugi berhasil mas Agus :)

      Delete
  83. Mohon petunjuk lagi mas daniel..
    Saya sudah satu minggu terakhir belajar ngebid sesuai instruksi bagi pemula, meski memang belum ada respon. selama itu beberapa pertanyaan timbul seperti..
    1. Apakah untuk menjadi bidder yang terpercaya sy harus diantaranya memverifikasi alat pembayaran saya? (sy sudah buat akun paypal, cuman memang belum di link kan ama freelancer. sy masih takut memberikan informasi CC, masih gamang kalo nanti disalahgunakan..pripun niki mas??). saya si konsep awal kalo dah lumayan ada yg masuk di rekening freelancer, baru verifikasi CC buat ambil..
    2. Saya sebagai pemula selalu mencoba menawar pada rate separo harga dibawah sedikit, cuman memang selalu bersaing dengan mereka dengan beragam atribut 'TOP' nya....(ngelus dada, apa iki penyebabe ya hehe..)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Agus,

      Tenang aja, jangan menyerah, lha wong dulu proyek pertama saya dapat setelah 3 bulan, itupun tiap hari login sampai kehabisan jatah bid dan harus nunggu.
      1. Tidak perlu dan bukan keharusan memverifikasi metode pembayaran, dan employer pun tidak akan melihat apakah kita sudah verifikasi atau belum, badge verifikasi ini justru diperlukan oleh employer, bukan freelancer, agar para freelancer yg membid di proyek tahu bahwa si employer sudah memverifikasi yang berarti employer tsb bisa dipercaya utk membayar freelancer ketika proyek sdh complete.

      Betul sekali begitu caranya, nanti kalau sudah punya saldo, baru diverifikasi. Saya pun dulu begitu, punya saldo $500 baru bingung nariknya gimana, hehehe :)

      Sebetulnya sepanjang kita mengerti apa yg kita klik dan yang kita lakukan dan juga membaca dgn seksama Syarat & Kondisi di situs manapun di Internet yang menyangkut pembayaran, kita pasti akan aman. PayPal sangat ketat sekali dalam menjaga keamanan akun kita begitu juga Freelancer.com. Fyi, Matt Barrie sebagai CEO adalah orang nomor 1 di Australia jagonya Internet Security. Kalaupun terjadi sesuatu mereka pasti bisa bantu, lagipula kita di sini punya Ibu Helma Kusuma sebagai Indonesia Country Manager yang paling tidak bisa membantu menyampaikan kalau kita ada masalah agar lebih diperhatikan.

      2. Terus terang proyek pertama saya adalah saking frustasinya tidak dapat-dapat, makanya saya bid $2 per jam (harga termurah yg di-bid pada suatu proyek). Tapi saya tidak menyangka bahwa proyek itu sampai detik ini masih berjalan (2 tahun) dan tiap bulan saya memperoleh penghasilan tambahan dari situ dengan bekerja tiap harinya hanya 20 menit untuk proyek itu.

      Atribut memang terus terang membantu menempatkan bid kita makin ke atas dan memperbesar kemungkinan memenangkan proyek, oleh karena itu saya katakan pada awal artikel ini, tidak mudah! tapi... bisa diikuti tip-trik saya. Kalau semua sudah dicoba dan mentok, coba yang no 6. kirimkan sample pekerjaan yg selesai 50% atau bahkan 100% dengan catatan di "lock" / di - "Watermark" pokoknya sebagaimanamungkin tidak bisa dipakai 100% tapi bisa mencerminkan kualitas keseluruhan sampai employer KAGET dan TAKJUB melihatnya bahwa kita sudah 5 langkah lebih dulu dari bidder yang lain. Ini bisa dikombinasikan dengan harga paling murah!

      Catatan: sebagai pemula kita tidak punya senjata lain kecuali ini. Oleh karena itu kita mau tidak mau harus korban dulu banting harga supaya dapat reputasi, review, dan rating dari employer. Setelah itu sedikit-sedikit semuanya akan lebih mudah, believe me I know.

      Semoga mas Agus jangan menyerah, karena ini sangat potensial meningkatkan kehidupan kita di masa depan! Tapi ya saya tidak bilang pasti loh ya, karena semua itu tergantung orang masing-masing :)

      Salam,
      Daniel

      Delete
  84. Salam kenal Mas Daniel,

    Saya juga sama dengan temen2 yg lain,baru bergabung di freelancer.
    Useraname saya marufadl999,mohon bantuan koreksi dan saran ya mas...

    Ceritanya saya sedang nge Bid satu pekerjaan design dan si employer nya minta dibikinin sample, nah ini sample udah jadi tapi si employer belum ngasih tanda atau kirim pesan ke kita. Gimana tu mas caranya saya kirim email dan melampirkan sample kerja saya?

    Atas koreksi & sarannya saya ucapkan matur nuwun Mas...

    Salam
    Maruf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mas Maruf,

      Profilnya sudah mantab, akan lebih baik lagi ikuti ujian Freelancer Orientation Exam, ini gratis dan bisa diulang sampai lulus (kalau gagal).
      Ini sangat berguna utk memahami lebih dalam cara kerja Freelancer.com
      Jawaban pertanyaan bisa dipelajari di bagian FAQ.

      utk proyek yg mas maruf bid terakhir (Photo Editing), pesan saya hati-hati. Employer blm terverifikasi pembayarannya, ada kemungkinan mereka hanya sample collector dgn memperdayakan user2 baru.
      Memang agak susah mengidentifikasi employer yg "bandel", tapi lama-kelamaan akan terbiasa.
      Ciri2 umum:
      1. Pembayaran tidak terverifikasi.
      2. Project description singkat.
      3. Ada ajakan: New freelancers are welcome to bid (atau sejenisnya)

      Untuk freelancer baru, lebih baik jangan dulu berurusan dgn employer yang pembayarannya blm terverfikasi!

      Sample bisa berikan tapi yg paling penting adalah, jangan mulai bekerja atau menyerahkan hasil pekerjaan yg 100% selesai kalau milestones belum dibuat oleh employer.
      Tahap:
      1. Kita bid proyek
      2. Proyek di-award (diberikan ke kita / kita dipilih)
      3. Employer membuat milestones
      4. Kita baru Accept proyek tsb (jgn accept kalau blm ada milestones)
      5. Kita mulai kerja atau menyerahkan hasil kerja 100%
      6. Emplyer mereview hasil kerjaan, dan keseringan mereka minta perbaikan.
      7. Setelah bolak-balik sampai employernya puas/senang dgn hasil kerja kita, minta employer merilis milestones-nya sebagai pembayaran ke akun kita di Freelancer.com

      Terakhir tinggal saling mempostingkan feedback/review, dan ini sangat penting untuk reputasi kita dimana kita dapat nilai/rate ttg kinerja kita dan kualitas pekerjaan kita dalam proyek tsb, dimana akan dibaca oleh employer2 lain di komunitas Freelancer.com

      Untuk memberikan sample, kalau saya menggunakan www.dropbox.com dimana link ke file sample, saya cantumkan di bid saya (dalam aturan yg sekarang, pesan kita tdk akan terlihat oleh user2 yg lain).
      Masukkan link ini dalam pesan kita yg pertama kali, karena kita tidak akan bisa mengirim pesan lagi ke employer KECUALI employer membalas pesan kita.

      Kalau employer membalas pesan, ini lebih mudah karena disitu kita bisa melampirkan file pada pesan kita (klik icon pesan gambar awan kecil disebelah icon bendera, lalu klik yg paling bawah "lihat semua pesan" / "see all messages")

      Kalau masih bingung silakan tanya lagi :)
      Salam - Daniel

      Delete
    2. Halo Mas Daniel,
      Very Exellent Mas, orang perhatian dan pemurah kayak mas Daniel ini pasti banyak dikasih rizki sama Allah.
      Nggak nyangka dijawabnya begitu cepat,diulas panjang lebar demikian detilnya.
      Proyek yg saya Bid dari username:gggaaa mas,ini link nya:https://www.freelancer.co.id/projects/Graphic-Design-Photoshop/Photoshop-Simplification-Vecotrization.html?utm_campaign=latest_project_contest&utm_medium=email_notification&utm_source=project_cta&utm_content=html&ttref=Bidding_LPCNhtml.
      Dia men sealed proyeknya sehingga penawar yg lain nggak bisa diliat, dan sekarang proyeknya diberikan kepada tndesgner dari vietnam dengan harga 1/3 dr harga yg saya tawarkan.
      Akhirnya sample yg sudah saya bikin drpd gak kepake saya upload ke portofolio.Kalau mas Daniel berkenan coba deh diliat di portofolio sy,"re-draw bird motif sample.Kalau menurut mas Daniel layak, boleh deh direkomendasi ke temen atau employee yg lain...(ngarep,he he he..)
      Sekali lagi makasih atas penjelasannya mas Daniel.
      Salam - Maruf

      Delete
    3. Gak masalah mas, dan sample itu bukan gak kepake. Dengan membuat sample itu, pengalaman mas Maruf bertambah dan koleksi sample juga.
      Sampai saat ini saya punya ribuan sample yg gagal menang proyek dan itu semua bisa saya gunakan utk mengerjakan proyek2 saya sekarang dengan lebih cepat, karena hanya tinggal ambil template, copy-paste coding, dan lihat referensi metode2 atau kasus2 yg dulu saya coba tangani.

      Kalau desain sih bukan bidang saya, jadi maaf mas saya gak ngerti hehehe :) Tapi yg di upload di portofolio, menurut saya sih (awam nih) keren banget warna jadi lebih terang dan lebih jelas. Seharusnya mas Maruf bisa menang proyek itu tadi.

      Untuk memenangkan proyek bagi pemula, mungkin jangan cari harga dulu, yg penting adalah cari REPUTASI dan coba sampai dapat dan menyelesaikan proyek secara properly hingga dapat review bagus rating 5 bintang dari employer.

      Saran saya: Tawar semurah mungkin yg dapat mas Maruf korbankan.
      Berapa lama estimasi waktu AKTUAL yg Mas Maruf perlukan utk mengerjakan desain tsb, tambahkan 50% lalu hasilnya kalikan dgn tarif per jam yg di pasang (dlm hal ini $10), ini adalah hitungan penawaran paling murah.
      Nanti kalau sudah punya reputasi dan banyak proyek dan banyak yg memberi review bagus, naikkan tarifnya (e.g: setelah dapat sekitar 30-50 reviews/projects).

      Semoga berhasil!
      Daniel

      Delete
    4. btw Mas Maruf kenapa gak ikut Kontes-kontes Desain aja, banyak bener tuh... Bisa kaya mendadak kalo menang terus tiap hari hahaha...
      Dan udah banyak kok yg kerjaannya tiap hari cuma bikin desain di rumah dan ikut kontes, dan dapat uang tanpa harus pergi ke kantor dan macet2an di jalan.

      Coba cek di sini, scroll ke bawah sampai tulisan "Kontes Terbaru"!
      http://www.freelancer.co.id/contest/

      Delete
    5. Top markotop Mas, penjelasannya mencerahkan sekali...
      Oh ya Mas Daniel expert nya di pemrograman exel ya.Kalau sy sebenarnya pekerjaan design ini sudah lama sy tinggalkan Mas, beberapa tahun ini sy mencoba dan sedang belajar profesi lain. Ini aja ketemu freelancer di mbah google gak sengaja,tp begitu liat baca2 sy seperti dpt nemuin mainan yg lama hilang.Sering kangen pengin ngedesign tp gak ada tempat berekspresi,males krn gak ada yg bayarkali ya, hehe..
      Dulu sekali sy bekerja sbg designer/tracer di beberapa persh.textile di jkt & bandung.Th '99 sy membuka studio design di bandung.Bidang usaha freelancer juga Mas,tp khusus untuk support perush textile. Sy ambil ordernya dr bbrp perusahaan di bandung & di jababeka, diantaranya di PT Pelangi, PT Sandang, perush korea di cikarang namanya PT Saihan. Cikarang deket Mas Daniel ya.Sampai akhirnya banyak perush textile pada tutup & pindah ke China.
      Sy kira gerjaian design textile jauh lebih complicated di banding dgn proyek2 dr employer disini.
      Jadi di freelancer ini sy coba fokus di design photoshop,illustrator dan reparasi foto2 jadul.Foto2 kenangan sekolah, foto pernikahan yg kusam,lengket di album dll.bisa utuh kembali & bisa dicetak di kanvas besar.
      Eh, kok jadi curhat kemana-mana?
      Biarin ya Mas kadung ditulis masak di delete lagi.
      Salam - Maruf

      Delete
    6. Hehehe...dasar new comer, blum tau peluang Mas.
      Itu lah manfaat nya sulaturrahmi dan berteman dgn org 'Alim.
      Dapetnya yg baik-baik juga.
      Suwun Mas, akan sy coba saran nya.
      Salam - Maruf

      Delete
    7. Iya mas, saya di Cikarang.
      Wah berarti potensial sekali nih jadi freelancer sukses di Freelancer.com, kalau udah punya reputasi nanti harus ngumpulin anak buah lagi utk bantu kerjaan yg overload :)

      Lha punya keahlian desain/editing foto dsb sih rugi kerja di perusahaan, mending bikin usaha sendiri cari ordernya di Freelancer.com, kalau masih kurang peluang order kerjaannya cari lagi di 99Design, Elance, dan Odesk. Hanya saja yg paling besar dan paling menjanjikan menurut saya pribadi hanya Freelancer.com
      Lha wong ini aja saya dah kewalahan order hehehe.

      Maklum saya sendiri masih sambil kerja kantor 8-5 di Cikarang. Tapi tahun dpn mudah2an jadi full freelancer aja dr rumah.
      Dan sama seperti mas Maruf, soalnya programing excel adalah sekedar hobi dan mainan lama saya (gak ada hubungannya dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan saya). Tapi kok setelah 2 tahun dihitung-hitung pendapatannya lebih 3 kali lipat dari gaji, yaah... jadi terus deh.

      Salam - Daniel

      Delete